Iklan Header

Cara Teknisi Mengatasi Masalah HP Tidak Bisa di Cas

Tahukah kamu bahwa satu dari empat masalah teknis pada HP adalah masalah tidak bisa di-cas? Dan tahukah kamu bahwa hampir 70% pengguna HP merasa sangat terganggu ketika mengalami masalah ini?

Namun, jangan khawatir! Dalam artikel ini, kami akan membahas cara-cara pemula hingga bagaimana teknisi mengatasi masalah HP tidak bisa di cas, khususnya untuk HP Android ya. Mulai dari solusi software maupun hardware sehingga kamu bisa menggunakan HP kamu kembali.

Artikel ini adalah rangkuman atau solusi umum dari berbagai masalah seputar HP Tidak Bisa di Cas. Untuk kasus satu per satu bisa di jelajahi di kategori HP Tidak Bisa di Cas.

Okelah kita akan bahas dari awal dulu, supaya bisa dicoba atasi dari rumah dulu sebelum dibawa ke tempat servis HP.

Penyebab HP Tidak Bisa Di-Charge

Ada beberapa penyebab umum mengapa HP tidak bisa di-charge. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Kabel dan Adaptor charger yang rusak atau tidak cocok dengan HP Anda.
  2. Masalah software 
  3. Port charger pada HP rusak atau kotor.
  4. Baterai HP sudah habis masa pakainya atau mengalami kerusakan baik di PCB nya maupun di cell-nya.
  5. Komponen elektronik yang rusak pada jalur cas, seperti; port charger, resistor, kapasitor, kabel flexible, IC OVP, IC PMIC atau IC Cas.

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Di-Charge

Setelah mengetahui penyebab umumnya, berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda coba untuk mengatasi masalah HP tidak bisa di-charge:

1. Kerusakan Pada Charger atau Kabel

  • Pastikan kabel charger yang Anda gunakan cocok dengan HP Anda, tidak rusak atau putus.
  • Pastikan adaptor charger berfungsi dengan benar. Coba gunakan charger lain, powerbank, atau port USB dari PC/Laptop.

2. Masalah Software

  • Coba restart HP Anda dengan menekan tombol power selama beberapa detik, matikan HP. Setelah HP mati, cobalah untuk ngecas dalam kondisi mati.
  • Jika tetap tidak bisa, coba nyalakan HP dengan menekan tombol power+volume bawah tahan beberapa detik 10-15, jika ada getar lepaskan, jika masuk menu, pilih restart. Tunggu sampai masuk menu OS kembali dan coba cas.
  • Jika tetap tidak bisa, coba reset pabrik, tapi itu akan menghapus semua data di ponsel. Pastikan backup sebelum reset pabrik.
  • Jika masih tidak bisa di cas, kemungkinan masalah hardware.

3. Kerusakan Pada Port Charger

  • Bersihkan port charger: Jika port charger pada HP Anda kotor atau terdapat debu di dalamnya, bersihkan dengan hati-hati menggunakan sikat halus (sikat gigi bekas), jarum tumpul, dan contact cleaner (Rexco 18).
  • Ganti port charger: Apabila port charger longgar, goyang-goyang atau terdapat bagian yang patah, maka port charger perlu diganti. Contoh kasus ganti port USB-C ada di artikel Servis HP Samsung S10 Plus Tidak Bisa Ngecas Segitiga Kuning, Ganti Port USB-C? Disitu dijelaskan bagaimana cara teknisi mengganti port USB Type-C.

4. Kerusakan Pada Baterai

Jika ada masalah di baterai tentu bisa mengakibatkan HP tidak bisa di cas. Kerusakan pada baterai umumnya ada 4, yaitu:

  • Rusak konektor baterai: Kerusakan pada konektor baterai sering dialami teknisi pemula ataupun pengguna yang mengganti baterai sendiri. Kerusakan pada konektor baterai baik pada soket yang terletak di mainboard maupun socket yang terletak di baterai jika tidak terkoneksi dengan benar dapat menghambat aliran listrik. Akibatnya baterai tidak bisa di cas, persentase baterai loncat-loncat, restart random, tidak mau booting, dll. Contoh kasus: Sharp Aquos Zero 2 Tidak Mau di Cas Tidak Bisa Booting dan Sering Restart.
  • Cell baterai sudah rusak: Biasanya jika umur pemakaian baterai sudah melebihi dari 1 atau 2 tahun. Tanda-tandanya bisa kembung, baterai cepat habis, atau teknisi HP biasanya cek tegangan dengan multimeter, jika tegangannya sudah dibawah 3.75V maka baterai sudah tidak normal. Solusinya lebih baik ganti saja.
  • Sikring baterai pada PCB rusak: Teknisi biasanya malakukan jumper R Fuse agar baterai bisa bekerja kembali. Namun tentu ada resikonya. Disarankan ganti fuse atau ganti baterai saja biar lebih aman untuk penggunaan jangka panjang.
  • Baterai masuk mode sleep: Ada beberapa HP yang kalau dipakai samapi 0% (mati sendiri) baterai masuk mode sleep dengan alasan faktor keamanan. Kalau sudah masuk mode ini maka mau di cas selama apaun tetap tidak akan bisa. Namun ada benerapa trick yang bisa dicoba untuk mengembalikan ke mode normal:
    1. Colok kabel cas ke HP, tapi adaptornya jangan dicolok ke listrik dulu. Setelah kabel terhubung ke HP baru colok charger ke stop kontak dengan cepat. Ulangi beberapa kali, ini untuk mengejutkan baterai. Jika tidak berhasil, lanjut cara 2.
    2. Cas HP lalu tekan dan tahan tombol power+volume up atau power+volume down beberapa detik (10-15) atau sampai bergetar. Terkadang cara ini berhasil pada beberapa merk HP seperti Samsung, Vivo, Oppo, Xiaomi, dll.
    3. Cas dengan Battery Activation Charge atau Power Supply. Cara ini biasa dilakukan oleh teknisi HP jika tegangan baterai dibawah normal. Caranya, jika HP menggunakan baterai tanam, tentu harus dibongkar terlebih dahulu, lalu cas baterai tanpa melalui perangkat ponsel. Contoh kasus: HP Samsung Galaxy di Cas Hanya Logo Petir.

Cara mudah dari kerusakan baterai, ya sudah tinggal ganti baterai saja, khususnya untuk baterai yang sudah digunakan lebih dari 2 tahun.

5. Kerusakan Hardware Jalur Charging

Selain masalah di port USB, masalah yang lebih dalam biasanya ada di jalur charging, diantaranya:


Kesimpulan

Masalah HP tidak bisa di-charge dapat diatasi dengan beberapa cara yang telah disebutkan di atas. Pastikan Anda melakukan pemeriksaan sederhana terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli komponen baru atau membawa HP Anda ke pusat perbaikan. 

Semoga artikel ini dapat membantu Anda mengatasi masalah HP tidak bisa di-charge.

Posting Komentar untuk "Cara Teknisi Mengatasi Masalah HP Tidak Bisa di Cas"