Iklan Header

Perbaikan HP Oppo F9/F11 No Display (LCD Blank) Mesin Nyala, Tidak Ganti LCD

Hari ini saya akan membahas tentang servis HP Oppo F9. Hal ini berlaku juga untuk seri F lain seperti F11, F15, seri A9, dan Realme 2/Pro/U1 juga kurang lebih sama karena skemanya mirip-mirip.

Kronologi Kerusakan

Ada seorang pelanggan yang datang sambil curhat bahwa HP-nya baru saja dibeli dan tiba-tiba mati. Tidak jatuh, tidak kena air, tiba-tiba layar mati.

Analisa Kerusakan

Seperti biasa, saya mencoba memeriksa dengan Smart USB dan ternyata saat saya mencoba mengisi daya, terjadi konsumsi arus yang normal. Namun, ketika dinyalakan, layar tidak menampilkan gambar sama sekali. 

Dari sini, kita dapat mengidentifikasi bahwa jalur cas aman, CPU aman, hanya masalahnya adalah No Display. Sehingga diduga kuat penyebabnya pada LCD atau jalur lampu/display.

Kita langsung membuka HP Oppo F9-nya dan memeriksa bagian mesin. Saat dibuka, ternyata kondisi masih seperti baru, namun ada beberapa cap bulat tulisan China yang biasanya menandakan bahwa HP ini refurbish atau rekondisi.

Kembali ke masalah utama, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencoba dengan mengganti LCD terlebih dahulu sebelum memperbaiki bagian mesin lainnya, karena bagian mesin masih terlihat rapi tanpa ada bekas garapan atau perbaikan sebelumnya. Oleh karena itu, saya akan mencoba memasangkan LCD baru untuk memastikan apakah masalahnya terletak pada LCD atau mesin.

Cek LCD

Setelah LCD baru dipasang dan dites, ternyata masih sama blank dan tidak muncul gambar, meskipun terlihat ada konsumsi arus yang bekerja pada Smart USB. Hal ini menunjukkan bahwa masalah bukan pada modul LCD, melainkan pada bagian mesin. 

Jika tidak punya LCD lain untuk tes, kalian bisa coba gunakan senter, tinggal arahkan senter ke LCD lalu coba cas atau nyalakan HP apakah ada bayang-bayang gambar yang muncul? Jika ada, maka fix ada masalah di jalur lampu LCD, karena kalau LCD tanpa lampu itu akan gelap. 

Disinilah kadang ada orang yang menyangka rusak LCD, pas sudah beli LCD dan pasang LCD ternyata tetap tidak mau nyala karena masalahnya bukan di modul LCD nya, tetapi ada kerusakan pada mesin yang mengakibatkan LCD tidak menyala.

Cek Mesin/Mainboard

Baik, kita akan mengarah ke bagian mesin untuk mencari tahu penyebab no display pada HP Oppo F9 tersebut. Kita bisa melakukan pengecekan lebih lanjut untuk mencari tahu apa yang menjadi penyebabnya.

Mari kita langsung membukanya dan saya akan fokus pada area lampu. Bagi teman-teman yang masih bingung di mana area lampu berada jika tidak melihat skema atau tidak memiliki skema, langsung saja tanyakan kepada Mbah Google. 

Ketik saja di Google, sebagai contoh Oppo F9 display, karena lampu berhubungan dengan tampilan pada display. Kemudian akan muncul gambar-gambar yang menyertakan jalur area lampu. Jadi, untuk yang belum tahu mengenai skema, semuanya menjadi lebih mudah di era digital yang serba mudah ini. Tinggal ketik masalahnya, maka akan ditampilkan di sana. Saya menyertakan gambar yang muncul setelah saya mencarinya di Mbah Google. Setelah gambar skema muncul, kita tinggal memeriksa jalur-jalurnya yang mana yang putus. 

Kalau punya skematik seperti Estech Schematic ini enak ya tinggal buka aja bagian LCD light..

Terlihat pada skema, jalur lampu LCD tertutup kaleng, kita harus membuka penutup kalengnya terlebih dahulu.

Selanjutnya, kita akan membandingkan dengan skema dan memeriksa dan mengukur jalurnya apakah ada yang putus atau tidak. Seringkali, yang saya temukan adalah koil yang putus di area lampu. Koil adalah lilitan yang berfungsi untuk meneruskan jalur. 

Setelah di cek ternyata benar ada koil yang dekat IC lampu terputus. Jika koil putus, maka jalurnya tidak bisa diteruskan dan tegangan lampunya tidak terlalui sehingga tidak menyala. Jadi fix kita harus ganti koil yang bermasalah.

Eksekusi Masalah

Kita bisa mengganti koil dari bangkaian atau kanibal dari koil HP lain seperti Nokia, Samsung atau merek lainnya asalkan bentuk dan ukurannya mirip dengan yang rusak. 

Untuk angkat koil kita tambahkan flux dulu lalu tembak dengan heat gun dan angkat dengan pinset.

Jadi mengapa coil sering putus? Mungkin ada yang bertanya seperti itu. Biasanya efeknya dari kejutan tegangan yang besar sehingga coil tidak mampu menanggungnya, karena saking besarnya tegangan lampu. 

Solusinya adalah dengan mengganti coil. Disarankan untuk langsung mengganti saja dan jangan di jumper karena tegangannya besar. Tegangan lampu bahkan bisa mencapai 20 volt dan bahkan ada yang sampai 29 volt, jika tidak salah di beberapa HP tertentu. Ini berbeda dengan tegangan baterai, di mana kita bisa jumper karena tegangan kecil antara 3,7 sampai 4,2 volt.

Ok kita pasang koil pengganti dengan meletakkan diposisi yang benar, tambah flux jika diperlukan, dan tembak dengan heat gun. Sudah saya pasang kembali dan sudah pasti akan menyala jika kasusnya memang koilnya putus.

Oke kita coba rakit kembali, dan kita tes nyalakan..

Alhamdulillah langsung nyala ya, tidak perlu ganti LCD karena memang bukan LCD tapi masalah di jalur supply lampu LCD.

Ok semoga bermanfaat ya! Sumber foto: Tekso, Estech Schematics.

Posting Komentar untuk "Perbaikan HP Oppo F9/F11 No Display (LCD Blank) Mesin Nyala, Tidak Ganti LCD"