Iklan Header

Cara Bongkar dan Ganti LCD Samsung Galaxy A04e

Kali ini Elppas akan membahas mengenai servisan masuk untuk Samsung Galaxy. Pemiliknya adalah seorang ibu-ibu yang datang bersama anaknya yang digendong. Dia terburu-buru meminta agar HP-nya segera diservis dan diambil kembali dengan cepat karena takut suaminya mengetahuinya. 

Apakah ini bisa dilakukan? Kita perlu mencari tahu terlebih dahulu. HP tersebut baru saja dibeli dalam beberapa bulan yang lalu, ya ini HP keluaran akhir 2022, Samsung Galaxy A04E dengan RAM 3 dan memori internal 32 GB. 

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa pengisian baterainya. Saat ditanya, ibu-ibu tersebut mengatakan bahwa HP tersebut jatuh. Kita perlu melakukan analisis lebih lanjut.

Saat melakukan analisis menggunakan Smart USB, terlihat bahwa aliran listrik hanya mencapai 0,5 ampere. Namun, karena kondisi LCD mati, gambar tidak terlihat dengan jelas. Normalnya, aliran listrik harus mencapai minimal 0,9 ampere atau lebih, dan hanya terjebak di 0,5 ampere, yang berarti ada masalah yang harus ditemukan. 

Kita harus membongkar HP-nya untuk mengetahui masalah yang terjadi. Ini adalah pertama kalinya saya membongkar Samsung A04e, jadi saya harus membuka bagian belakangnya terlebih dahulu.

Sebelum dibongkar, pastikan SIM Tray kita lepaskan terlebih dahulu. Lalu kita congkel pakai kuku saja atau pake opening pick mulai dari dekat lubang SIM Tray tadi, geser ke sekelilingnya.

Setelah dibuka casing belakang, lalu kita buka juga penutup mainboard dengan melepaskan beberapa sekrup dengan menggunakan obeng plus 1,5mm.

Setelah dibuka mesinnya masih dalam kondisi mulus dan tidak ada tanda-tanda korosi. Kita lepaskan konektor baterai untuk keamanan.  Lalu kita periksa baterainya. Dan saat tegangan diperiksa, nilainya cukup bagus, yaitu 3,9 volt, yang berarti baterai hampir penuh dan masih memiliki kapasitas yang cukup banyak. 

Namun, ketika dicoba cas menggunakan Smart USB, ternyata nilainya hanya mencapai 0,5 ampere dan terkadang turun hingga 0,3 ampere. Jika biasanya ketika LCD rusak, konsumsi arusnya akan melebihi 1 ampere dan tidak muncul gambar. Namun, pada kasus ini, konsumsi arusnya hanya mencapai 0,5 ampere.

Eh tapi ternyata saya baru ingat bahwa HP Samsung Galaxy A04e ini memang ngecasnya lambat ya, charger bawaanya memang cuma 7,75W jadi konsumsi arus segitu terbilang wajar jika kondisi baterai cukup penuh.

Ok, jadi masalahnya cuma perlu ganti LCD saja.

Sebelum membongkar LCD yang pecah, kita perlu mencoba menggunakan LCD yang baru untuk memastikan apakah LCD baru berfungsi normal atau tidak?

Baiklah, mari kita periksa apakah ini adalah masalah LCD. Saya melihat bahwa fleksibel dua sisi ini terhubung ke LCD. Untuk memastikan, mari kita cari LCD-nya terlebih dahulu. Setelah beberapa waktu mencari, akhirnya saya menemukannya! Ini adalah jenis LCD untuk Samsung a04e, sama dengan a042, dan ini adalah barang asli dengan kualitas yang baik.

Menariknya, mesin Samsung a04 tidak memiliki fleksibel yang langsung menghubungkan mesin bagian atas dan bawah. Proses pengisian daya dilakukan melalui flexible yang terhubung ke LCD terlebih dahulu, seperti fleksibel pengisian daya. Namun, konsep ini mungkin kurang layak untuk digunakan pada ponsel karena pengisian daya melalui LCD terlebih dahulu. Biasanya, pengisian daya langsung terhubung ke mesin atas, namun pada kasus ini, pengisian daya terlebih dahulu melalui LCD.

Mari kita langsung mencobanya dengan LCD baru. 

Ok, LCD baru berfungsi dengan normal, alhamdulillah, fungsi touchscreen normal. Dan alhamdulillah ini adalah rezeki, jadi langsung saja dipasang karena pemilik ingin segera mengambilnya karena khawatir suaminya.

Untuk membuka LCD, kita lepas mesin dulu supaya aman. Lalu seperti biasa kita harus panaskan bagian pinggir-pinggir LCD untuk melelehkan lem. Karena LCD Galaxy A04e ini di lem ke frame atau tulang HP nya ya. Jadi wajib kita menggunakan heat gun dibantu dengan plastik tipis untuk membuka LCD.


Setelah LCD dilepas tinggal kita, kita bersihkan bekas lemnya. Lalu ganti lem dengan yang baru..

Lalu pasangkan LCD dan mesin seperti semula. Jangan lupa dikaretin dulu sampai lemnya kering.

Alhamdulillah, teman-teman, selesai sudah. Dan pemilik sudah ada di depan dan siap mengambilnya. Pemiliknya terburu-buru karena ingin pulang. Khawatir nanti suaminya tahu kalau HP ini pecah. Baiklah, teman-teman. Semua sudah diperiksa. Mantap! Sumber: Tekso.

Posting Komentar untuk "Cara Bongkar dan Ganti LCD Samsung Galaxy A04e"