Iklan Header

Teknologi Charger Smartphone Tercepat di Tahun 2024 dari Brand Terkemuka

Rasanya perlombaan untuk membuat ponsel pengisian yang semakin cepat masih memiliki jalan panjang sebelum mereda, terutama jika melibatkan perusahaan seperti Realme, Oppo, Xiaomi, dan OnePlus. Jadi seberapa jauh kita telah melangkah dalam menghadirkan daya murni ke perangkat mobile favorit kita, ke ponsel kita?

Nah, untuk mengatakannya secara jujur, kita telah melangkah jauh. Saat ini ada ponsel dengan baterai 4.600mAh yang dapat diisi ulang dari 0-100% dalam waktu kurang dari 10 menit. Tentu saja, ada banyak faktor lain yang menyusun ponsel yang baik, sehingga tidak banyak yang akan membeli satu hanya untuk kecepatan pengisian yang gila, tetapi berita baiknya adalah bahwa bahkan ponsel dengan pengisian yang "lebih lambat" sudah cukup cepat untuk pasar saat ini.

Dengan semua ini diingat, kami telah menyusun daftar ponsel dengan kecepatan pengisian tercepat untuk melihat yang mana yang berada di puncak. Di bawah ini, Anda akan menemukan pemegang gelar "ponsel pengisian tercepat saat ini," serta ponsel pengisian tercepat dari setiap merek populer saat ini. Kami juga menambahkan beberapa penjelas tentang teknologi pengisian yang berbeda yang digunakan oleh para produsen.

Ingatlah bahwa ketika kami mengatakan 'ponsel pengisian tercepat' kami merujuk pada yang memiliki daya pengisian paling kuat. Dengan kata lain, kami melihat pada daya maksimum di mana ponsel-ponsel ini dapat diisi ulang dan bukan pada waktu yang dibutuhkan untuk mengisi ulangnya. Meskipun kedua statistik ini berkorelasi satu sama lain, mereka dapat dipengaruhi oleh kapasitas baterai, jadi jika sebuah ponsel mendukung kecepatan pengisian yang cukup lambat tetapi dilengkapi dengan baterai kecil, ia masih dapat diisi dengan cukup cepat. 

Ponsel pengisian tercepat di dunia yang mana?

Saat ini, ponsel pengisian tercepat yang paling baru dirilis adalah Realme GT3. Ponsel ini memiliki kecepatan pengisian maksimum 240W yang cukup untuk mengisi baterai 4.600mAh-nya dalam waktu 9 menit dan 30 detik. Sebelumnya, ada Redmi Note 12 Explorer, yang mampu melakukan pengisian 210W. Ponsel lain yang hampir sebanding adalah iQOO 10 Pro yang memiliki kecepatan pengisian teratas 200W, yang diklaim cukup untuk mengisi ponsel dari 0-100% dalam sekitar 10 menit.

Secara teknis, merek sub Xiaomi yaitu Redmi memperlihatkan pengisian berkabel 300W pertama pada Redmi 12 Note Pro+. Namun, itu mungkin versi yang dimodifikasi dari ponsel tersebut, karena versi ritelnya hanya mencapai 120W. Redmi belum menyatakan kapan dan apakah pengisian 300W ini akan mencapai pasar konsumen.

Merk Charger
PonselKecepatan Pengisian Maksimal yang Didukung
Teknologi Fast Charging
AppleiPhone 15 series, iPhone 14 series25WUSB-PD

iPhone 13 Mini, 13, 13 Pro, 13 Pro Max27WUSB-PD
SamsungGalaxy S24 series, Galaxy S23 Ultra, S23 Plus, S22 Ultra, S22+, Galaxy S20 Ultra, Note 10+45WUSB-PD
GooglePixel 8 and Pixel 8 Pro27WUSB-PD
OnePlusOnePlus 10T150WSUPERVOOC Endurance Edition
SonySony Xperia 1 IV30WUSB-PD
InfinixInfinix Zero Ultra180WThunderCharge
HuaweiHuawei Mate XS**55WSuperCharge
XiaomiRedmi Note 12 Explorer210WNavitas GaNFast
OppoOppo Reno 10 Pro+
100WSuper VOOC 2.0
RealmeRealme GT 3240W
VivoiQOO 10 Pro200W

Penjelasan Pengisian Cepat pada iPhone

Mulai dari iPhone 8 pada akhir 2017, Apple telah mengadopsi standar USB Power Delivery dan semua iPhone baru yang dirilis sejak saat itu, termasuk keluarga iPhone 12 yang baru-baru ini, mendukung teknologi pengisian cepat ini.

Namun, mulai dari seri iPhone 12, Apple tidak lagi menyertakan charger dalam kotak dan Anda perlu membelinya secara terpisah. Apple menjual 20W USB-C Power Adapter resmi seharga sekitar Rp.299.000, dan Anda juga akan membutuhkan kabel USB-C ke Lightning jika Anda belum memilikinya.

Apakah Anda bisa menggunakan adaptor daya pihak ketiga yang bukan buatan Apple dan masih mendapatkan kecepatan pengisian cepat 20W tersebut? Jawabannya sebagian besar ya, tetapi pastikan bahwa adaptor yang Anda beli mendukung standar USB Power Delivery (USB-PD). Sebagai contoh, charger telepon Samsung standar juga mendukung standar USB-PD yang sama dan juga akan memberikan pengisian cepat kepada iPhone dengan aman. Anda juga memiliki banyak opsi pihak ketiga dengan nama-nama seperti Anker menjadi salah satu merek yang paling dapat diandalkan.

