Iklan Header

Merek Baterai HP yang Bagus Setara Original Tapi Lebih Murah? Hippo, Vizz, Idol, Life Future, Rakkipanda

Sebelumnya Elppas sudah membahas mengenai baterai ponsel KW, OEM (bermerk), dan ORI. Dan tentu kami sangat merekomendasikan yang original di Service Center resmi brand masing-masing.

Tapi terkadang harga menjadi faktor pertimbangan, sehingga saya pribadi lebih memilih OEM atau baterai dari pihak ke tiga yang bermerk karena kapasitasnya lebih real kurang lebih setara dengan yang original.

Dan saya sangat menghindari baterai KW (ori-orian yang bentuknya mirip dengan ori tapi dijual bebas di toko atau marketplace dengan harga yang jauh dibawah yang original di Service Center-nya).

Jadi disini kita akan bahas baterai smartphone pengganti yang bermerk dengan kualitas baik seperti baterai ori.

Merk baterai HP apa yang bagus?

Dulu tahun 2015-2017an mungkin ada beberapa merk baterai HP terbaik seperti Cameron Sino, DSBC, Idol, Pisen, Galaxy X, Li-Ion, Hippo. Tapi sayang seiring waktu beberapa merk baterai tersebut menghilang dari peredaran di pasar Indonesia. Jadi sudah tidak relevan lagi ngomongin baterai bermerk yang sudah basi.

Sekarang di tahun 2024 ada beberapa merk yang masih beredar di pasaran Indonesia. Dan inilah beberapa brand baterai hape terbaik versi Elppas:

#1 Baterai Hippo

 Official Online Store:

|

Hippo merupakan pemain lama di dunia baterai hape yang masih bertahan hingga tahun 2024 ini. Daya tahan baterai berdasarkan pengalaman saya pakai baterai Hippo Xiaomi Poco X3 NFC sih bagus hampir setara dengan original.

Fiturnya juga menjamin keamanan, ada double IC protector, dan cell-nya biasanya dari Jepang. Harga juga lebih terjangkau dari baterai original. Garansi 6 bulan hingga 1 tahun.

Hippo juga memiliki website yang jelas. Brand-nya juga sudah kuat. Soal garansi menurut beberapa review sih mudah, barang rusak diganti baru.

Selain baterai, Hippo juga produsen beberapa aksesoris HP seperti powerbank, kabel data, headset, charger dan aksesoris lainnya.

Hippo juga ada toko resminya di beberapa kota, jadi ya udah cukup punya nama lah, brand-nya sudah kuat!

#2 Baterai Rakkipanda

Official Online Store:

|

Rakkipanda ini juga sudah ada sejak lama dan masih survive sampai sekarang. Distribusinya cukup luas, di berbagai marketplace selalu ada merk ini. Followers-nya paling tinggi kalau saya lihat di official Shopee dan Tokped, dengan rating yang bisa dibilang bagus, yaitu 4.8/5.

Banyak yang bilang jelek? 1. Mungkin karena penggunanya banyak, otomatis haternya banyak. 2. Mungkin karena dulunya memang kurang bagus, tapi sekarang lebih baik lagi, ada inovasi lah.

Dulu merk ini kapasitasnya suka dibikin double power yang berlebihan, dari kapasitas baterai original 4000mAh di merk Rakkipanda bisa jadi 8000mAh.

Mulai tahun 2021-an, kapasitas di label tidak over lagi, sekarang paling cuma dilebihin 500mAh atau 10% dari kapasitas aslinya.

Tapi memang benar sih, soal kapasitas, saya pribadi pernah coba, kapasitas baterainya hampir sama dengan kapasitas ori. Terakhir saya coba baterai Rakkipanda Realme 5 kapasitasnya lebih dari Hippo dan Vizz. 

#3 Braderparts


Mau yang tampilannya mirip dengan baterai originalnya? Dan kapasitasnya juga mirip ori? Braderparts solusinya!

Braderparts ini cukup terkenal di kalangan teknisi HP, dari forum-forum teknisi HP, merk ini seringkali direkomendasikan. 

Kalau dilihat dari harga, biasanya cenderung dibawah Hippo dan Rakki. Tapi soal kualitas, tidak kalah dari mereka, sama-sama setara dengan baterai original.

Kakurangannya mungkin dari sektor garansi saja yang hanya 1 bulan.

#4 Baterai Idol

Idol juga salah satu pemain lama soal baterai yang masih bertahan hingga sekarang. Daya tahan baterai dan akurasi kapasitasnya patut diacungi jempol, setara original dan kadang sedikit diatas original. Harga tidak jauh beda sama Hippo dan Rakkipanda, tapi sayang kalah populer dengan mereka.

Websitenya saya kurang tahu apakah klikidol.com atau bukan, karena yang jual baterai Idol/Xidol ini yang saya tau si klikidol itu, pendistribusiannya kurang luas. Tapi salah satu hal yang cukup meyakinkan adalah pelayanannya yang baik, seller bertanggung jawab jika ada masalah.

