Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

MAKSA Ganti Cell Baterai Sharp Aquos Zero 2 Pake Batre Xiaomi

Separepart smartphone Sharp itu memang langka, cari baterai pengganti saja susah, apalagi sparepart lain seperti LCD.

Baterai Aquso Zero 2 saya sudah boros, sisa tinggal 2350 mAh dari kapasitas aslinya 3130mAh. 

Salah satu cara mengganti baterainya adalah dengan mengganti cell baterainya saja atau sering disebut juga refill baterai, yaitu memindahkan modul konektor baterai aslinya ke tubuh baterai lain yang ukurannya sama.

Untuk baterai alternatifnya bisa dibaca lagi artikel Alternatif Baterai Sharp Aquos Zero 2, dan untuk cara membongkarnya bisa dibaca di artikel atau tonotn videonya di Cara Membuka Casing dan Mengganti Baterai Sharp Aquos Zero 2.

Dari beberapa alternatif baterai seukuran, saya memilih baterai Xiaomi Mi6 model BM39 dengan kapasitas 3350mAh. Saya beli merk Vizz karena sekalian mau coba aja merk ini, walaupun kapasitas di Vizz ini 100mAh lebih rendah, dengan harapan ukuran lebih kecil.

Hasilnya ternyata ukurannya mepet banget, agak dipaksa sedikit untuk masuk, tanpa plastik pelindung baterai bawaan.

Untuk memindahkan modul konektor, saya nekat pindahkan sendiri dengan modal alat servis HP seadanya (solder, timah, flux, gunting) dan kabel bekas untuk jumper.

Untuk melepas modul konektor baterai masing-masing enaknya digunting saja, karena saya coba pake solder dan heatgun gak lepas-lepas, maklum pemula hahaha..

Setelah itu, tinggal ditukar dan dipasang dengan cara menyolder. Hal-hal yang perlu diperhatikan.

  • Jangan salah pasang positif dan negatifnya.
  • Posisi pasang harus pas, ngikutin posisi baterai bawaan supaya mudah dipasang karena konektor baterai Sharp Aquos Zero 2 pendek.
  • Solder dengan rapi, punya saya agak kurang rapi sih maklum pemula.
  • Setelah selesai lindungi kembali komponen modul konektor.

*Kalau tidak mau ambil resiko, sebaiknya bayar jasa tukang servis/ke konter servis HP saja.

Pasang kembali baterai yang sudah di-refill lalu coba nyalakan..

Pada saat ini saya sempat kaget karena ponsel tidak mau nyala.. Ternyata harus dicolok cas dulu biar ngangkat dan bisa nyala kembali.

Selesai. Hasilnya lumayan lah agak lebih baik dari baterai bawaan yang sudah boros. Kapasitas baterai Vizz saya tes pakai AccuBattery ternyata dikisaran 2.920 mAh, cuma beda +600 mAh dari baterai bawaan. 

Untuk lebih detail silahkan simak videonya..

Selain baterai Xiaomi Mi6, yang sudah sukses menjadi pengganti baterai Aquos Zero2 juga ada baterai Samsung Galaxy A01 3000mAh, ukuran mirip-mirip dan katanya ngepas juga. Ambil merk Rakkipanda saja sepertinya lebih baik dari Vizz soal kapasitas, karena saya juga sudah pernah review baterai Rakkipanda dan sangat memuaskan.

Posting Komentar untuk "MAKSA Ganti Cell Baterai Sharp Aquos Zero 2 Pake Batre Xiaomi"