Iklan Header

Review Baterai HP Rakkipanda? Setara Baterai Original Realme Xiaomi Oppo Vivo

Review baterai ternyata tidak mudah, ada banyak hal yang Elppas pelajari dan terus update artikel ini agar review baterai Rakkipanda ini menjadi lebih akurat. 

Saya akan bahas cukup panjang, silahkan gunakan menu daftar isi:

Tentang Rakkipanda

Rakkipanda adalah sebuah merek baterai di Indonesia yang didirikan sejak tahun 2012.

Berdasarkan informasi dari situs resmi Rakkipanda.id, hingga tahun 2023 ini, Rakkipanda memiliki lebih dari 1000 jenis baterai yang mencakup 42 merek ponsel/smartphone yang beredar di Indonesia, mulai dari yang tergolong kelas bawah hingga kelas atas.

Seiring dengan perkembangan pasar baterai di seluruh dunia, Rakkipanda juga terus berkembang dengan memperluas jangkauannya ke berbagai jenis perangkat lainnya, seperti baterai untuk vape, senter, mainan, smartwatch, kipas angin portabel, dan banyak lagi. 

Visi dari Rakkipanda adalah untuk menyediakan semua kebutuhan baterai untuk berbagai jenis perangkat elektronik dengan kualitas terbaik.

Dulu Jelek Sekarang Bagus?

Ya, ada situs yang menulis review Rakkipanda, ditulis beberapa tahun lalu, baterai merk Rakki ini dikategorikan ke kelas bintang 2/5. 

Elppas pribadi baru nyoba baterai merk ini di awal tahun 2022, tapi cukup terkejut dengan kualitasnya karena sudah 1,5 tahun pakai baterai ini masih awet.

Perkembangan yang saya lihat belakangan ini, kalau tahun 2022 dan sebelumnya, Rakkipanda ini sering pasang label "double capacity", misal aslinya 5000mAh tapi dicetak di label 9000mAh. 

Sekarang tahun 2023 sepertinya sudah "tobat", paling sekarang cuma naikin dikit, dari 5000mAh jadi 5500mAh.

Jadi, kalau boleh disimpulkan, dalam hal itu memang terus berinovasi.

Nyobain Baterai Rakkipanda untuk Realme 5

Sekitar 4 bulan lalu (video dibawah pemakaian setelah 4 bulan), saya ganti baterai HP Realme 5 dengan merk Rakkipanda, Sekarang saya mau review singkat berdasarkan pengalaman tersebut.


  1. Untuk harganya saya dapat di Rp. 129.500 beli online sekitar Februari 2022 di Tokopedia Ari Susanto Store. Saya biasa beli disitu atau di Pampam Shop atau di Nzone78. Atau kalau mau lebih aman bisa beli langsung di Rakkipanda Official Shop.
  2. Berdasarkan pengalaman saya, baterai HP yang bagus biasanya memiliki berat dan ukuran yang sama dengan baterai original bawaan. Dan baterai Rakkipanda ini beratnya sama dengan baterai bawaan HP ini.
  3. Soal kapasitas. Saya ukur kapasitas baterai Rakkipanda ini menggunakan aplikasi AccuBattery Pro. Menurut saya aplikasi ini bagus untuk mengukur kapasitas baterai, asalkan minimal 5x pengecasan 0-100% maka perhitungannya akan lebih akurat. Realme 5 ini sudah di case lebih dari 30x dan hasilnya menunjukan bahwa baterai Rakkipanda ini memiliki kapasitas 4900 mAh. Ini masuk sesuai kapasitas baterai aslinya yang rata-rata 4900 mAh atau maksimal 5000 mAh.
  4. Pemakaian dan screen on time. Untuk pemakaian saya disini yang kebanyakan cuma sosmed seperti Facebook, Whatsapp, Instagram, dan JOOX daya tahan baterai bisa mencapai 1 hari lebih 5 jam, dengan layar hidup 13 jam lebih, dengan settingan mode Performa Pintar dan kecerahan layar adaptif. Dan kebanyakan dirumah menggunakan wifi bukan jaringan seluler. Menurut saya awet ya dari 100% ke 1% bisa 1 hari lebih 5 jam.
  5. FAQ: Apakah baterai Rakkipanda mendukung fast charging? Fast charging itu tergantung smartphone nya juga ya, kebetulan Realme 5 ini belum fast charging, tapi kalau misalkan HP nya Realme 5 Pro, maka tentu akan mendukung fast charging walau baterai sudah diganti merk Rakkipanda.

Update dan Catatan:

Tidak bisa disamaratakan semua baterai! Ya, saya kira review baterai juga sama dengan review HP ya, tidak semua bisa disamaratakan, setiap model akan memiliki hasil yang berbeda karena faktor spesifikasi dan efisiensi HP juga mempengaruhi.

Realme 5 ini ternyata merupakan salah satu smartphone yang termasuk bagus efisiensinya, termasuk paling awet daya tahan baterainya. 

Ada yang Bilang Baterai Rakkipanda Jelek, Perlu dicatat!

Dari video review saya, ada beberapa komentar yang mengatakan bahwa baterai Rakkipanda jelek. Namun sayangnya komentar-komentar tersebut jarang sekali yang menyebutkan data lengkap, modelnya yang mana atau HP apa? 

Karena seperti yang sudah saya sebutkan diatas, review tidak bisa digeneralisir, sama seperti review HP Xiaomi Redmi 12 misalnya kalau misalkan jelek, apakah semua HP Xiaomi jadi jelek? Tentu saja tidak.

