Ganti Baterai Tanam HP, Pilih KW, OEM Bermerk (Hippo, Rakkipanda, Vizz, dll), atau ORI?

Ganti baterai HP pasti terjadi suatu saat, yaitu ketika baterai sudah mulai terasa boros, drop pas ngecas naik melonjak persentasenya pas dipake juga turun drastis persentasenya, atau bahkan baterai menjadi kembung, ponsel tidak mau booting (bootlap) atau mati tiba-tiba dan masalah baterai lainnya. Itulah tanda-tanda baterai sudah rusak dan perlu kamu ganti. Ketika umur pemakaian baterai 1-2 tahun atau lebih dari 500 cycle.

Tips Memilih Baterai. KW, OEM atau Original?




Sebelum ganti baterai, ada baiknya kita tahu dulu mengenai baterai penggantinya, karena di pasaran banyak sekali pilihan baterai pengganti, diantaranya:

Baterai Original

Baterai original yang benar-benar asli ini biasanya hanya bisa dibeli dan dipasangkan di Service Center nya masing-masing. Misal kamu pake hape merk Xiaomi, berarti kalau mau ganti baterai harus datang dan bawa ponselnya ke Xiaomi Service Center. Begitu pula dengan brand lain seperti Asus, Vivo, Samsung, Apple iPhone, Huawei, dan Oppo/Realme.

Harga sparepart original biasanya cukup mahal. Untuk baterai rata-rata sekitar 150-300rb, kecuali untuk Apple bisa 900rb-an. Harga juga dipengaruhi umur smartphonenya, semakin jadul biasanya semakin murah sparepart. Harga tersebut, ada yang sudah sepaket dengan biaya pasang ada juga yang belum, dan terkadang ditambah PPN.

Jadi jatuhnya memang cukup mahal jika mau ganti baterai original. Ya siapkan saja uang minimal 300rb. Harga sparepart biasanya ada di masing-masing website resminya.

Kelebihan dan kekurangan:
  • + Dijamin original
  • + Kapasitas baterai dijamin real
  • + Dipasang teknisi langsung
  • - Harga mahal

Baterai OEM Bermerk atau 3rd-party

Apalah namanya, yang saya maksud OEM bermerk disini adalah baterai pihak ke-3 seperti Hippo, Rakkipanda, Vizz, Log-on, dll.

Baterai bermerk ini biasanya punya desain masing-masing, cetakan luarnya tidak sama dan tidak menyerupai baterai ori, dan desain internalnya juga biasanya punya fitur masing-masing.

Soal harga, biasanya batre dari pihak ke-3 ini dibandrop pada harga yang lebih terjangkau dari baterai original resmi. Biasanya antara 100-200rb untuk smartphone Android, sementara untuk Apple iPhone biasanya sekitar 300rb-an. Ya intinya lebih murah dari yang ori.

Dibanding dengan KW ini biasanya lebih terjamin dalam hal kualitas karena memiliki fitur-fitur khusus seperti IC double protection dan cell baterai berkualitas dari Jepang seperti yang sering didapat di baterai Hippo.

Kelebihan dan kekurangan:
  • + Ada garansi yang jelas
  • + Harga lebih terjangkau daripada original
  • + Kapasitas cenderung real dengan keawetan seperti original
  • - Pasang sendiri

Baterai OEM KW, Mirip Original Tapi Palsu

Baterai KW banyak beredar di toko-toko sparepart maupun di marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak dll.

Bentuk dan desain luarnya dibuat sangat mirip dengan yang asli. Diproduksi oleh banyak "pabrik rumahan" dan juga memiliki grade yang berbeda-beda.Ada grade ORI 99%, ORI 100%, OEM, KW dan sebagainya.

Jadi variasi-nya sangat banyak karena memang pembuatnya banyak dan grade-nya macam-macam.

Oleh karena itu sulit sekali menemukan baterai jenis ini yang benar-benar sesuai ekspektasi. Seperti gambling, kadang dapat bagus kadang dapat jelek.

Selain kerumitan itu, yang pasti-pasti adalah harganya lebih murah, biasanya sekitar 50-100rb.

Karena harganya murah kebanyakan orang memilih baterai jenis ini.
  • + Harga murah
  • + Penampakan seperti original
  • - Garansi tidak jelas atau cuma garansi toko 1 bulan
  • - Untung-ungungan, kadang dapat bagus kadang jelek

Pilih yang mana?

Secara pribadi saya lebih memilih baterai pihak ketiga seperti merk Hippo karena harga terjangkau dan kualitas seperti original. Selain itu juga saya suka pasang sendiri saja. Tutorial di blog ini banyak tentang ganti baterai.

Kalau gak bisa pasang sendiri, sebaiknya ganti di Service Center resmi. Kalau ke konter HP biasa, pastikan baterainya yang berkualitas.

Cukup pengalaman saya tergiur dengan harga murah batre mirip ori tapi bukan pabrikan vendor resmi yang banyak dijual bebas. Buat apa murah tapi baterai kurang awet.

Ini saya share juga berupa video mengganti baterai Xiaomi Redmi 3s dengan baterai merk Hippo.


Itulah kira-kira tentang ganti baterai HP, berdasarkan pengalaman saya pribadi. Jadi ini hanya pendapat saya saja. Jika kamu punya pengalaman lain dan rekomendasi lain, silahkan berbagi di komentar.

0 Response to "Ganti Baterai Tanam HP, Pilih KW, OEM Bermerk (Hippo, Rakkipanda, Vizz, dll), atau ORI?"

Posting Komentar