Merek Baterai HP yang Bagus Setara Original Tapi Lebih Murah? Hippo, Vizz, Idol, Li-ion, Rakkipanda

Sebelumnya Elppas sudah membahas mengenai baterai ponsel KW, OEM (bermerk), dan ORI. Dan tentu kami sangat merekomendasikan yang original di Service Center resmi brand masing-masing.

Tapi terkadang harga menjadi faktor pertimbangan, sehingga saya pribadi lebih memilih OEM atau baterai dari pihak ke tiga yang bermerk karena kapasitasnya lebih real kurang lebih setara dengan yang original.

Dan saya sangat menghindari baterai KW (ori-orian yang bentuknya mirip dengan ori tapi dijual bebas di toko atau marketplace dengan harga yang jauh dibawah yang original di Service Center-nya).

Jadi disini kita akan bahas baterai smartphone pengganti yang bermerk dengan kualitas baik seperti baterai ori.

Merk baterai HP apa yang bagus?


Dulu tahun 2015-2017an mungkin ada beberapa merk baterai HP terbaik seperti Cameron Sino, DSBC, Idol, Pisen, Galaxy X, Li-Ion, Hippo. Tapi sayang seiring waktu beberapa merk baterai tersebut menghilang dari peredaran di pasar Indonesia. Jadi sudah tidak relevan lagi ngomongin baterai bermerk yang sudah basi.

Sekarang di tahun 2019 ada beberapa merk yang masih beredar di pasaran Indonesia. Dan inilah beberapa brand baterai hape terbaik versi Elppas:

Baterai Hippo



Hippo merupakan pemain lama di dunia baterai hape yang masih bertahan hingga tahun 2019 ini. Daya tahan baterai berdasarkan pengalaman saya bagus setara dengan original, ada double IC protector, dan cell-nya biasanya dari Jepang. Harga juga lebih terjangkau dari baterai original. Garansi 6 bulan hingga 1 tahun.

Hippo juga memiliki website yang jelas. Brand-nya juga sudah kuat. Soal garansi menurut beberapa review sih mudah, barang rusak diganti baru.

Selain baterai, Hippo juga produsen beberapa aksesoris HP seperti powerbank, kabel data, headset, charger dan aksesoris lainnya.

Hippo juga ada toko resminya di beberapa kota, jadi ya udah cukup punya nama lah.

Baterai Vizz



Vizz juga merupakan pemain lama yang hingga sekarang masih ada. Daya tahan baterainya menurut saya kurang lebih sama dengan yang original, selain itu juga memiliki fitur standar keamanan dan cell baterai yang baik. Soal harga juga gak mahal-mahal amat, cukup terjangkau, dan lebih murah dari original.

Nilai positifnya, Vizz memiliki website resmi yang lumayan update. Brand-nya sudah kuat dan jelas, jadi kita tidak perlu khawatir soal garansi atau layanan purna jualnya.

Selain itu, Vizz juga sudah merambah ke berbagai aksesoris handpone seperti powerbank, kabel data, headset, dan aksesoris lainnya.

Baterai Idol



Idol juga salah satu pemain lama soal baterai yang masih bertahan hingga sekarang. Daya tahan baterai dan akurasi kapasitasnya patut diacungi jempol, setara original dan kadang sedikit diatas original. Harga tidak jauh beda sama Hippo dan Vizz, tapi sayang kalah populer dengan mereka.

Websitenya saya kurang tahu apakah klikidol.com atau bukan, karena yang jual baterai Idol/Xidol ini yang saya tau si klikidol itu, pendistribusiannya kurang luas. Tapi salah satu hal yang cukup meyakinkan adalah pelayanannya yang baik, seller bertanggung jawab jika ada masalah.

Super Li-Ion Battery



Salah satu pemain lama yang masih eksis juga ada Super Li-Ion. Di toko-toko aksesoris ponsel juga sering ada baterai merk Li-Ion ini. Soal kapasitas dan daya tahan kurang lebih sama dengan original bahkan agak lebih sedikit, hanya saja di labelnya suka agak dilebih-lebihkan.

Selain itu, baterai merk Li-Ion ini memiliki fitur Double IC, Control switches, dan temperatur fuse. Soal harga sepertinya agak lebih murah dari Hippo, Idol dan Vizz.

Baterai Rakkipanda



Rakkipanda ini juga sudah ada sejak lama dan masih survive sampai sekarang. Distribusinya cukup luas, di berbagai marketplace selalu ada merk ini. Cuma sayang merk ini kapasitasnya suka dibikin double power yang berlebihan, dari kapasitas baterai original 4000mAh di merk Rakkipanda bisa jadi 8000mAh.

Nah itu mungkin beberapa baterai HP sebagai alternatif pengganti baterai original yang layak direkomendasikan untuk Anda yang ingin daya tahan baterai pengganti setara original tapi dengan harga yang lebih terjangkau.

Catatan terakhir: Kapasitas baterai seringkali bervariasi untuk tiap tipe, kadang ada yang lebih tinggi dari originalnya kadang ada juga yang lebih rendah. Jadi tidak bisa digeneralisir. Tapi beberapa merk diatas sudah memiliki standar kapasitas yang real (real capacity). Selain itu juga ada beberapa proteksi untuk keamanannya.

Silahkan dikoreksi apabila ada informasi yang kurang tepat, atau ditambahkan jika ada rekomendasi lain. Untuk panduan cara ganti baterai berbagai brand HP, silahkan ke kategori Ganti Baterai.

0 Response to "Merek Baterai HP yang Bagus Setara Original Tapi Lebih Murah? Hippo, Vizz, Idol, Li-ion, Rakkipanda"

Posting Komentar