Iklan Header

Cara Membuka Casing Belakang dan Mengganti Baterai Samsung Galaxy A32 A53 A72

Membuka casing belakang (backcover) Samsung Galaxy A32 ini hampir sama dengan cara membuka Galaxy A72. Dan juga untuk seri A lainnya seperti A53 dan A33.

Sebelum bongkar, Anda memerlukan beberapa peralatan, tools kit dan obeng berikut ini:

  • SIM card tray ejector
  • Heat gun
  • Opening pick seperti pick gitar atau plastik tipis
  • Suction cup
  • Obeng phillips #00 atau plus ukuran 1,5mm
  • Spudger

Jika belum punya, Obeng dan tools kit bisa di beli di tokopedia.com/elppastore atau shopee.co.id/elppastore.

Rekomendasi baterai:

Kalau sudah siap, langsung aja kita bongkar..

Langkah 1: Membuka Casing Belakang & Mid-Frame Samsung Galaxy A32


Seperti biasa sebelum bongkar-bongkar, pastikan HP nya dalam keadaan mati (power off) dan juga keluarkan terlebih dahulu SIM card tray dengan eject tool yang diberikan dalam paket penjualan..


Casing belakang Galaxy A32, A53, A72 ini tidak bisa langsung dicongkel karena desain backcover-nya menggunakan lem, jadi harus dicopot dulu penutup belakangnya yang merekat dengan lem pada frame backcover. Karena menggunakan lem, maka kita harus memanaskannya terlebih dahulu agar lem meleleh dan mudah membukanya.

Panaskan cover belakang dengan menggunakan heat gun di bagian sisi-sisinya untuk melelehkan lem.. Panaskan setiap sisinya pada suhu 70-80 derajat Celcius sekitar 1 menit untuk melelehkan lem..


Lalu gunakan suction cup (ceplokan) untuk mengangkat backcover.. Setelah ada celah, Anda bisa memasukkan opening pick atau plastik tipis seperti kartu nama, masukkan dan geser-geser ke seluruh bagian untuk merobek lemnya hingga backcover bisa dilepaskan..


Setelah backcover bisa dibuka, kita bisa melihat baterainya, tapi belum bisa dilepas karena konektor baterai dilindungi mid-frame..


Lalu, untuk membuka keseluruhan casing belakang, kita harus melepaskan terlebih dahulu 16 buah skrup yang terlihat dengan menggunakan obeng plus ukurang 1,5mm.. 1 sekrup yang diantara kamera tidak perlu dibuka.

Setelah semua sekrup terlepas, barulah kita bisa mencongkel bezel atau pinggiran casing belakang dengan menggunakan opening pick atau spudger..


Seperti biasa, geser ke seluruh sudut untuk melepaskan semua pengait mid-frame dari body utamanya sehingga mid-frame ini bisa dibuka..


Sampai sini kita telah membuka backcover dan mid-frame Samsung Galaxy A32.

Jika baterai sudah mulai boros, cepat habis, drop atau ada masalah baterai lainnya, mungkin sudah saatnya mengganti baterai. Silahkan ikuti tutorial selanjutnya..

Spesifikasi Baterai Original Samsung Galaxy A32


Sebelum bongkar untuk ganti baterai, kita lihat dulu spesifikasi baterai original bawaan Samsung A32 ini. Pastikan jika ingin mengganti baterai, Anda jangan sampai salah beli baterainya.

Berikut spesifikasi baterai ori Samsung Galaxy A32:


  • Type: Li-ion Battery
  • Model: EB-BA315ABY
  • Limited Charge Voltage: 4.40Vdc
  • Rated Capacity: 4860mAh/18.76Wh
  • Typical Capacity: 5000mAh/19.30Wh
  • Nominal Voltage: 3.85Vdc
Dimana membeli baterai Samsung Galaxy A32 yang original? Biasanya Samsung jual baterai originalnya di SSC (Samsung Service Center) dengan harga kisaran sekitar Rp. 300.000,- (amannya bawa 400.000) dan sudah termasuk pasang, biasanya tidak bisa beli baterainya saja.

Selain itu, mungkin banyak yang jual di marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dll., tapi perlu di ingat bahwa baterai yang dijual di marketplace atau toko spareparti umum biasanya baterai tiruan, OEM atau KW, jadi perlu hati-hati karena barang KW suka ada grade-grade nya. Pastikan Anda membeli yang kualitasnya bagus supaya tidak boros atau cepat habis karena kapasitas tidak sesuai.

Saran saya sih kalau tidak beli asli mending OEM pihak ke-3 yang bermerk seperti Hippo, Vizz, Rikkipanda, Viking, dll yang bergaransi.

Lanjut, kita ke tutorial mengganti baterai..

Langkah 2: Mengganti Baterai Samsung Galaxy A32


Melanjutkan Langkah 1, casing belakang telah terbuka dan kita bisa lihat langsung baterainya.

Lepaskan konektor baterai, sub-board, dan display dengan menggunakan spudger atau kuku..


Setelah itu, maka baterai siap untuk dilepaskan. Tapi baterai Samsung ini merekat dengan lem yang sayangnya tidak memiliki pull-tab seperti baterai pada brand iPhone, Xiaomi, atau Oppo. Inilah yang agak menyulitkan. Kita harus merobek lemnya dengan menggunakan kartu plastik lagi..

Hati-hati! Jangan menggunakan pinset atau benda tajam karena bisa melubangi baterai dan bisa mengakibatkan terbakar/meledak.

Cara paling mudah bisa menggunakan cairan alkohol atau semprot Rexco 18, teteskan beberapa mili ke sisi baterai hingga meresap ke bawah dan membasahi lem sehingga lemnya lumer, maka baterai bisa dilepas dengan mudah ketika dicongkel dengan plastik tipis..

Setelah baterai terbuka, silahkan ganti dengan baterai baru

Jika punya multimeter, cek dulu voltase baterai untuk kemanan, dan jangan lupa tes nyala terlebih dahulu untuk memastikan baterai penggantinya berfungsi normal. Setelah itu, silahkan pasang kembali semuanya seperti semula.

Demikian tutorial cara membuka casing belakang dan mengganti baterai Samsung Galaxy A50. Gunakan panduan ini secara bijak dan kami tidak bertanggungjawab apabila terjadi masalah pada ponsel Anda. Lakukan itu dengan resiko Anda sendiri. Semoga bermanfaat! 

Pics source(s): ESC Baig.

Posting Komentar untuk "Cara Membuka Casing Belakang dan Mengganti Baterai Samsung Galaxy A32 A53 A72"