Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Alat Servis HP dan Fungsinya

Halo sobat Elppas, di artikel ini saya akan bahas alat-alat servis HP dan fungsinya.


1. Obeng

Alat yang paling penting tentunya obeng, karena semua smartphone pasti menggunakan sekrup dibagian dalamnya.

Apa fungsi dari obeng?
Pasti sudah tahu dong ya bahwa, obeng merupakan alat yang berfungsi untuk memutar sekrup agar dapat mengencangkan atau mengendorkan berbagai komponen. 

Beberapa jenis mata obeng yang paling penting untuk servis HP:

  • Obeng Phillips (Plus) ukuran 1,2/1,5/2,0mm. HP Android saat ini rata-rata menggunakan sekrup + ukuran ini.
  • Obeng Pentalobe (Bintang 5) ukuran 0,8mm. Biasa digunakan di iPhone sekrup bagian luar. Ada juga digunakan di beberapa Android.
  • Obeng Tri-point (Y) ukuran 0,6/0,8mm. Biasa digunakan di iPhone sekrup bagian dalam.

2. Opening Tools

Alat yang juga sangat penting dimiliki tuser (tukang servis) untuk membongkar HP adalah opening tool (alat pembuka).

Fungsi opening tools adalah sebagai alat bantu untuk membongkar seperti mencongkel casing atau konektor pada perangkat seperti HP, tablet, laptop, atau perangkat elektronik lain.

3. Heat Gun/Hot Air Gun

Smartphone dan tablet saat ini banyak yang menggunakan perekat (lem) pada casing belakangnya. Untuk membuka casing tersebut diperlukan heat gun untuk memanaskan lem agar meleleh sehingga casing mudah dibuka.

Fungsi heat gun adalah untuk memanaskan sesuatu dengan pancaran udara panas. Dalam hal servis HP biasa digunakan untuk melelehkan lem casing, LCD, atau melelehkan timah saat menyolder/desoldering. Penggunaan umum termasuk membengkokan pipa PVC, pengupasan cat dan wallpaper lama saat merenovasi atau mendekorasi ulang, melepas sticker, melapisi atau memperbaiki furnitur, dan banyak lagi. 

4. Solder, Timah dan Flux

Alat servis HP yang paling penting juga adalah Solder, beserta timah dan flux-nya. 

Fungsi Solder adalah untuk memanaskan kawat timah dalam pemasangan/pelepasan komponen elektronika. Pemasangan komponen elektronik pada PCB (Printed Circuit Board) membutuhkan besi solder dan timah solder untuk terpasang dengan aman. 

Flux berfungsi untuk menghilangkan oksidasi saat menyolder, yang juga dapat memudahkan timah menempel pada permukaan saat dipanaskan dengan solder sehingga timah benar-benar menempel pada permukaan komponen yang disolder.

5. Antistatic Mat / ESD Mat

Saat memperbaiki HP sangat disarankan kita menggunakan alas, khususnya Antistatic Mat atau Electrostatic Discharge (ESD). 

ESD Mat juga biasanya memiliki tempat-tempat khusus untuk menyimpan obeng, komponen, dan sekrup agar tidak berceceran, lebih tertata agar tidak mudah hilang.

Fungsi Antistatic Mat (Tikar anti statis) adalah sebagai alas kerja sekaligus untuk melindungi dari arus listrik statis. Dapat mengurangi resiko kerusakan pada komponen kecil akibat listrik statis.

6. Multimeter/Multitester

Multimeter atau multitester atau avometer ada dua jenis: Analog dan Digital. Multimeter digital digunakan di sebagian besar perbaikan ponsel. 

Multimeter berfungsi untuk memeriksa komponen atau trek apa pun, multimeter digital adalah yang paling tepat, karena dalam hal ini kita dapat mengetahui nilai keluarnya. Untuk perbaikan ponsel, Anda harus menggunakan multimeter berkualitas baik.

7. Pinset

Alat yang juga wajib dimiliki tuser HP adalah pinset.

Fungsi pinset dalam perbaikan ponsel adalah untuk memegang/menjepit komponen-komponen seperti IC atau kabel jumper. Atau ketika kita memisahkan jack charging dari motherboard, pada saat itu kita membutuhkan Tweezer. Dengan bantuan pinset kita dapat memisahkan komponen atau IC apapun dari motherboard. 

Saya menyarankan Anda untuk hanya menggunakan pinset berkualitas baik dalam perbaikan ponsel. Gunakan yang ujungnya sangat tipis. Saat Anda melepas komponen, gunakan ujung tipis dan saat Anda melepas jack pengisi daya atau penutup IC, gunakan ujung tebal.

8. Thinner/Isopropil Alkohol/Contact Cleaner

Thinner digunakan untuk membersihkan PCB. Di sebagian besar perbaikan ponsel, pengencer juga dikenal sebagai IPA atau Isopropil Alkohol. Saat ini banyak pemalsuan telah dimulai di dalamnya. Untuk ini, Anda harus menggunakan pengencer berkualitas baik. Tetapi setiap kali Anda membersihkan PCB dengan bantuannya, jangan pasang PCB ke konektor baterai setidaknya selama setengah jam. 

9. Smart Charger dan bersambung

Posting Komentar untuk "Alat Servis HP dan Fungsinya"