Iklan Header

Rekomendasi Obeng Satuan Terbaik Untuk Teknisi HP

Obeng adalah alat yang sangat penting bagi teknisi HP, yang berfungsi untuk membuka perangkat seluler dan memperbaiki masalah saat mengerjakan servis HP.

Secara mekanis, bentuk obeng ada obeng satuan, juga ada obeng multi-bit yang bisa dicopot-pasang mata obengnya.

Tergantung selera tuser mau pilih obeng satuan ataupun multi-bit. Tapi rata-rata teknisi yang saya kenal lebih nyaman menggunakan obeng satuan.

Banyak teknisi HP yang memilih untuk menggunakan obeng satuan karena lebih simple dan tidak ribet, juga tidak memiliki gap sambungan yang kadang-kadang oblak.

Selain itu, karena ukuran sekrup smartphone Android juga rata-rata sama, yaitu jenis obeng + ukuran 1.2mm atau 1.5mm. Walaupun untuk iPhone ada obeng khusus, juga untuk beberapa HP Android ada juga yang berbeda ukuran.

Berikut ukuran obeng yang wajib dimiliki oleh teknisi HP Android dan iPhone:

  • Obeng + (phillips) ukuran 1.2mm
  • Obeng + (phillips) ukuran 1.5mm
  • Obeng T2 (bintang 6) ukuran T2
  • Obeng bintang 5 (pentalobe) ukuran 0.8mm untuk iPhone
  • Obeng Y (tri-wing) ukuran 0.6~0,8mm untuk iPhone
  • Obeng standoff (plus flat) ukuran 2.5mm untuk iPhone

Dalam hal membeli obeng satuan, pastikan untuk membeli alat yang berkualitas dan memiliki bahan yang kuat dan tahan lama. 

Ada dua bahan baja paling umum yang biasa digunakan untuk obeng:

  1. CRV; HRC 52, bahan ini kuat (standar obeng bagus) tetapi kurang kuat untuk ukuran kecil-kecil. Cocok untuk ukuran besar. Harga relatif lebih murah.
  2. S2; HRC 61, bahan ini lebih keras dari CRV, walaupun untuk ukuran kecil-kecil pengguna tetap harus sadar diri karena baja sekuat apapun kalau ukuran kecil tetap rawan slek.

Dengan demikian, pastikan memilih mata obeng dengan bahan S2!

Terakhir, mata obeng harus memiliki magnet agar mudah mengambil sekrup.

Berikut beberapa rekomendasi obeng satuan untuk Teknisi HP:

#1 Mechanic iMini

Merk Mechanic pasti sudah cukup populer di kalangan tuser. Obeng satuan ini berbahan S2 untuk mata obengnya, dan aluminum untuk ganganya. Sedikit kekurangan obeng ini magnetnya kurang kuat sehingga perlu diperkuat dengan magnetizer.

Link pembelian:

|

#2 Relife RL-722

Merk Relife juga merupakan salah satu yang cukup tenar di dunia alat-alat teknisi. Mata obeng ini berbahan S2 yang mengandung magnetic.

 

Link Pembelian:

|



Setelah memiliki obeng satuan, teknisi juga harus menjaga dan memeliharanya dengan baik. Alat ini harus disimpan dalam tempat yang kering dan tidak lembab/basah agar tidak mudah berkarat. Ini akan memastikan bahwa obeng satuan dapat digunakan untuk waktu yang lama dan membantu teknisi dalam menyelesaikan tugas dengan baik.

Posting Komentar untuk "Rekomendasi Obeng Satuan Terbaik Untuk Teknisi HP"