Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Top Ads

Mengatasi Masalah HP Samsung Galaxy Dicas Logo Petir Tidak Bisa Dihidupkan

Halo Elppaster, di artikel kali ini kita ada kasus Samsung Galaxy Note 20 Ultra mati, tidak bisa dinyalakan, tidak mau hidup, tidak mau booting saat ditekan tombol power.

Masalah seperti ini biasa terjadi di Samsung Galaxy seri A/S/Note, ditandai dengan logo petir saat di cas tapi tidak mau mengisi baterai walaupun sudah di cas beberapa menit atau bahkan satu jam lebih, tetap hanya menampilkan logo bulat dan petir saja tidak ada indikasi mengisi baterai..

by Teknisi Ndeso

Cara mengatasi masalah seperti ini, kita cek dulu arus yang masuk dengan menggunakan Smart USB Charger, atau Charger Doctor. 

Pada kasus ini, si Samsung Galaxy Note saat di cas arusnya 5V dan 0.5A. Bisa dipastikan ada masalah di jalur cas atau baterai.

Langsung kita bongkar saja..

Untuk membongkar Galaxy Note 20 Ultra, bisa dibuka dari casing belakang dengan cara memanaskan sisi-sisi casing belakang dengan hatgun, karena backcover nya di lem sehingga lem akan meleleh. Lalu gunakan plastik tipis untuk menyisit lemnya.

Hal pertama yang biasa kita lakukan pada kasus, jika arus pengisian baterai dibawah 0.5A maka kita harus cek baterainya terlebih dahulu..


Logo bulat dengan tanda petir itu biasanya muncul pada saat baterai benar-benar low 0%, oleh karena itu kita mencurigai pengguna kehabisan baterai sampai 0% dan sistem keamanan baterai masuk ke mode sleep (mode tidur).

Jadi disini kita lakukan "suntik baterai" dengan menggunakan Battery Activation Charge untuk mengaktifkan kembali baterai.


Baterai low pada smart charger ini biasanya ditandai dengan indikator pengecasan berkedip, jadi kita tunggu beberapa menit baterai di cas hingga indikator berhenti berkedip.

Setelah kita cas baterai dengan battery activator ternyata bisa berjalan normal kembali..

 


Jadi ternyata masalahnya pada kasus ini, baterai habis sampai masuk mode sleep, biasanya karena benar-benar habis baterainya. Sudah 0% dipaksa nyala malah kehabisan dan masuk sleep mode untuk kemanan perangkat agar tidak rusak karena kekurangan tegangan.

Jadi dalam kasus ini solusi smartphone Samsung Galaxy Note 20 Ultra tidak bisa ngecas adalah dengan baterai activator. Jika tidak punya alat ini, tinggal ganti saja baterainya dengan yang baru, terutama jika masa pakai baterai sudah lama, 2 tahun lebih.

Perlu diperhatikan juga bahwa, masalah HP tidak bisa dicas dan hanya menampilkan logo bulat dan petir itu bisa diakibatkan banyak hal, ini hanya salah satu slosi. Jadi kalau tidak fix dengan solusi ini, bisa jadi ada harware lain yang bermasalah.

Posting Komentar untuk "Mengatasi Masalah HP Samsung Galaxy Dicas Logo Petir Tidak Bisa Dihidupkan "