#5 Baterai Vizz

Official Online Store:

|

Vizz juga merupakan pemain lama yang hingga sekarang masih ada. Daya tahan baterainya menurut saya agak sedikit dibawah original, kapasitas di labelnya juga memang seringkali ditulis dibawah original, jujur!

Vizz juga dilengkapi fitur standar keamanan dan cell baterai yang baik. Soal harga juga gak mahal-mahal amat, cukup terjangkau, dan lebih murah dari original.

Nilai positifnya, Vizz memiliki website resmi yang lumayan update. Brand-nya sudah kuat dan jelas, jadi kita tidak perlu khawatir soal garansi atau layanan purna jualnya.

Selain itu, Vizz juga sudah merambah ke berbagai aksesoris handpone seperti powerbank, kabel data, headset, dan aksesoris lainnya.

#6 Life Future (LF)

Link Pembelian:

|

Salah satu pemain lama yang masih eksis juga ada Life Future. Di toko-toko aksesoris ponsel juga sering ada baterai merk Life Future ini. 

Nilai plus Life Future, biasanya salah satu yang paling gesit atau paling duluan keluarin model baru.

Soal kapasitas dan daya tahan merk ini ada beberapa grade, ada grade STANDAR dengan packing warna biru (bergaransi 6 bulan), atau grade PREMIUM packing warna hitam (bergaransi 1 tahun). Yang warna biru itu cenderung dibawah ori soal kapasitas, setara dengan Vizz/Viking. Untuk yang premium setara dengan Hippo/Rakki, gak jauh beda dengan ori.

Selain itu, baterai merk Life Future ini memiliki fitur Double IC, Control switches, dan temperatur fuse. Soal harga sepertinya agak lebih murah dari Hippo.

#7 Baterai Viking

Official Online Store:

|

Di tahun 2024 ini, baterai HP merk Viking saya turunkan dari No. 5 ke No. 7 karena secara kapasitas sedikit dibawah original, dan baterai yang saya uji pada akhirnya kembung sekitar pemakaian 1 tahun.

Baterai merk Viking ini sepertinya relatif baru, toko Official-nya mulai muncul di pertengahan tahun 2020. Hingga tahun 2024 ini sepertinya masih fokus di baterai HP, variasinya cukup banyak juga meliputi vendor HP seperti Xiaomi, Oppo, Vivo, Samsung, Infinix, Apple iPhone, Sony, Lenovo, dll.

Soal kualitas dan kapasitas baterai berdasarkan pengalaman saya menggunakan baterai Viking untuk Xiaomi Redmi 7A sih lumayan bagus untuk harganya yang lebih murah dari brand Hippo/Vizz/Rakkipanda. Update: kembung setelah pemakaian 1 tahun.

Nah itu mungkin beberapa baterai HP sebagai alternatif pengganti baterai original yang layak direkomendasikan untuk Anda yang ingin daya tahan baterai pengganti setara original tapi dengan harga yang lebih terjangkau.

Hasil Tes Berat Baterai Beberapa Merk

Berati baterai bisa menjadi salah satu acuan dalam menguji kapasitas baterai, walaupun tidak akan 100% akurat, tapi biasanya ada relevansi dengan kapasitas aslinya.

baterai merk lain yang perbedaan beratnya dengan yang ori lebih besar.

Data Perbandingan Berat Baterai Ori vs Merk yang Pernah Diuji Elppas.Com
Merk Kapasitas Ori Berat Ori (gr) Berat Merk (gr) Selisih (gr)
Hippo (Poco X3 NFC) 5120 63 64 1
Braderparts (Redmi Note 9) 5020 65 66 1
Rakkipanda (Realme 5) 5000 49 49 0
Viking (Redmi 7A) 4000 52 48 -4
Life Future Biru (Ss Galaxy A04) 5000 68 66 -2
Vizz (Realme 2 Pro/Oppo A7X) 3500 48 43 -5

Merk Hippo dan Rakkipanda secara berat memang cenderung sama dengan original, tapi perlu diperhatikan juga bahwa harga juga biasanya lebih mahal dari merk Vizz dan Viking.

Yang belum saya coba merk Idol, Life Future Premium dan Braderparts. Semoga kedepannya bisa kami uji.

Catatan terakhir: Kapasitas baterai seringkali bervariasi untuk tiap tipe, kadang ada yang lebih tinggi dari originalnya kadang ada juga yang lebih rendah. Jadi tidak bisa digeneralisir. Tapi beberapa merk diatas sudah memiliki standar kapasitas yang real (real capacity). Selain itu juga ada beberapa proteksi untuk keamanannya.

Silahkan dikoreksi apabila ada informasi yang kurang tepat, atau ditambahkan jika ada rekomendasi lain. Untuk panduan cara ganti baterai berbagai brand HP, silahkan ke kategori Ganti Baterai.

Update: Maret 2024.

1 komentar untuk "Merek Baterai HP yang Bagus Setara Original Tapi Lebih Murah? Hippo, Vizz, Idol, Life Future, Rakkipanda"

Comment Author Avatar
Mohon bisa diulas juga merk2 lain yang sekarang muncul di pasaran semisal: Y8, Blitz, HK Optima, Log-on, JF, Gomini, dll. Terima Kasih