Iklan Header

Cara Membuka Casing Belakang dan Mengganti Baterai Oppo A5s

Cara membuka casing belakang Oppo A5s mirip-mirip dengan Realme U1, agak sedikit susah karena tidak bisa langsung di congkel seperti pada kebanyakan HP kelas bawah biasanya. Jadi, untuk mengganti baterai pun menjadi sedikit agak susah. Yuk kita liat saja langsung tutorialnya..

Sebelum bongkar, Anda memerlukan beberapa peralatan, tools kit dan obeng berikut ini:
  • SIM card tray ejector
  • Mesin hot plated atau heat gun
  • Opening pick seperti pick gitar atau plastik tipis
  • Suction cup
  • Obeng phillips #00 atau plus ukuran 1,5~2,0mm
  • Pinset
Jika belum punya, obeng dan tools kit bisa dibeli di tokopedia.com/elppastore atau bukalapak.com/elppastore.

Kalau sudah siap, langsung aja kita bongkar..

Langkah 1: Membuka Casing Belakang Oppo A5s


Seperti biasa sebelum bongkar-bongkar, pastikan HP nya dalam keadaan mati (power off) dan juga keluarkan terlebih dahulu SIM card tray dengan eject tool yang diberikan dalam paket penjualan..

 
Casing belakang Oppo A5s ini tidak bisa langsung dicongkel seperti pada kebanyakan smartphone Oppo, tetapi harus dicopot dulu penutup belakangnya yang merekat dengan lem pada frame backcover. Karena menggunakan lem, maka kita harus memanaskannya terlebih dahulu agar lem meleleh dan mudah membukanya.

Panaskan cover belakang dengan menggunakan mesin hot plate seperti ini..


Panaskan pada suhu 75 derajat Celcius sekitar 4-5 menit untuk melelehkan lem. Hindari bagian kamera jangan sampai ikut dipanaskan.

Jika tidak punya alat seperti ini, Anda bisa menggunakan heat gun yang harganya lebih murah.

Setelah kira-kira lem meleleh, gunakan suction cup (ceplokan) untuk mengangkat backcover..


Setelah ada celah, Anda bisa memasukkan opening pick atau plastik tipis seperti kartu nama, masukkan dan geser ke seluruh bagian untuk merobek lemnya. Atau, langsung diangkat dengan suction cup jika memungkinkan..


Hati-hati ada kabel flexible yang terhubung dari modul fingerprint ke mainboard!

Sepaskan skrup yang menahan bracket pelindung konektor tersebut dengan menggunakan obeng plus ukuran 1,5mm. Lalu angkat/buka bracketnya dengan pinset, dan congkel konektor fingerprint sensor dengan menggunakan spudger atau kuku untuk melepaskannya..


Setelah itu maka backcover bisa dipisahkan dari bodynya.

Setelah lapisan pertama backcover dibuka, kita belum bisa melihat komponen bagian dalam dan juga baterainya karena masih ada plat pelindung yang dikencangkan dengan baut/sekrup.

Untuk membuka keseluruhan casing belakang, kita harus melepaskan terlebih dahulu beberapa skrup dengan menggunakan obeng plus ukurang 1,5~2.0mm..


Setelah semua sekrup terlepas, barulah kita bisa mencongkel bezel atau pinggiran casing belakang dengan menggunakan opening pick..


Seperti biasa, geser ke seluruh sudut untuk melepaskan pengait casing belakang dari body utamanya sehingga backcover lapis kedua ini bisa dibuka dan setelah itu, kita bisa melihat baterai dan komponen bagian dalam Oppo A5s.

Setelah ini siap bongkar baterai.

Spesifikasi Baterai Original Oppo A5s


Sebelum bongkar untuk ganti baterai, kita lihat dulu spesifikasi baterai original bawaan Oppo A5s ini. Pastikan jika ingin mengganti baterai, Anda jangan sampai salah beli baterainya.

Berikut spesifikasi baterai ori Oppo A5s:
  • Type: Li-ion Polymer Battery
  • Model: BLP673
  • Limited Charge Voltage: 4.40Vdc
  • Rated Capacity: 4100mAh/15.78Wh
  • Nominal Voltage: 3.45Vdc
  • Typical Capacity: 4230mAh/16.28Wh

Dimana membeli baterai Oppo A5s yang original? Tentu saja hanya ada di Service Center Oppo, tapi saya tidak tahu apakah bisa dijual sparepartnya saja tanpa dipasang disana atau tidak.

Baca Juga: Harga Spare Part dan Akesoris Original Oppo A5s (LCD, Backcover, Baterai, Kabel/Charger, Motherboard)

Selain itu, mungkin banyak yang jual di marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dll., tapi perlu di ingat bahwa baterai yang dijual di marketplace atau toko sparepart umum biasanya baterai tiruan, OEM atau KW, jadi perlu hati-hati karena barang KW suka ada grade-grade nya. Pastikan Anda membeli yang kualitasnya bagus supaya tidak boros atau cepat habis karena kapasitas tidak sesuai.

Saya pribadi lebih memilih baterai OEM yang bermerk seperti Hippo, Vizz, dll dibandingkan dengan baterai KW karena baterai bermerk biasanya memiliki standar khusus. 

Rekomendasi baterai:

Lanjut, kita ke tutorial mengganti baterai..

Langkah 2: Mengganti Baterai Oppo A5s


Melanjutkan Langkah 1, casing belakang telah terbuka dan kita bisa lihat langsung baterainya.

Lepaskan konektor baterai dengan menggunakan spudger atau kuku..


Setelah itu, seperti biasa untuk melepas baterai Oppo, disana ada pull-tab berwarna hijau yang bisa ditarik keatas untuk mengangkat baterai. Tapi jangan lupa kelupas dulu plastik putih yang melindungi baterai..

Tarik pull-tab hijau ke atas secara perlahan dan hati-hati..


Setelah baterai terbuka, silahkan ganti dengan baterai baru. Jangan lupa tes nyala terlebih dahulu untuk memastikan baterai penggantinya berfungsi normal. Setelah itu, silahkan pasang kembali semuanya seperti semula.

Baca Juga: Tanya Jawab Semua Hal Tentang Oppo A5s

Demikian tutorial cara membuka casing belakang dan mengganti baterai Oppo A5s. Gunakan panduan ini secara bijak dan kami tidak bertanggungjawab apabila terjadi masalah pada ponsel Anda. Lakukan itu dengan resiko Anda sendiri. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Cara Membuka Casing Belakang dan Mengganti Baterai Oppo A5s"