Pakaian dan Baju Pria Untuk Umroh, Apa Saja yang Perlu Dibawa? Berapa Banyak?

Dulu sebelum umroh, karena pertama kali saya mau umroh sempat bingung juga tentang pakaian dan baju untuk dibawa umroh itu seperti apa? Dan berapa banyak baju yang diperlukan?

Buat Anda yang bingung mau pakai baju apa untuk umroh? Saya mau sedikit cerita berdasarkan pengalaman untuk memberikan gambaran tentang cara berpakaian atau pakai baju apa sih orang-orang di Arab Saudi? Terutama dalam rangka ibadah umroh di Madinah dan Makkah.

Sebenarnya pakaian bebas-bebas saja sih, sesuai selera Anda saja, atau mau ngikut cara berpakaian orang Arab juga boleh. Yang penting pastinya sopan dan cocok untuk ibadah karena aktifitas kebanyakan ibadah.

Pakaian tradisional pria Arab

Untuk memberikan gambaran lebih, saya akan uraikan satu-satu baju dan pakaian apa saja yang wajib atau yang perlu dibawa untuk umroh/haji..

1. Pakaian Ihram


Kalau ini wajib untuk pria/laki-laki, dan pakaian ini biasanya sudah diberikan oleh pihak travel, jika Anda menggunakan jasa travel umroh..

2. Pakaian Seragam


Untuk yang menggunakan travel biasanya dikasih pakaian seragam untuk dipakai pada saat keberangkatan.

3. Pakaian Biasa (Untuk di Perjalanan) + Sweater/Jaket


Baju dan celana yang biasa kita gunakan atau pakaian muslim yang cocok untuk digunakan saat berpergian. Perjalanan pulang dan pergi itu menyita cukup banyak waktu. Di mobil, di Bandara, di pesawat, dalam bis biasanya menggunakan AC yang terkadang terlalu dingin. Jadi pastikan Anda menggunakan pakaian yang cocok, termasuk pakaian hangat (sweater atau jaket).

Sweater/jaket merupakan pakaian yang wajib dibawa juga.

Pakaian hangat anti dingin AC di perjalanan

Selain itu di perjalanan juga terutama dari bandara ke bandara kita harus membawa dokumen (passport, visa, tiket), ponsel, dan dompet.

Secara pribadi saya lebih suka menggunakan pakaian yang cukup banyak sakunya atau pakai tas kecil yang diberi dari pihak travel.

4. Pakaian Pria Untuk Ibadah di Makah dan Madinah


Selama umroh/haji di Makah dan Madinah kegiatan sehari-hari kita tentunya paling banyak adalah ibadah, sering bolak balik ke masjid, jadi tentunya kita berpakaian untuk itu.

Pakaian muslim sih bebas terserah sesuai dengan selera masing-masing. Hanya untuk gambaran saja, pakaian apa yang dipakai orang-orang disana..
  • Orang Arab kebanyakan menggunakan pakaian tradisional Arab, baju jubah putih dan penutup kepala merah-putih seperti pada foto paling atas.
  • Orang Pakistan/India kebanyakan pakai baju khas mereka, baju yang cukup panjang sampai ke sekitar lutut dan celana panjang.
  • Orang Indonesia/Malaysia kebanyakan prianya pakai baju koko dan celana biasa atau celana sirwal, ada juga yang pakai sarung.
  • Orang Rusia, biasanya pakai kostum kasual seperti celana jeans dan baju kaos, polo atau sweater.
Pakaian muslim pria model Pakistan

Baju koko - pakaian muslim pria

Baju koko + sarung

Celana sirwal

Silahkan disesuaikan dengan kenyamanan masing masing saja. Hanya ada sedikit saran dari saya, lebih baik pakai baju warna putih dan lengan panjang agar lebih bersahabat dengan cuaca di Arab Saudi khususnya Makkah dan Madinah. Selain itu di sana memang kebanyakan pakai baju putih, jadi biar tidak terlalu mencolok. Sedangkan warna celana boleh menyesuaikan.

5. Aksesoris


Selain pakai baju dan celana, ada beberapa aksesoris juga yang perlu kita pakai, diantaranya:
  • Penutup Kepala/Kopiah/Topi/Songko. Kopiah sangat bermanfaat selain untuk menyesuaikan dengan pakaian ibadah juga untuk menahan panas terik matahari.
  • Sorban. Ini bermanfaat juga untuk dipakai di kepala sehingga dapat menahan terik matahari, atau dipakai di leher untuk menghangatkan ketika udara dingin.
  • Kacamata. Sangat bermanfaat saat berpergian di siang hari, seperti pada saat city tour ke gunung Uhud atau ke tempat lainnya.
  • Sandal Jepti/Sandal gunung model jepit. Paling sering dipakai dan paling simple untuk dibawa ke masjid, karena di masjid tidak boleh pakai sandal maka sandal jepit paling mudah dimasukkan ke kantong plastik dan tas.
Pakaian anti terik matahari
 

6. Jumlah Pakaian Yang Perlu Dibawa Umroh


Untuk jumlah sebenarnya bebas-bebas aja, sesuaikan saja dengan jumlah hari Anda pergi (termasuk perjalanan). Misal 10 hari, ya maksimal kita bawa 10 setel pakaian atau minimal 7 setel biar gak berat koper karena saya juga terkadang 1 baju dipakai 2 hari.

Baca Juga: Tempat-tempat Untuk Dikunjungi di Sekitar Masjid Nabawi Madinah.

Ok, untuk sementara, kira-kira itu saja mengenai pakaian yang kira-kira perlu dibawa saat umroh. Kalau ada yang kurang, silahkan ditambahkan di komentar.

0 Response to "Pakaian dan Baju Pria Untuk Umroh, Apa Saja yang Perlu Dibawa? Berapa Banyak?"

Posting Komentar