Cara Membuka Casing Belakang dan Mengganti Baterai Realme U1

Cara membuka casing belakang Realme U1 ini kurang lebih sama dengan buka casing Realme 2 Pro, agak susah untuk dilakukan oleh pengguna umum karena memerlukan pemanas seperti heatgun atau mesin pemanas khusus.

Sedangkan untuk ganti baterai seperti biasa tidak terlalu susah jika casing belakang sudah dibuka.

Kalau Anda mau coba buka sendiri, siapkan dulu alat-alat berikut ini:
  • SIM card tray ejector
  • Heat gun
  • Suction cup
  • Obeng phillips #00 (obeng plus ukuran 1,5~2,0mm)
  • Opening pick
  • Spudger
  • Pinset
Jika belum punya, tools kit bisa cek di tokopedia.com/elppastore atau bukalapak.com/elppastore. Jika sudah, langsung aja kita bongkar..

Langkah 1: Membuka Casing Belakang Realme U1


Seperti biasa, sebelum bongkar-bongkar, pastikan HP nya dimatikan dulu (turn off) biar tidak konslet.

Setelah itu keluarkan terlebih dahulu SIM card tray dengan menggunakan SIM tray ejector yang disertakan dalam paket penjualan Realme U1..


Selanjutnya kita harus membuka backcover yang menempel pada frame casing belakang dengan menggunakan heat gun untuk memanaskan lemnya supaya meleleh.. panaskan di sekeliling bezel, sekeliling fingerprint sensor dan kamera..


Setelah kira-kira lemnya meleleh, gunakan suction cup untuk mengangkat dan membuat celah pada backcover sehingga kita bisa memasukkan opening tool..


Geser opening tool ke seluruh sudut untuk merobek lem sehingga backcover terlepas dari frame..


Backcover Realme U1 terbuat dari plastik polycarbonate bukan kaca, sehingga kita tidak perlu khawatir pecah, ini cukup flexible bisa dilengkungkan.

Selanjutnya kita harus membuka frame casing belakang yang dikencangkan dengan sekrup/baut. Gunakan obeng plus ukuran 1,5~2,0mm untuk melepaskan 16 buah skrup..

Catatan: Ada sebuah sekrup yang ditempeli stiker realme sebagai segel garansi, membongkar ini berarti membatalkan garansi..


Setelah semua sekrup dilepas, barulah kita bisa mencongkel bagian casing belakang yang masih tersisa dengan menggunakan opening tool..


Geser ke seluruh sudut sehingga terlepaslah mid-frame atau casing belakang Realme U1..


Disini kita sudah bisa melihat jeroan ponsel, dan baterainya pada ponsel ini sudah tidak berlogo "Oppo" lagi tapi sudah menggunakan brand Realme, walaupun ciri khas Oppo nya masih jelas.

Selesai membuka casing belakang Realme U1. Jika ingin mengganti baterai, lanjut ke tutorial berikutnya..

Spesifikasi Baterai Realme U1


Sebelum ganti baterai, kita bahas dulu spesifikasi baterai original bawaan Realme U1. Berikut specs-nya:


  • Jenis: Li-ion Polymer Battery
  • Model: BLP695
  • Limited Charge Voltage: 4.4Vdc
  • Rated Capacity: 3415mAh/13.14Wh
  • Nominal Voltage: 3.85Vdc
  • Typical Capacity: 3500mAh/13.47Wh
Beli baterai Realme original di mana? Untuk saat ini saya sendiri kurang tahu. Kalau ada service center Realme, silahkan coba tanya kesana.

Opsi lain bisa cari di toko sparepart atau di marketplace online seperti Tokopedia atau Bukalapak. Tapi perlu hati-hati karena banyak yang palsu/KW.

Langkah 2: Cara Mengganti Baterai Realme U1


Setelah buka backcase kita tinggal lepaskan konektor baterai dengan cara mencongkel menggunakan spudger atau kuku juga bisa..


Baterai Realme bisa dilepas dengan cara menarik pull-tab atau plastik berwarna hijau yang sudah disediakan. Kelupas dan singkirkan dahulu plastik bening yang menghalanginya, lalu tarik plastik hijau dengan hati-hati..


Silahkan ganti baterai dengan yang baru. Tes fungsi baterai apakah nyala atau tidak. Setelah dipastikan berfungsi dengan baik, silahkan pasang kembali semua part seperti semula.

Demikian cara mengganti baterai Realme U1. Pics source: HU Technology.

0 Response to "Cara Membuka Casing Belakang dan Mengganti Baterai Realme U1"

Posting Komentar