Iklan Header

Alat Ukur Tegangan dan Ampere USB Untuk Cek Awal Kerusakan HP

Apa itu Current/Ampere USB Tester?

Current/Ampere USB Tester adalah alat pengukur yang digunakan untuk mengukur arus listrik (ampere) yang mengalir dari charger melalui kabel USB ke perangkat HP. 

Alat ini juga sering disebut "Charger Doctor" karena dengan alat ini bisa mendiagnosa kerusakan charger, kabel atau perangkat HP/Tablet.

Current/Ampere USB Tester dapat berguna bagi teknisi HP dalam beberapa cara, seperti:

  1. Diagnosa awal kerusakan pada HP: Alat ini sering digunakan oleh teknisi HP yang ingin memeriksa seberapa besar arus (ampere) yang disedot perangkat mereka untuk menganalisa apakah arusnya normal atau tidak.
  2. Mengevaluasi kualitas kabel USB: Teknisi HP dapat menggunakan Current/Ampere USB Tester untuk mengetahui seberapa baik kualitas kabel USB yang digunakan pada perangkat HP. Selain itu juga bisa mendiagnosa apakah kabel USB normal atau rusak.
  3. Memeriksa daya keluaran charger: Teknisi HP dapat menggunakan Current/Ampere USB Tester untuk mengetahui seberapa banyak daya yang dikeluarkan oleh charger. Hal ini dapat membantu dalam memeriksa apakah charger masih berfungsi dengan baik atau tidak, apakah fast charging aktif atau tidak.
  4. Mengetahui waktu pengisian baterai: Beberapa USB tester dilengkapi dengan timer yang bisa merekam seberapa lama waktu pengisian baterai. Anda bisa cas HP dari 0-100% dan mengetahui seberapa lama pengisian baterainya.
  5. Mengukur mAh baterai: Beberapa USB tester dilengkapi dengan penghitung seberapa mAh yang mengalir dari charger ke baterai perangkat, sehingga Anda bisa mengetahui perkiraan kapasitas baterai.

Beberapa Current/Ampere USB Tester kelas atas juga dilengkapi dengan output yang bisa terhubung ke komputer untuk memperlihatkan curva voltase dan ampere.

Rekomendasi USB Tester:

Kaweisi USB Tester

Harga kisaran Rp. 39.000 di Tokopedia | Shopee

 

Keweisi KWS- MX18L

 Harga kisaran Rp. 89.000,- di Tokopedia / Shopee
 
 

USB Tester Type-C Support

 

Harga kisaran Rp. 249.000,- di Tokopedia / Shopee

Apa itu USB Charger with a digital display current/ampere?

USB Charger with a digital display current/ampere adalah jenis charger USB yang dilengkapi dengan layar digital yang menampilkan informasi tentang arus listrik (ampere) yang mengalir melalui kabel USB. 

Berbeda dengan USB Tester/Charger Doctor diatas, smart charger ini seperti gabungan charger dengan USB tester. Kekurangannya tentu tidak bisa dipindah-pindahkan ke charger lain dan biasanya memiliki fitur yang lebih sedikit.

Rekomendasi Smart USB Charger:

Smart USB Weilai WL 899

Harga kisaran Rp. 189.000,- di Tokopedia / Shopee

 

Smart USB AVPRO i8Q

 Ini yang dipakai Teknisi Ndeso, ada 2 tipe yang mendukung QC3 dan yang tanpa QC3.


Harga kisaran Rp. 499.000 di Tokopedia / Shopee

Kesimpulan

Kedua alat diatas memiliki fungsi dasar yang kurang lebih sama. Khusus untuk teknisi HP biasanya paling banyak menggunakan untuk tes seberapa besar ampere yang masuk saat dihubungkan ke perangkat. Jika kurang dari 0.4A biasanya perangkat rusak/bermasalah, tapi bisa juga baterai sudah penuh. Jika diatas 0.5A biasanya perangkat normal dan baterai belum penuh.

Untuk tenisi HP biasanya sih punya kedua alat tersebut. Tapi kalau untuk user biasa sebaiknya beli USB Tester/Charger Doctor saja dulu.

Posting Komentar untuk "Alat Ukur Tegangan dan Ampere USB Untuk Cek Awal Kerusakan HP"