Iklan Header

Rekomendasi Flux Solder Terbaik Untuk Teknisi HP

Apa itu Flux Solder?

Flux solder adalah cairan yang digunakan dalam proses soldering atau pengelasan untuk membantu memperbaiki sifat wettability logam, mencegah oksidasi pada permukaan logam, dan mempercepat proses pendinginan. 

Soldering sendiri adalah proses menggabungkan dua atau lebih benda logam dengan menggunakan logam (timah) solder yang meleleh pada titik leleh yang rendah dan mengalir ke sela-sela benda logam tersebut.

Kegunaan Flux Solder

Dengan menggunakan flux, proses soldering akan lebih mudah! Tanpa flux solder, proses soldering bisa menjadi lebih sulit dan hasilnya mungkin tidak memuaskan. 

Kegunaan flux solder sangatlah beragam, diantaranya adalah:

  1. Membantu membersihkan permukaan logam sebelum proses soldering dilakukan.
  2. Menyebarkan panas dengan cepat dan memperbaiki daya basah logam agar timah mudah meleleh.
  3. Menghindari terjadinya oksidasi pada permukaan logam yang dapat mengganggu kualitas sambungan solder.
  4. Meningkatkan kekuatan dan kualitas sambungan solder dengan mencegah terjadinya celah atau retakan pada sambungan.
  5. Mempercepat proses pendinginan setelah soldering sehingga mengurangi keausan pada logam akibat panas yang dihasilkan selama proses soldering.

Cairan solder biasanya memiliki titik leleh yang rendah, sehingga mudah meleleh saat dipanaskan sehingga panas cepat menyebar ke logam timah.

Cara menggunakan minyak solder cukup diterapkan pada permukaan logam yang akan dipanaskan sebelum proses soldering dilakukan.

Flux Solder yang Bagus? Harga dan Merk

Pemilihan flux solder yang tepat dan berkualitas sangat penting untuk mendapatkan hasil soldering yang optimal. Ada beberapa merek flux solder terbaik yang tersedia di pasaran dengan harga yang bervariasi, tergantung pada merek, kualitas, dan ukuran kemasannya. Dalam pemilihan flux solder yang tepat, perlu dipertimbangkan jenis logam yang akan disolder, kualitas flux solder, titik leleh, dan kemasannya.

Salah satu Flux solder terbaik yang banyak dipakai teknisi HP adalah merk Mechanic.

Dulu waktu saya masih belajar, awal-awal belajar, saya menggunakan flux murah merk Amtech RMA-223 (KW/paslu) yang harganya sekitar Rp. 5000 per 10cc.

Iseng-iseng coba flux yang lebih mahal merk Mechanic UV10 dengan harga Rp. 38.000 / botol suntikan, belum sama pendorongnya. Ternyata perbedaanya cukup jauh, nyolder terasa lebih mudah dengan flux Mechanic.

Link pembelian Mechanic Flux:

Link pembelian Mechanic Flux:
|

Penasaran dengan merk Amtech yang original, saya coba beli. Ternyata, walaupun lebih enak dari Amtech KW, tetap saya merasa lebih enak lagi menggunakan merk Mechanic.

Jadi Mechanic Flux menurut saya yang terbaik sih, secara harga tidak over dan kualitas juga bagus.

Jika Anda punya rekomendasi yang lebih baik, silahkan berbagi di komentar!

Posting Komentar untuk "Rekomendasi Flux Solder Terbaik Untuk Teknisi HP"