Iklan Header

REVIEW Baterai HIPPO Xiaomi POCO X3 NFC/PRO, Real Cacapity?

Sebelumnya Elppas sudah review kapasitas baterai VIKING, dan sekarang kita mau coba cek kapasitas baterai Hippo, yang sering direkomendasikan.

Baterai Hippo ini sudah terkenal dan juga pemain lama di dunia baterai ponsel. Brand ini sudah cukup kuat untuk baterai replacement.

Bagi saya Hippo salah satu top prioitas untuk dibeli sebagai pengganti baterai bawaan, jika baterai ori di servis center resmi tidak terjangkau baik secara lokasi maupun harga.

Harga Baterai Hippo

Soal harga, sekarang ini sepertinya ada kenaikan. Dulu tahun-tahun sebelum pandemi melanda, 2019 kebawah harganya masih dikisaran Rp. 129rb. Pas saya beli Oktober 2022 ini, khusunya setelah kenaikan harga BBM, otomatis harga-harga jadi pada naik termasuk baterai Hippo ini.

Saya beli baterai POCO X3 NFC merk Hippo ini di Rp. 159rb. Tapi mungkin karena baru keluar jadi harganya masih tinggi.

Spesifikasi

Berikut ini spesifikasi baterai Hippo POCO X3 PRO:

  • Model: BN57
  • Capacity: 5160mAh / 15.40Whr
  • Voltage: 3.85V / Max Charge Voltage: 4.4V
  • Jenis: Li-ion-Polymer-Battery
  • Produksi: 08 2022

Untuk beratnya si Hippo ini ada dikisaran 64 gram, sedangkan baterai originalnya 63 gram. Jadi lebih berat sekitar 1 gram. Tapi untuk lebarnya malah lebih sedikit kurang lebar dibanding baterai originalnya.

Typical dan Rated Capacity 

Perlu diketahui terlebih dahulu soal Typical Capacity 5160 mAh itu bisa dibilang itu angka "diatas kertas", sedangkan untuk hasil produksinya bisa macam-macam dengan Rated atau rata-rata kapasitas hasil produksi 5060 mAh. 

Jadi baterai original itu kapasitas minimalnya di angka 5060 mAh berdasarkan pengujian lab. Dan hasil uji yang saya lakukan mungkin akan berbeda karena ini menggunakan alat dan aplikasi seadanya.

Review (Tes Kapasitas)

Untuk review, kita batasi di tes kapasitas saja ya. Kita gunakan hardware, software penghitung kapasitas baterai seperti AIDA64 dan AccuBattery, juga aplikasi benchmark baterai PCMARK.

Berikut hasilnya:

Menggunakan hardware, ini kita pakai alat charger doctor atau ampere meter, dimana HP kita cas mulai dari kondisi lowbat (mati sendiri), lalu kita cas dalam keadaan mati atau tidak masuk ke menu Android.

Hasilnya: 4874 mAh (-286mAh dari 5160mAh atau -186mAh dari rated 5060mAh)

AIDA64: 4588 mAh (89% dari typical 5160 mAh)

AccuBattery Pro: 4581 mAh (89% dari typical 5160 mAh)

PCMARK, Work 3.0 Battery Life: 12 Jam 13 Menit

Mobile Legend Bang Bang: sekitar 6 jam.

Update: Fast Charging Mempengaruhi Kapasitas Baterai

Setelah saya pantau beberapa bulan pemakaian, dari aplikasi AccuBattery Pro, ternyata fast charging mempengaruhi efisiensi pengisian daya baterai, sehingga lebih terasa boros jika kita ngecas pakai fast charging.

Jika menggunakan charger standar 5V~2A (original) maka pengisian baterai akan lebih efisien dan baterai terasa lebih awet.

Tapi ya memang lebih nyaman ngecas pakai fast charging karena lebih cepat penuh. Ngecas standar lebih cocok jika digunakan sambil ditinggal tidur saja.

Update: Gimana Baterai Hippo-nya Sekarang Apakah Masih Awet?

Pertanyaan typical di video yang saya unggah. Sekarang sudah sekitar 11 bulan (Desember 2022 - Oktober 2023). Baterai tentu kapasitasnya menurun, namun tidak drop parah. Dari awal sekitar 89% menurut AccuBatery Pro, sekarang dikisaran 81%.

Kesimpulan

Itulah ya hasil uji ala-ala, belum tentu akurat juga, silahkan disimpulkan sendiri. Saya pribadi lebih percaya dengan hasil tes menggunakan hardware Charger Doctor karena dicas dalam keadaan mati dan dihitung secara eksternal.

Worth it atau tidak ya worth it aja walaupun harganya agak mahal 159rb, tapi lebih mahal kalau ganti ori di servis center Xiaomi yang harga totalnya bisa sampai 300rb-an, kecuali prangkat masih dalam masa garansi bisa gratis biaya pasang, cuma bayar baterai sekitar Rp. 172rb.

Perlu diperhatikan juga, baterai Hippo yang saya tes disini model BN57. Untuk hasilnya jangan digeneralisir bahwa semua baterai merk Hippo hasilnya bakal rata seperti ini. Bisa jadi beda model beda hasil.

Selain itu juga perhatikan bahwa pembelian baterai Hippo saya di bulan Oktober 2022, kemungkinan ini batch awal. Bisa jadi hasil produksi batch berikutnya lebih baik lagi.

Punya pertanyaan, saran dan kritik? Silahkan di komentar.

Posting Komentar untuk "REVIEW Baterai HIPPO Xiaomi POCO X3 NFC/PRO, Real Cacapity?"