Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Top Ads

Kasus LOGO PETIR LAGI Samsung Galaxy A50s Tidak Bisa Ngecas, Beda Solusi

Samsung lagi Samsung lagi, dan masalahnya mentok di logo petir lagi, tidak mau di cas.

Yang dulu, Samsung Galax Note 20 Ultra, kita pernah fix karena baterai yang drop, dengan cara "disuntik" pakai battery activator atau power supply, atau langsung ganti baterai jika pemakaian sudah lebihd dari 2 tahun.

Masalah seperti ini (tanda petir) bisa disebabkan berbagai penyebab. Namun yang pasti kita cek di jalur cas mulai dari konektor charger dan baterai.

Nah, yang Galaxy A50s ini kalau kita cek port charger sepertinya aman, maka kita cek dengan menggunakan smart USB charger untuk melihat apakah ada arus pengecasan yang masuk atau tidak.


Setelah di cek ternyata ada arus masuk yang normal hingga 1,7A tetapi kadang turun hingga arus tidak normal dibawah 0,4A.

Kami curiga arus ini tidak sampai ke bagian baterai, alias tidak sampai mengisi baterai, walaupun baterai normal. Dicas lama pun tetap baterai tidak terisi.

Selanjutnya kita bongkar saja untuk pengecekan harware.

Langkah selanjutnya kita coba cas baterai menggunakan Activation Charge untuk analisa apakah baterainya yang rusak tidak mau menyimpan tegangan atau memang ada jalur pengecasan yang bermasalah.

Kita cas ada arus sekitar 2.6A yang masuk. Kita cas terus sampai 10 menit agar ada daya yang cukup untuk menghidupkan ponsel.


Setelah baterai kita cas dengan Battery Activator, alhamdulillah smartphone bisa nyala. Namun tetap jika di cas melalui port USB Type-C nya tidak bisa ngecas baterai.

Dengan kondisi nyala seperti itu kita bisa tahu bahwa chipset (CPU/RAM) kemungkinan besar aman. Dan tersangka ada pada jalur pengecasan sekitar port charging, modul charging, dan flexible penghubung ke mesin utama.

Modul charging, secara fisik kita cek juga aman tidak ada korosi atau karatan di sekitar port dan konektor pada modul.

Selanjutnya kita cek modul charging pada VBUS juga aman, ada tegangan 5V saat dicas.

Lanjut kita cek jalur flexible apakah ada arus masuk yang menghubungkan modul charging ke mesin utama? Ternyata 0V alias flexbible bermasalah..

 

Fix masalahnya di flexible.

Kita ganti flexible, beli secara online di Shopee atau Tokopedia, dan si Samsung Galaxy A50s bisa ngecas bateri kembali..

Ok. Kesimpulannya masalah tidak bisa ngecas dengan tanda logo petir bisa diakibatkan oleh flexible yang rusak. Bisa juga baterai yang bermasalah. Yang pasti biasanya di jalur charging seperti port USB, modul charging, flexible, IC cas, atau paling parah chipset (CPU/RAM).

Semoga bermanfaat.

Sumber inspirasi: Teknisi Ndeso.



Posting Komentar untuk "Kasus LOGO PETIR LAGI Samsung Galaxy A50s Tidak Bisa Ngecas, Beda Solusi"