JARANG DICERITAKAN! Perjalanan Umroh Naik Pesawat dari Bandara Jakarta ke Jeddah Arab Saudi

Perjalanan menuju Makkah merupakan salah satu bagian dari ibadah Umroh yang jarang diceritakan orang. Ini adalah kisah pertama kali Elppas naik pesawat, kelas ekonomi pula. Perjalanan jauh dari bandara Soekarno-Hatta Jakarta Indonesia menuju bandara King Abdul Aziz Jeddah Arab Saudi.

Udah pertama kali, jauh lagi. Waktu tempuh perjalanan sekitar 9-10 jam di dalam pesawat mulai dari take-off sampai landing. Dan tidak hanya itu, datang ke bandara pun 5 jam sebelum naik pesawat karena harus ada pendataan, pengumpulan koper dan pembagian identitas serta lain-lainnya oleh panitia penyelenggara umroh.

Kisah ini saya tulis dengan harapan untuk memberi gambaran kepada Anda yang belum pernah naik pesawat dan akan segera melaksanakan ibadah Umroh. Jangan seperti saya, tidak bisa tidur di perjalanan karena kurang persiapan. Jadi, saya mau kasih tips buat Anda.

Naik pesawat tentunya tidak sesederhana seperti naik bis atau kereta api, karena ada banyak proses sebelumnya seperti pemeriksaan tas, koper, visa, passport dan boarding pass.

Tips sebelum naik pesawat jarak jauh:

  • Siapkan stamina
  • Kosongkan perut (jangan kebanyakan makan), buang air besar dulu deh sebelumnya, baik di rumah atau di bandara. Bukan apa-apa, toilet di pesawat sempit dan kering, tidak banyak air, hanya pakai tisu, kecuali Anda sudah terbiasa pakai tisu saja.
  • Bawa bantal leher khusus untuk di kursi pesawat, persediaan agar lebih nyaman kalau mau tidur. Di kelas ekonomi susah tidur karena posisi duduk. Waktu itu saya tidak bisa tidur padahal perjalanan malam hari, hanya 1 jam dari 24 jam.
  • Gunakan pakaian yang cocok untuk perjalanan umroh. Di bandara, pesawat, dan bis biasanya udaranya dingin karena AC.
  • Bawa penutup telinga, karena pada saat landing telinga bisa sakit seperti mau pecah, mungkin karena tekanan udara. Selain itu suara mesin pesawat terdengar berisik jika posisi kita dekat dengan sayap pesawat, terutama di kelas ekonomi.
  • Berdo'a agar dilancarkan diperjalanan.
Jangan khawatir, selama perjalanan 10 jam itu tentunya Anda akan diberikan makanan, ada makanan berat ada juga snack.

Untuk hiburan juga ada TV di setiap kursi, jadi Anda bisa sambil menonton film, pengajian atau mendengarkan audio Qur'an.

Saudia Airlane

Setelah sampai di bandara Jeddah tentu ada proses lagi seperti pemeriksaan visa dan passport.

Lanjut naik bis menuju kota Madinah. Ini tergantung jadwal dari pihak travel ada yang langsung ke Makkah ada juga yang ke Madinah dulu. Perjalanan dari Jeddah ke Madinah memakan waktu sekitar 5-6 jam.

Jadi kalau di totalkan dari rumah di Jakarta sampai ke hotel di Madinah itu memakan waktu perjalanan selama 20-24 jam. Sampai hotel barulah bisa istirahat dulu :)

Baca Juga: Tempat-tempat Untuk Dikunjungi di Sekitar Majid Nabawi Madinah

Perjalanan pulang juga kurang lebih sama. Dengan gambaran tersebut, semoga perjalanan Anda bisa lebih nyaman.

0 Response to "JARANG DICERITAKAN! Perjalanan Umroh Naik Pesawat dari Bandara Jakarta ke Jeddah Arab Saudi"

Posting Komentar