Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Apa itu GaN dan Mengapa Charger Ini Lebih Baik?

GaN atau Gallium Nitrida, adalah bahan yang mulai digunakan untuk semikonduktor dalam charger (pengisi daya). Sebenarnya bahan ini digunakan untuk membuat LED mulai tahun 1990-an, dan itu juga merupakan bahan populer untuk susunan sel surya di satelit.

Hal utama tentang GaN dalam hal pengisi daya adalah menghasilkan lebih sedikit panas. Lebih sedikit panas berarti komponen dapat lebih berdekatan, sehingga pengisi daya bisa lebih kecil dari sebelumnya—sambil mempertahankan semua kemampuan daya dan standar keamanan.

Itulah sebabnya charger GaN berukuran lebih kecil dari charger biasa.

Apa yang sebenarnya dilakukan pengisi daya?

Sebelum kita melihat GaN di bagian dalam pengisi daya, mari kita lihat apa yang dilakukan pengisi daya. Setiap smartphone, tablet, dan laptop kita memiliki baterai. Saat baterai mentransfer daya ke perangkat kita, yang terjadi sebenarnya adalah reaksi kimia. 

Pengisi daya mengambil arus listrik untuk membalikkan reaksi kimia itu. Dulu, pengisi daya hanya mengirim arus daya ke baterai terus-menerus, yang dapat menyebabkan pengisian daya yang berlebihan dan kerusakan. Pengisi daya modern mencakup sistem pemantauan yang menurunkan arus saat baterai terisi, yang meminimalkan kemungkinan pengisian daya yang berlebihan.

Di sinilah GaN masuk

Transistor pada dasarnya adalah sakelar. Chip adalah komponen yang memiliki ratusan bahkan ribuan transistor dalam ruang yang sangat kecil. Apa yang terjadi ketika GaN digunakan sebagai pengganti silikon, adalah bahwa semuanya bisa lebih dekat satu sama lain. Itu berarti lebih banyak kekuatan pemrosesan dapat dikemas ke dalam ruang yang lebih kecil. Pengisi daya kecil dapat melakukan lebih banyak pekerjaan daripada yang lebih besar, dan dapat melakukannya lebih cepat. 

Mengapa GaN adalah masa depan pengisian daya?

Sebagian besar dari kita memiliki beberapa perangkat elektronik yang perlu di-cas. Dengan pengisi daya yang menggunakan teknologi GaN, kami mendapatkan lebih banyak keuntungan—baik sekarang maupun di masa depan.

Karena desain keseluruhan lebih kecil, sebagian besar pengisi daya GaN memasukan USB-C Power Delivery. Ini menawarkan pengisian cepat untuk perangkat yang kompatibel. Kebanyakan smartphone saat ini memungkinkan pengisian cepat dari beberapa jenis dan bahkan lebih banyak perangkat akan memiliki opsi ini di masa mendatang.

Daya paling efisien

Menjadi ringan dan kecil membuat pengisi daya GaN cocok untuk bepergian. Hanya satu pengisi daya yang dibutuhkan kebanyakan orang saat memiliki daya yang cukup untuk segala hal mulai dari ponsel hingga tablet dan bahkan laptop.

Panas adalah faktor utama dalam menentukan umur perangkat elektronik tetap bekerja, termasuk charger. Efisiensi GaN dalam mentransfer daya menjaga panas tetap minimum, sehingga pengisi daya GaN modern akan tetap bekerja lebih lama daripada pengisi daya non-GaN yang dibuat bahkan satu atau dua tahun sebelumnya.

Posting Komentar untuk "Apa itu GaN dan Mengapa Charger Ini Lebih Baik?"