Iklan Header

3 Rekomendasi Solder Listrik Yang Bagus dan Terbaik Untuk Teknisi Pemula

Dalam artikel ini Elppas akan merekomendasikan Solder Listrik atau Ironing Solder atau Setrika Solder yang bagus dengan harga terjangkau, khususnya alat solder yang sering digunakan teknisi HP.

Namun sebelum kesana, jika anda pemula, ada baiknya memahami dasar-dasar tentang solder dan tips memilih soldering iron.

Istilah "Solder" yang Sering Salah Diucapkan

Kebanyakan orang sering menyebut alat solder itu hanya sebagai "solder" saja. Padahal,

  • Solder adalah sebuah logam yang digunakan untuk menghubungkan dua benda dengan melelehkannya dan kemudian mengkristalkannya kembali saat dingin. Solder biasanya terbuat dari campuran timah dan logam lainnya seperti tembaga, perak, atau timbal (lead).
  • Soldering iron/Setrika solder adalah alat untuk menyolder. Banyak juga orang yang menyebut dengan istilah "solder listrik".

Setrika solder atau soldering iron adalah alat yang digunakan untuk melelehkan dan mengaplikasikan solder pada sambungan elektronik, komponen elektronik, dan kawat listrik. 

Komponen dan Fitur pada Soldering Iron

Sebelum membeli alat solder, sebaiknya mengenali dulu bagian-bagian utamanya juga fitur-fitur yang dimilikinya agar Anda bisa memilih sesuai kebutuhan.

Bagian utama setrika solder, yaitu:

  • Eelemen pemanas untuk memanaskan ujung besi.
  • Ujung besi untuk melelehkan timah solder. 
  • Pegangan sebagai isolator agar tangan pengguna tidak kepanasan.
Ujung besi solder memiliki berbagai macam bentuk dan ukuran, tergantung pada kebutuhan aplikasi soldering. Beberapa jenis ujung besi solder yang umum digunakan antara lain ujung besi runcing, ujung besi pipih, dan ujung besi belah.

Fitur-fitur pada Soldering iron:

  • Pengatur suhu atau thermostat, yang berfungsi untuk mengatur suhu pada ujung besi solder agar sesuai dengan kebutuhan aplikasi soldering.
  • Indikator LED, yang bermanfaat untuk menunjukkan apakah soldering iron dalam keadaan menyala atau tidak.
  • Kawat grounding, digunakan untuk mencegah terjadinya arus listrik yang tidak diinginkan pada peralatan atau komponen elektronik.

Di dalam memilih solder listrik, sangat diperlukan untuk mempertimbangkan daya tahan, ukuran, dan panas yang dihasilkan. 

Tips Memilih Iron Solder untuk Teknisi Pemula

Bagi para teknisi pemula, membeli iron solder bisa menjadi langkah pertama untuk memulai mempelajari keterampilan dasar dalam dunia elektronik. Namun, dengan begitu banyak pilihan dan merek yang tersedia, bisa sulit untuk menentukan mana yang harus dipilih. Berikut adalah beberapa tips untuk membeli iron solder murah untuk teknisi pemula:

  1. Pertimbangkan kebutuhan Anda
    Sebelum membeli iron solder, pertimbangkan jenis pekerjaan apa yang akan Anda lakukan. Jika Anda hanya akan menggunakan solder untuk proyek kecil atau hanya sesekali, maka Anda tidak perlu membeli yang mahal. Sebaliknya, jika Anda berencana untuk menggunakan solder secara teratur atau untuk pekerjaan yang lebih besar, maka lebih baik untuk membeli yang berkualitas lebih baik.
  2. Periksa suhu dan daya
    • Suhu biasanya ditentukan oleh besaran daya, 25W/40W/60W dan seterusnya.
    • Ada soldering iron yang memiliki pengaturan suhu ada juga yang tidak, sesuaikan dengan kebutuhan Anda.
    • Daya 25W cukup untuk komponen kecil seperti pada smartphone, fungsional untuk jumper.
    • Daya 60W lebih panas, sering difungsikan untuk pembersihan sisa-sisa timah di kaki IC saat angkat copot pasang IC.
  3. Periksa merek dan kualitas
    Solder yang murah bukan berarti buruk. Namun, pastikan Anda membeli dari merek yang terpercaya dan memiliki kualitas yang baik. Merk Goot adalah salah satu yang terbaik. Merk lain seperti Sunshine, Tekiro, Kenmaster, Dekko, Taffware juga oke.
  4. Memiliki LED inidkator
    Lampu indikator penting untuk mengetahui apakah solder sedang on atau off. Terkadang kita lupa mencabut kabel alat solder, dengan adanya lampu indikator mungkin akan membantu.
  5. Pertimbangkan kelengkapan
    Beberapa solder dilengkapi dengan aksesori tambahan seperti tips solder tambahan, holder, atau spons. Pastikan Anda mempertimbangkan kelengkapan yang disediakan untuk memastikan Anda mendapatkan nilai tambah dari produk yang Anda beli.
  6. Cek rating toko dan garansi
    Jika Anda membeli online, pastikan untuk cek rating tokonya terlebih dahulu dan pastikan ada garansi yang jelas jika barang yang dikirim bermasalah.