Ada catatan-catatan yang perlu diketahui yang bisa mempengaruhi baterai, diantaranya:

  • Efisiensi smartphone-nya itu sendiri, bisa dilihat di Battery Test GSMArena. Apakah model ponsel Kamu tergolong baik efisiensi penggunaan baterainya atau tidak. Kebetulan Realme 5 yang saya uji ini memang ada di rangking 17, termasuk ponsel dengan daya tahan baterai paling baik.
  • Penggunaan charger dan kabel data original. Hal ini dapat mempengaruhi efisiensi pengisian baterai sehingga tidak banyak energi yang menguap.
  • Fast charging, juga yang menurut pemantauan saya dapat mempengaruhi efisiensi pengisian daya. Silahkan baca artikel Fast Charging Bikin Baterai lebih Boros? Kebetulan Realme 5 belum mendukung fast charging sehingga efisiensi pengisian juga kemungkinan tinggi.
  • Sinyal WiFi, provider XL, Telkomsel, Oreedoo, itu terkadang berbeda. Ada teman saya yang kalau pakai internet tertentu katanya HP jadi cepat panas. Hal tersebut bisa disebabkan sinyal tidak stabil sehingga IC PA (penguat sinyal) di ponsel bekerja keras dan menguras baterai.
  • Penggunakan aplikasi setiap orang berbeda-beda. Hal ini juga tentu sangat mempengaruhi.
  • Tidak ada produk yang sempurna. Dari sebuah produk yang sama, tentu saja akan ada produk cacat, produk "gacha".
  • Salah pasang juga bisa memepngaruhi kinerja baterai, misal kurang pas pasangnya, tidak menggunakan perekat tambahan, dll.
  • Dll.

Solusi jika Kamu mendapatkan baterai yang rusak, Rakkipanda ini memberikan garansi selama 1 tahun, jadi Kamu bisa coba klaim garansi jika kerusakannya tercover garansi.

Kalau untuk baterai boros, coba cek lagi poin-poin yang sudah saya sampaikan diatas. 

Rakkipanda Versus Merk Lain Bagus Mana?

Hal yang sering ditanyakan juga di komentar video yang saya buat, yaitu; "Bagus mana Rakkipanda sma Hippo/Vizz/Viking, dll."

Pertanyaan yang sebenarnya jarang saya balas karena keterbatasan pengalaman saya. Tapi kalau berdasarkan pengalaman saya yang sedikit, saya kira Rakkipanda sekarang (tahun 2023) sudah bagus dan bisa disetarakan dengan Hippo.

Ini beberapa pengalam saya gonata-ganti baterai:

Rakkipanda vs Hippo

Kalau ngomingin baterai Rakkipanda vs Hippo tahun 2022 kebawah, jelas pilih Hippo. Tapi Rakki yang dulu sudah bebeda dengan Rakki tahun 2022 keatas.

Pandangan saya pribadi Rakkipanda levelnya sekarang sudah setara dengan Hippo. Dari segi harga pun sudah setara, sama-sama "mahal" yang menunjukan kelas atas. Berat baterai biasanya sama dengan ori, artinya kapasitas baterai tidak dikurangi. Garansi juga sama-sama 1 tahun.

Kalau ditanya mending mana? Jawaban mudahnya Hippo, jawaban yang cari aman, karena Hippo memang banyak direkomendasikan. Tapi kalau pas kebetulan di pasaran tidak ada merk Hippo untuk model yang mau dibeli, Rakkipanda pilihan yang setara.

Baterai Hippo yang terakhir saya review adalah Hippo Poco X3 NFC.

Rakkipanda vs Viking

Lebih tepatnya Rakkipanda Realme 5 vs Viking Redmi 7A. Dalam kasus ini, menurut saya Rakkipanda lebih baik dari Viking. Secara beratnya baterai Viking lebih ringan dari yang ori, sementara Rakki sama dengan ori. Dari segi harga juga Rakki lebih mahal, dan kapasitasnya lebih real dari Viking. 

Lengkapnya tentang baterai Viking silahkan baca Review Baterai Viking Redmi 7A.

Nah itu ya, kurang lebih perbandingannya, walaupun tidak "apple-to-apple", tapi berdasarkan pengalaman tersebut saya tidak mengalami pengalaman jelek di merk Rakkipanda.

Kesimpulan

Menurut saya baterai Rakkipanda bagus sebagai alternatif jika tidak bisa mengganti baterai original ke Servis Center resmi Realme/Xiaomi/Oppo/Vivo. 

Jangan beli yang ori-orian yang banyak dijual di marketplace, kalau mau ori langsung ke Servis Center resmi lebih terjamin kualitasnya. Kalau gak terjangkau, maka alternatifnya baterai bermerk, seperti Rakkipanda, Hippo, atau Vizz.

Tapi untuk ponsel model lama, mungkin review ini kurang relevan, secara pribadi saya kurang menganjurkan merk Rakkipanda untuk ponsel tipe lama, setidaknya sebelum tahun 2020. Kecuali Rakkipanda sudah mengupdate stock baterai ponsel lama dengan standar barunya. 

Stock baru cirinya kapasitas baterai yang tertera di label tidak 2x lipat, misal aslinya 5000 mAh tidak lagi jadi 9000 mAh, tapi jadi 5500 mAh.

Oke, terimakasih sudah menonton, dukung terus channel ini dengan like dan share. Sampai jumpa di video selanjutnya. Wasalam.

Posting Komentar untuk "Review Baterai HP Rakkipanda? Setara Baterai Original Realme Xiaomi Oppo Vivo"