Iklan Header

Xiaomi POCO X3 NFC Tidak Bisa Negecas? Ini Beberapa Cara Memperbaikinya

Beberapa waktu lalu Xiaomi POCO X3 NFC saya kadang-kadang tidak bisa di cas, kadang bisa kadang tidak. Jadi kalau pas nyolok kabel data cabut pasang cabut pasang beberapa kali terus kadang bisa ngecas dan berjalan seperti biasa mengisi baterai sampai penuh.

Tapi lama-lama jadi tidak bisa ngecas sama sekali. Akhirnya saya coba putuskan untuk servis HP ini sendiri.

Nah, jika Anda juga mengalami masalah ini, berikut adalah beberapa cara yang harus dilakukan untuk memperbaikinya:

  1. Periksa Kabel dan Charger
    Hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa kabel dan charger yang digunakan. Pastikan kabel dan charger yang digunakan sesuai dengan spesifikasi yang direkomendasikan oleh Xiaomi POCO X3 NFC. Kabel yang rusak atau charger yang tidak cocok dapat mengganggu proses pengisian daya dan bahkan dapat merusak baterai.
    Sudah saya cek ternyata kabel dan charger aman.
  2. Bersihkan Port Pengisian Daya
    Port pengisian daya yang kotor dapat menyebabkan masalah saat mengisi daya baterai. Bersihkan port pengisian daya menggunakan sim ejector dibalut kapas atau sikat lembut untuk membersihkan debu atau kotoran yang mungkin masuk ke dalam port pengisian daya.
    Saya cek juga ternyata aman, dan masalahnya bukan disini.
  3. Restart Smartphone
    Jika kabel dan charger berfungsi normal dan port pengisian daya sudah dibersihkan, cobalah untuk merestart smartphone. Kadang-kadang masalah teknis kecil dapat mempengaruhi pengisian daya baterai dan merestart smartphone dapat membantu memperbaikinya.

Setelah 3 tahap tersebut tidak ada yang menjadi solusi. Saya berfikir mungkin ini masalah port charger yang lepas solderannya, jadi saya bongkar saja si POCO X3 NFC ini.

Setelah saya buka saya cek sub-board alias board bawah yang mengandung port USB-C, ternyata portnya aman, tidak copot ataupun solderannya retak.

Selanjutnya saya cek jalur charger. Dari sub-board ini ada kabel penghubung ke mainboard, saya cek konektor kabel flexible, coba cabut pasang, namun masih tetap.

Lalu saya buka frame plastik penutup mainboard untuk memeriksa konektor flexibel penghubung apakah terbubung ke socket dengan benar atau tidak, ternyata bener disini masalahnya, konektor kabel flexible longgar sehingga tidak terhubung dengan benar ke socket.

Sehingga terputus antara konektor USB-C ke IC charger BQ25968 dan socket baterai. Fix akhirnya POCO X3 NFC saya bisa ngecas kebali dengan normal.

Jika masih belum fix juga, silahkan cek skematik Estech diatas mungkin ada jalur lain atau komponen lain yang rusak seperti kapasitor di jalur cas, IC charger, socket baterai, konektor baterai, atau baterainya yang sudah rusak.

Jadi, itulah beberapa hal yang harus dilakukan jika Xiaomi POCO X3 NFC Anda tidak bisa diisi daya. Pastikan untuk selalu memeriksa kabel dan charger yang digunakan, membersihkan port pengisian daya secara berkala, merestart smartphone, dan jika semua cara tidak berhasil, mungkin ada masalah hardware yang sudah saya jelaskan diatas. Kalau tidak bisa bongkar sendiri sebaiknya ke tempat servis HP saja.

Dengan melakukan beberapa langkah tersebut, diharapkan masalah pengisian daya pada Xiaomi POCO X3 NFC dapat teratasi dengan mudah.

Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Xiaomi POCO X3 NFC Tidak Bisa Negecas? Ini Beberapa Cara Memperbaikinya"