Dengan mempertimbangkan kebutuhan, suhu dan daya, merek dan kualitas, serta kelengkapan, Anda dapat memilih iron solder murah yang cocok untuk kebutuhan Anda sebagai teknisi pemula.

3 Rekomendasi Solder Listrik Terbaik

Untuk membantu teknisi pemula dalam memilih solder listrik yang tepat, berikut adalah rekomendasi 3 solder listrik untuk teknisi pemula:

1. Solder Listrik GOOT CS-31 25 Watt (KW)

 


KW China:

Original Goot Japan:

Solder tangan Goot CS-31 25 watt yang asli sebenarnya merupakan produk asal Jepang. Harga produk originalnya sekitar Rp. 300.000.

Dengan panjang 188mm, dan daya 25 watt. Produk ini dilengkapi dengan heater keramik, daya listrik 220V AC 50/60Hz, insulation resistance lebih dari 100M (500V DC) dan kabel daya dengan panjang 1.5 meter.

Tapi anehnya banyak juga teknisi HP yang menggunakan produk KW buatan China bermerk Goot CS-31 25 Watt ini.

Banyak pengguna yang memberikan rating produk yang baik dan merekomendasikan solder tangan ini. Hanya dengan harga Rp. 30.000 yang cukup terjangkau membuat produk ini sangat cocok bagi teknisi pemula.

Dengan daya 25W panasnya lebih bersahabat untuk menyolder komponen elektronik seperti HP.

Perbedaan antara KW dan Original yaitu dari build quality-nya yang ori lebih kokoh dan bahannya lebih berkualitas, sedangkan yang KW kualitasnya lebih rendah. Selain itu juga dari kecepatan panasnya yang ori lebih cepat panas.

2. Ironing Solder SUNSHINE SL-908 SL-908 60 Watt Original

 


Link Pembelian:

Solder tangan Sunshine SL-908 60 watt original adalah produk yang cukup terkenal di kalangan teknisi elektronik. 

Solder tangan ini dilengkapi dengan suhu panas yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan, daya 60 watt, dan kualitas yang baik. 

Produk ini juga telah dilengkapi dengan perlindungan kerusakan, sehingga cukup aman dan nyaman digunakan. 

Dengan harga kisaran Rp. 70.000 yang cukup terjangkau dan rating produk yang baik membuat solder tangan ini menjadi rekomendasi yang cukup baik bagi teknisi pemula.

3. TAFFWARE Solder Iron Adjustable Fast Heating 60W CS-31 

 

Link pembelian:

Namanya mirip Goot "CS-31" tapi fiturnya mirip Sunshine, yaitu 60 Watt dan memiliki pengaturan suhu. Selain itu, solder ini dilengkapi dengan berbagai macam perlengkapan set yang akan memudahkan Anda dalam penggunaannya. Harganya dibawah Rp. 50.000.

Salah satu fitur utama dari solder ini adalah suhu temperaturnya yang dapat diatur sesuai kebutuhan dari 200 hingga 450 derajat celcius. Anda dapat mengatur suhu solder ini sesuai dengan jenis bahan yang ingin disolder. Selain itu, solder ini juga dilengkapi dengan daya / power 60 W yang dapat mempercepat proses soldering.

Taffware Solder Iron Adjustable Fast Heating 60W - CS-31 juga hadir dengan perlengkapan set yang lengkap, termasuk stand holder untuk solder, beberapa jenis mata tips solder, dan sponge. Dengan perlengkapan set yang lengkap, Anda tidak perlu khawatir lagi dalam mencari aksesoris solder yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dengan dimensi panjang soldering iron sekitar 19.5 cm dan panjang kabel sekitar 143 cm, solder ini juga cukup nyaman untuk digunakan. Selain itu, voltase yang digunakan pada solder ini adalah 220 V dengan frekuensi 50 Hz yang umum digunakan di Indonesia.

Secara keseluruhan, Taffware Solder Iron Adjustable Fast Heating 60W - CS-31 adalah pilihan yang tepat jika Anda mencari solder yang berkualitas dengan fitur lengkap dan harga yang terjangkau. Cocok bagi teknisi pemula maupun pelajar jurusan Elektronika.

Kesimpulannya, memilih solder listrik yang baik dan tepat sangatlah penting, terlebih bagi teknisi pemula. Dalam memilih solder listrik, diperlukan pertimbangan yang matang terhadap kualitas, daya tahan, dan harga. Rekomendasi solder listrik di atas dapat menjadi alternatif bagi teknisi pemula yang ingin memilih solder listrik yang tepat.

Disclaimer: Artikel ini hanya bertujuan untuk memberikan tips umum tentang cara membeli iron solder murah untuk teknisi pemula. Pembaca diharapkan untuk melakukan riset dan pengambilan keputusan yang bijaksana sebelum membeli produk solder tertentu. Setiap produk memiliki produk cacat, bahkan produk mahal sekalipun, jadi pastikan penjual memberi garansi. Penulis artikel tidak bertanggung jawab atas penggunaan atau hasil yang mungkin terjadi dari pembelian dan penggunaan produk solder yang direkomendasikan di artikel ini.

Posting Komentar untuk "3 Rekomendasi Solder Listrik Yang Bagus dan Terbaik Untuk Teknisi Pemula"