Iklan Header

HP Mati Jika Charger Dicabut, Ganti Baterai Realme 2 Pro, Batre VIZZ vs Original

Hallo Elppaster, kali ini saya kedatangan HP yang lumayan sudah berumur, kurang lebih sekitar 4 tahun pemakaian, Realme 2 Pro, keluaran September 2018. 

Masalahnya kalau dinyalakan (tekan tombol power) dia hanya muncul logo sebentar lalu mati, tapi kalau sambil di cas dia mau booting dan masuk ke menu Android. Pas casannya di cabut, langsung mati lagi.

Masalah seperti ini, 99% penyebabnya adalah kerusakan pada baterai, biasanya R-fuse baterai putus sehingga tidak mau menyalurkan daya dengan benar, tapi kalau di cas dia mau ngisi.

Solusi masalah seperti ini ada 3 pilihan:

  1. Jumper R-fuse. Artinya mem-bypass fuse (sikring), yang mana sikring ini adalah pengaman yang akan memutus jika terjadi lonjakan voltase berlebih. Resikonya tentu jika suatu saat terjadi overvoltage lagi maka bisa merusak komponen mesin karena sudah tidak memiliki overvoltage protector.
  2. Ganti R-fuse. Ya kalau ada komponen penggantinya lebih baik diganti biar lebih aman. Namun perlu diingat umur baterai juga, karena kalau umur baterai sudah 2 tahun lebih dipakai, kapasitasnya tentu sudah berkurang banyak.
  3. Ganti baterai dengan yang baru.

Karena pada kasus ini umur pemakaian sudah 4 tahun lebih, maka kami putuskan untuk ganti baterai saja.

Dalam hal ini, baterai yang kami gunakan merk Vizz, karena kebetulan pas ke toko sparepart hanya ada merk tersebut.

Ngomong-ngomong soal baterai merk Vizz, ini sudah sering digunakan banyak kalangan termasuk teman saya sebagai Teknisi HP. 

Saya pribadi baru nyoba "lagi" merk Vizz ini sekarang (November 2023) setelah sebelumnya coba merk Rakkipanda, Hippo, Viking, dan Life Future.

Berikut spesifikasi baterai Vizz untuk Realme 2 Pro:

  • Jenis cell: Li-Polymer
  • Model: BLP683 for Realme 2 Pro/Oppo A7X
  • Voltage: 3.85V/4.40V
  • Capacity: 3415 mAh

Untuk proses mengganti baterai Realme 2 Pro/Oppo A7X/F9, sudah Elppas buatkan videonya, atau versi artikel juga ada (Cara Ganti Baterai Realme 2 Pro) silahkan disimak: 

Menurut pandangan saya pribadi, kalau untuk kualitasnya mungkin tidak diragukan lagi, sedangkan soal kapasitas baterai ini agak kurang atau dibawah baterai original bawaan.

Seperti yang tercetak di labelnya, kapasitasnya memang tidak seperti yang ori, dimana yang ori Typical Capacity 3500 mAh, walaupun Rated Capacity 3415 mAh diman itu adalah nilai minimum.

Perbandingan berat baterainya saja terpaut cukup jauh dengan yang ori, yaitu sekitar 5 gram.

Data Perbandingan Berat Baterai Ori vs Merk yang Pernah Diuji Elppas.Com
Merk Kapasitas Ori Berat Ori (gr) Berat Merk (gr) Selisih (gr)
Hippo (Poco X3 NFC) 5120 63 64 1
Rakkipanda (Realme 5) 5000 49 49 0
Viking (Redmi 7A) 4000 52 48 -4
Life Future Biru (Ss Galaxy A04) 5000 68 66 -2
Vizz (Realme 2 Pro/Oppo A7X) 3500 48 43 -5

Sayangnya saya tidak sempat menguji lebih jauh dengan menggunakan aplikasi seperti AccuBattery, AIDA64 dan 3DMark Battery Life, karena HP nya punya konsumen.

Namun, mengingat harganya yang memang lebih murah dari Hippo dan Rakki, saya anggap itu konsekuensi dari harganya, ada harga ada barang.

Saya tidak meragukan kualitas Vizz, hanya soal kapasitas saja yang tidak setara ori. Untungnya Vizz memang jujur, ditulis di label kapasitasnya memang dibawah ori.

Posting Komentar untuk "HP Mati Jika Charger Dicabut, Ganti Baterai Realme 2 Pro, Batre VIZZ vs Original"