Penjelasan Pengisian Cepat pada Samsung Galaxy

Samsung telah mendukung standar pengisian cepat yang berbeda di masa lalu, tetapi akhirnya mengadopsi standar USB Power Delivery yang luas dengan seri Galaxy S20 dan seri Note 10.

Menariknya, ponsel Samsung terbaru (termasuk S21 Ultra) tidak mendukung kecepatan pengisian cepat 45W yang diperkenalkan Samsung dengan Note 10, dan sebaliknya mencapai maksimum 25W. Samsung tidak akan secara resmi mengkonfirmasi alasan di balik hal tersebut, tetapi pemeliharaan baterai jangka panjang mungkin menjadi salah satu alasan yang mungkin.

Ponsel Samsung sebelumnya seperti Samsung Galaxy S10 Plus, S10, dan S10e hanya mendukung standar Qualcomm QuickCharge 2.0 dan mencapai kecepatan pengisian maksimum 15W.

Penjelasan Pengisian Cepat pada Google Pixel

Google telah menjadi salah satu perusahaan yang paling awal mengadopsi pengisian cepat melalui standar USB Power Delivery dan sejak awal 2016 ketika Google Pixel asli diluncurkan, sudah dilengkapi dengan charger cepat 18W dalam kotak. Ini juga salah satu ponsel pertama yang menggunakan standar USB-C di kedua ujung kabel untuk pengisian.

Apakah Anda bisa menggunakan adaptor daya 25W atau 45W untuk mengisi daya ponsel Google Pixel lebih cepat? Jawabannya tidak, ponsel dikonfigurasi untuk menerima pengisian maksimum 18W sehingga Anda tidak akan melihat manfaat apa pun dari menghubungkannya ke charger yang lebih kuat.

Penjelasan Pengisian Cepat pada OnePlus

Ponsel OnePlus menggunakan standar pengisian yang berbeda yang menggunakan arus tinggi (lebih banyak Ampere) daripada tekanan listrik tinggi (Volt) untuk memberikan pengisian lebih cepat.

Artinya dua hal: pertama, ini adalah solusi propietari yang berarti Anda perlu menggunakan charger OnePlus dengan kabel OnePlus untuk memanfaatkan kecepatan pengisian tercepat (untungnya, keduanya disediakan secara gratis dalam kotak), dan kedua, ini berarti charger lain seperti charger USB Power Delivery tidak akan dapat memberikan output maksimumnya pada ponsel OnePlus.

Namun, dalam kenyataannya, kami telah menemukan bahwa charger propietari OnePlus bekerja sangat baik dan satu keunggulannya dibandingkan dengan teknologi lain adalah bahwa ia mampu mempertahankan tingkat pengisian cepat bahkan saat Anda menggunakan ponsel Anda. Di ponsel lain, sebaliknya, tingkat pengisian turun secara signifikan jika Anda menggunakan ponsel Anda saat pengisian.

Penjelasan Pengisian Cepat pada Huawei

Huawei juga menggunakan solusi pengisian cepat propietari yang dikenal sebagai Huawei SuperCharge.

Mulai dari Mate 20 Pro pada akhir 2018, Huawei mengemas flagship-nya dengan charger 40W yang mampu mengisi daya ponsel dengan sangat cepat. Sebelum itu, Huawei P20 Pro menggunakan charger cepat 22,5W. Dan ponsel terbaru seperti Huawei Mate XS lipat sekarang dilengkapi dengan charger 65W dalam kotak (kecepatan pengisian maksimum ponsel itu terbatas pada 55W, meskipun).

Apakah Anda bisa menggunakan adaptor daya pihak ketiga dengan ponsel Huawei? Jawabannya ya, tetapi jangan berharap mendapatkan kecepatan pengisian cepat yang sama.

Penjelasan Pengisian Cepat pada Oppo dan Realme

Perusahaan Tiongkok Oppo tidak populer di pasar Barat, tetapi anak perusahaannya yang berbiaya rendah, Realme, mulai berkembang pesat di banyak tempat di seluruh dunia, dan salah satu fitur penjualan utamanya adalah tingkat pengisian yang sangat cepat.

Sebenarnya, Oppo Ace Reno adalah ponsel yang tersedia secara komersial pertama yang mendukung kecepatan pengisian 65W. Ponsel ini bisa mendapatkan pengisian 70% dalam hanya 15 menit, dan terisi penuh dalam sekitar setengah jam. Sungguh mengesankan. Tetapi teknologi apa yang digunakannya?

Teknologinya mirip dengan yang digunakan dalam ponsel OnePlus (yang merupakan bagian dari grup perusahaan Oppo). Ini disebut Super VOOC 2.0 dan menggunakan pompa daya pada tingkat 10V dan 6,5A, dan juga menggunakan teknologi GaN untuk mencapai itu dalam paket yang relatif kompak.

Namun, charger ini hanya akan berfungsi dengan beberapa ponsel yang sangat spesifik dan akan mengisi ponsel lain pada tingkat hanya 10 watt.

Adapun ponsel Realme, Realme X50 Pro 5G mendukung pengisian 65W melalui teknologi yang sama dan ponsel juga akan terisi dengan kecepatan 18W dengan charger QC/PD dan 30W dengan adaptor daya Flash Charge perusahaan.

Penjelasan Pengisian Cepat pada Xiaomi dan Redmi

Xiaomi Mi 10 Ultra telah menaikkan standar industri dan dilengkapi dengan charger 120W dalam kotak.

Charger yang disediakan dalam kotak juga mendukung standar QC4.0+ dan Power Delivery 3.0, jadi secara teknis kompatibel dengan banyak ponsel lain juga.

Posting Komentar untuk "Teknologi Charger Smartphone Tercepat di Tahun 2024 dari Brand Terkemuka"