Tempat-tempat Untuk Dikunjungi di Sekitar Masjid Nabawi Madinah

Sebelum atau sesudah umroh atau haji biasanya kita akan mengunjungi Masjid Nabawi di kota Madinah untuk beberapa hari. Di sini biasanya kita memperbanyak ibadah, sholat wajib selalu berjamaah di tambah dengan sholat sunat.

Sholat di masjid Nabawi ini pahalanya 1000 kali lipat dibandingkan dengan sholat di masjid lain (kecuali masjid Al Haram Makkah), jadi perbanyak ibadah terutama sholat wajib.

Selama 3-4 hari selain ibadah sholat di Masjid Nabawi kemana saja? Di Nabawi ada beberapa tempat bersejarah yang perlu dikunjungi. Di artikel ini saya akan membahas tempat-tempat penting di sekitar Masjid Nabawi yang dekat dan dapat ditempuh dengan jalan kaki.

1. Makam Nabi Muhammad, Raudhah, dan Mimbar Masjid Nabawi


Makam Muhammad adalah makam Nabi dan Rasulullah Muhammad SAW, di kompleks Masjid Nabawi, Saudi Arabia. Sebelum diperluas, di situ terdapat makam Nabi Muhammad yang dulu dinamakan Masqurah

Setelah masjid ini diperluas, makam Muhammad masuk di dalam bangunan masjid dengan kubah berwarna hijau.

Jalan menuju ke makam nabi adalah melalui pintu 1 (Gate 1 - As-Salam), khusus laki-laki, cara mudahnya cari saja dari luar/teras shaf plaing depan karena pintu ini sejajar dengan shaf pertama. Atau bisa juga dengan melihat kubah berwarna hijau dari luar.

Untuk perempuan masuknya dari Gate Al Nisa'a yang dibuka untuk perempuan hanya di waktu tertentu saja. Posisi pintunya ini diujung Pintu 3 (Gate Al Rahma), kalau kita masuk di Gate Al Rahma, maka ujungnya keluar di Gate Al Nisa'a.

Ok, saya disini bahas buat laki-laki aja

Pintu 1 (Gate 1 - As-Salam)
Kubah Hijau Masjid Nabawi. Gage 1 As-salam ke sebelah kiri dari foto ini, ujungnya sebelah kanan adalah Gate Al-Baqi
Masuk ke pintu itu harus buka sandal atau alas kaki. Sepanjang jalan dilapisi karpet hijau. Area ini selalu dipenuhi jamaah yang ingin melihat area makam nabi.

Di tengah jalan kita bisa melihat Mimbar masjid Nabawi..

Mimbar Masjid Nabawi - Madinah

Selanjutnya, setelah mimbar atau diantara mimbar dan makam nabi adalah Ar-raudhah. Area inilah yang disebut dalam hadis akan menjadi sebuah taman atau akan ada juga di surga kelak.

Syaikh Abdullah bin Jibrin rahimahullah ketika ditanya mengenai hadits:

ما بين بيتي ومنبري روضة من رياض الجنة

“antara rumahku dan mimbarku adalah taman (raudhah) dari taman-taman surga”

Beliau menjelaskan: “hadits ini diriwayatkan oleh At Tirmidzi dari Ali bin Abi Thalib dan Abu Hurairah dan beliau menilai hadits ini hasan gharib dari Ali. Juga diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Muslim dan selainnya dari jalan lain yang di dalamnya terdapat tambahan:

ومنبري على حوضي

‘dan mimbarku (kelak) akan berada di atas telagaku‘

Makna hadits ini menyatakan bahwa area tersebut (raudhah) memiliki kemuliaan dan keutamaan. Barangsiapa yang shalat di sana seakan-akan ia telah duduk di taman dari taman-taman surga. Sehingga menjadikan shalat yang dilakukan di sana berpahala banyak. Sebagaimana juga shalat di bagian masjid Nabawi yang lain dilipat-gandakan pahalanya 1000 kali dari shalat di masjid lain kecuali masjidil haram”.

Ar Raudhah

Apabila ingin masuk dan sholat di raudhah biasanya masuk dari Pintu 2 (Gate Abu Bakar As Shidiq) dengan antrian yang lumayan panjang dan lama. Kalau dari Pintu 1 (Gate As Salam) biasanya cuma bisa lewat saja.

Selanjutnya, setelah mimbar dan raudhah adalah makam Nabi Muhammad yang tertutup. Didalamnya ada kuburan Nabi Muhammad, Abu Bakar dan Umar bin Khattab..

Makam Rasulullah, Nabi Muhammad

Kuburan Rasulullah SAW merupakan tanah/pasir seperti kuburan muslim pada umumnya atau seperti di pemakaman Baqi.

Setelah itu kita akan keluar dari Gate Baqi dan bisa langsung menuju ke pemakaman Baqi, tinggal lurus saja terus..

2. Pemakamam Baqi


Jannatul-Baqī‘ (Arab: جنة البقيع‎) adalah pemakaman utama yang terletak di Madinah, Arab Saudi, berseberangan dengan Masjid Nabawi.

Di pemakaman ini banyak terdapat keluarga serta sahabat Nabi Muhammad yang dikuburkan, termasuk Aisyah, istri Nabi.

Pemakaman Baqi

Baca Juga: Cuaca Musim Dingin di Madinah dan Makah Arab Saudi.

Itulah tempat-tempat yang dapat Anda kunjungi di sekitar Masjid Nabawi di Madinah. Sebenarnya mungkin ada spot-spot lain yang bisa dikunjungi, hanya saja saya kurang tau.

Selain ini ada beberapa tempat yang di kota Madinah yang "wajib" dikunjungi juga seperti Gunung Uhud, Masjid Kuba, dan Kebun Kurma. Tapi itu cukup jauh dan harus menggunakan bis/kendaraan, dan biasanya ada jadwal khusus pergi bersama rombongan jamaah yang biasa disebut dengan City Tour. Nanti akan saya bahas di artikel khusus.

0 Response to "Tempat-tempat Untuk Dikunjungi di Sekitar Masjid Nabawi Madinah"

Posting Komentar