Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Top Ads

Servis HP Samsung S10 Plus Tidak Bisa Ngecas Segitiga Kuning, Ganti Port USB-C?

Halo teman-teman, di artikel kali ini Elppas akan memperbaiki Samsung Galaxy S10 plus yang tidak bisa di cas dan muncul logo segitiga kuning di layar. 

Dalam banyak kasus, ini terjadi karena kerusakan, kotoran atau kelembapan yang mengakibatkan korosi pada konektor pin. 

Oleh karena itu, mari kita cek apakah ada kotoran atau memang ada jalur yang terputus. Setelah kita bersihkan, namun kerusakan belum teratasi, lalu kita cek tegangan pada jalur USB-C. Kita cas dan cek tegangan pada jalur dengan menggunakan multimeter. Dan ternyata tidak ada tegangan, berarti fix konektor bermasalah.

Baiklah kita ganti konektornya. Untuk melepaskan konektor, kita menggunakan GBC Air Station pada suhu 435 derajat Celsius dan 70 persen angin. Tujuannya adalah untuk menggunakan suhu yang tinggi dan banyak aliran udara dalam waktu yang sangat singkat (sekitar 18 detik). 

Dengan cara ini, kita menghindari merusak sirkuit terintegrasi lainnya atau mikrofon yang berada di sebelahnya.

Langkah selanjutnya, kita mengaplikasikan sedikit flux dan membersihkan lapisan solder yang lama. Lapisan solder ini telah kehilangan sifatnya dan lebih baik diganti. Untuk proses ini, kita menggunakan kawat solder (solder wick) yang bisa menghilangkan timah solder lama. 

Sebelum melanjutkan perbaikan, saya ingin meminta bantuan kalian semua. Jika kalian menyukai artikel Elppas, mohon dukung kami dengan share tutorial ini secara gratis. Ini adalah cara terbaik untuk mendukung kami agar tetap bertahan. Terima kasih.

Dengan ujung solder yang tebal, kita menambahkan flux dan timah solder pada pin PCB. Suhu solder diatur pada 350 derajat Celsius. 

Kemudian, kita memasang konektor USB Type-C pada posisinya dan men-soldernya dengan suhu 435 derajat Celsius dan 70 persen angin. Tujuannya adalah untuk men-solder dengan cepat (sekitar 18 detik) dan menghindari panas berlebih pada motherboard. 

Sekarang, kita akan merakit perangkat dan memeriksanya. Seperti yang bisa kalian lihat, segitiga kuning telah hilang dan perangkat kami kembali bisa diisi daya dengan benar. 

Alhamdulillah dari artikel ini kita sudah belajar bagaimana cara mengatasi HP Samsung Galaxy yang tidak bisa ngecas dengan tanda segitiga kuning, yaitu dengan cara mengganti konektor USB yang rusak.

Source: Youtube MovilOne.

Masalah tidak bisa ngecas memang banyak penyebabnya, diatas hanyalah satu penyebab. Bisa saja masalahnya ada di jalur setelah USB. Berikut skema dari Estech Schematic yang mungkin bisa membantu kalian mengatasi masalah tidak bisa ngecas pada Galaxy S10 Plus..

Bisa dilihat disana jalur USB terhubung ke resistor, kapasitor dan ke IF PMIC serta IC OVP.

Semoga bermanfaat! Bantu share kalau bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Servis HP Samsung S10 Plus Tidak Bisa Ngecas Segitiga Kuning, Ganti Port USB-C?"