Seberapa Cepat Pengisian Baterai Realme 2 Pro? Apakah Fast Charging?

Realme 2 Pro merupakan smartphone yang cukup ramai dibicarakan. Salah satu penyebabnya adalah ponsel ini memiliki spesifikasi yang cukup tinggi tapi dengan harga yang bisa dibilang murah.

Realme merupakan anak perusahaan dari Oppo yang identik dengan smartphone yang memiliki style, kamera selfie bagus dan cukup mahal. Jadi ponsel ini seperti membawa kesan ponsel Oppo tapi harga Xiaomi.

Menarik? Bagi saya sih sangat menarik dan jujur jadi pengen beli. Tapi sebelum itu, mari kita review lebih dalam lagi. Kali ini kita cari tahu dulu bagaimana kecepatan pengisian baterai Realme 2 Pro ini, apakah mendukung fast charging?

Dengan dimotori processor Qualcomm Snapdragon 660, secara spesifikasi SoC tersebut sudah mendukung teknologi Quick Charge 4. Tapi, fitur ini bisa aktif atau tidak, dan ini merupakan fitur berbayar yang biasanya akan menambah mahal sebuah smartphone.

Jadi bisa kita tebak dari sini. Ponsel murah mau Quick Charge? Sepertinya gak bisa ya. Dan memang dalam kotak penjualannya Realme 2 Pro ini hanya dibekali charger standar dengan daya 5V~2A. *Btw, ada sih tetangga sebelah yang ngasih charger standar tapi ternyata support QC2 yaitu si Redmi Note 5.

Charger bawaan Realme 2 Pro Resmi Indonesia
Untuk kepastiannya, mari kita tes mengisi baterai Realme 2 Pro dengan menggunakan charger Quick Charge 3.0..

Charger Poco Quick Charge 3.0

dan hasilnya..


hanya berjalan di 5,15V ~ 0.84A pada saat ponsel dalam keadaan menyala, sedangkan pada keadaan ponsel stand by atau layar mati..


pengisian baterai otomatis akan berada pada penyaluran daya maksimal yaitu di kisaran 5,26V dan 1,98A.

Karakteristiknya sama ketika menggunakan charger bawaan dan charger Quick Charge, Realme 2 Pro hanya mendukung pengisian baterai pada 5V 2A. Pengisian akan melambat jika ponsel dalam keadaan menyala dan akan cepat ketika ponsel dalam keadaan layar mati atau stand-by.

Jadi kesimpulannya sejauh ini menyatakan bahwa smartphone Realme 2 Pro tidak mendukung teknologi Quick Charge.

Bagaimana dengan VOOC? Sama juga ponsel ini belum mendukung teknologi VOOC yang merupakan teknologi fast charging dari Oppo. Ya harap maklum lah ini ponsel murah keturunan Oppo, sedangkan VOOC itu biasanya hanya didukung oleh ponsel kelas atas seperti Oppo Find X.

Tapi..

Menurut saya pribadi sebenarnya mengisi baterai berkapasitas 3500 mAh dengan kecepatan 5V 2A tidak terlalu lama, mari kita tes seberapa cepat pengisian baterai Realme 2 Pro dari 0% hingga full 100%?


Berikut rincian pengisian baterai Realme 2 Pro..
  • 5 menit = 5%
  • 15 menit = 16%
  • 30 menit = 35%
  • 60 menit = 65%
  • 1 jam 30 menit = 89%
  • 2 jam 6 menit = 100%
*hasil di setiap ponsel mungkin bisa berbeda.


Dari pengujian tersebut, pengisian baterai Realme 2 Pro dengan menggunakan charger bawaan adalah sekitar 2 jam 6 menit. Waktu segini menurut saya sudah cukup cepat, hampir setara dengan kecepatan Quick Charge 2.0.

Kesimpulan:
  • Realme 2 Pro tidak mendukung teknologi Quick Charge
  • Tidak mendukung teknologi VOOC (belum diuji, tapi kemungkinan besar tidak mendukung VOOC mengingat teknologi ini merupakan fitur spesial yang biasanya hanya ada di ponsel Oppo kelas atas)
  • Kecepatan pengisian baterai dari low batt 0% hingga full 100% cukup cepat.
Demikian informasi yang bisa kami berikan. Apabila ada tambahan atau koreksi silahkan berbagi di komentar. Semoga bermanfaat!

Sumber: Youtube Gadgetin, Techie Tweaks, RJ Technical.

0 Response to "Seberapa Cepat Pengisian Baterai Realme 2 Pro? Apakah Fast Charging?"

Posting Komentar