Iklan Header

Baterai Silang Merah Sharp Aquos Zero 2, HP Tidak Bisa di Cas Tidak Mau Nyala

Salah satu kesalahan yang tidak akan pernah saya lupakan saat belajar Servis HP adalah tidak hati-hati saat copot pasang konektor baterai. Masalah sepele tapi bisa berakibat fatal.

Awalnya dulu pernah saya bongkar ponsel Sharp Aquos Zero 2 ini termasuk melepaskan baterai. Lalu pernah juga saya coba refill baterai. 

Awalnya sih aman-aman saja, lalu setelah 3 bulan ternyata HP jadi sering restart saat main games atau membuka aplikasi berat, dimana secara teori elektronika ketika HP bekerja keras maka arus tegangan baterai pun meningkat dan pada saat arus tidak tersalurkan secara sempurna maka HP langsung restart sendiri.

Dari situ saya sering bongkar pasang baterai karena penasaran kenapa terjadi masalah seperti itu. Akhirnya saya coba beli baterai KW, dan berjalan normal sekitar 2 bulan, lalu terjadilah masalah "baterai silang merah" yang ternyata baru saya ketahui bahwa hal tersebut menandakan baterai tidak terdeteksi atau tidak terkoneksi dengan benar.

Jadi intinya ketika konektor baterai sudah tidak presisi, banyak bocel bocel terutama di bagian plastiknya, maka akan mudah terlepas ketika mendapatkan benturan atau goyangan. Ya kan kadang kita tidak sengaja benturin HP atau bahkan jatuh.

Ketika konektor tidak "mengigit" atau tidak kuat maka arus listrik pun bisa terganggu, terutama pada saat bekerja keras, mesin membutuhkan ampere yang tinggi, tapi jalur tidak memadai, akhirnya down dan mengakibatkan restart.

Selain itu juga mesin HP tidak mau menyala karena memang daya baterai tidak bisa diambil secara maksimal disebabkan konektor baterai yang longgar.

Jadi ini wajib diperhatikan untuk teknisi pemula maupun pengguna yang baru coba-coba ganti baterai sendiri. Harus hati-hati saat melepas dan memasang konektor baterai, karena konektornya kecil, kalau belum pas jangan dipaksa ditekan, posisikan dan rasakan, jika konektor sudah pas baru ditekan supaya tidak merusak konektor.

Karena kalau konektor baterai sudah agak rusak dan tidak "menggigit" biasanya akan terjadi gejala-gejala:

  • Tidak bisa ngecas
  • Bisa ngecas tapi persentase loncat-loncat, tiba-tiba naik cepat 100%, pas dilepas dan dipakai baterai langsung drop.
  • Baterai terasa boros
  • Persentase baterai berhenti tidak naik/turun
  • HP sering restart secara random
  • HP tidak mau booting/tidak mau nyala ke menu

Yang jadi masalah, baru ganti baterai kok malah jadi boros atau tidak bisa ngecas. Tiba-tiba menyalahkan baterainya dibilang jelek. Banyak kejadian seperti itu.

Ok, akhir kata, pastikan hati-hati saat cabut pasang konektor baterai, atau konektor apapun, karena bisa mengakibatkan slek pada konektor dan hubungan listriknya jadi tidak sempurna.

Kasus semacam ini hanyalah salah satu alasan kenapa HP Tidak Bisa di Cas, kemungkinan lain masih banyak, silahkan baca di artikel tersebut.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Baterai Silang Merah Sharp Aquos Zero 2, HP Tidak Bisa di Cas Tidak Mau Nyala"