Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Membuka Casing Belakang dan Mengganti Baterai SHARP AQUOS ZERO 2

Di artikel sebelumnya Elppas.com sudah bahas beberapa kelebihan dan kekurangan HP Sharp Aquos Zero 2. Salah satu kekurangan yang saya sebutkan adalah kapasitas baterai smartphone ini yang relatif kecil, yaitu cuma 3130 mAh, apalagi jika beli bekas pemakaian 1 tahun lebih, punya saya tinggal bersisa sekitar 2358 mAh.

 

Sebenarnya pengen coba ganti baterai, tapi sayangnya belum nemu yang jual baterainya di marketplace Indonesia. Jadi ya untuk sementara kita bongkar aja dulu untuk mengetahui bagaimana jeroan dari smartphone ini.

Untuk membongkarnya, kita harus mulai dengan membuka casing belakang. Cara membukanya yaitu dengan memanaskan bagian pinggir casing dengan menggunakan heat gun, yang bertujuan untuk melelehkan lem yang merekatkan casing ke frame/tulang smartphone.

Setelah dipanaskan, kita bisa angkat sedikit casingnya dengan menggunakan suction cup dan masukkan opening pick atau plastik tipis untuk menyisit lem-nya. Geser ke sekeliling casing sehingga casing bisa dibuka.

Setelah casing dibuka, jika mau ganti baterai, maka kita harus membuka mid-frame, atau kerangka tengah yang menutupi mainboard. Caranya, tinggal lepaskan beberapa sekrup dengan menggunakan obeng plus ukuran 1,5mm.

Setelah sekrup dilepas, congkel mid-frame dengan menggunakan spudger/prying tool. Sisi kiri dan kanan mid-frame ada pengaitnya untuk mengait ke frame body, jadi bagian kiri-kanan itu yang perlu dicongkel.

Setelah frame tengah terlepas, kita lepaskan terlebih dahulu konektor baterai. Caranya lepaskan dulu selotip putih pelindung konektor, lalu lepaskan konektor baterai dengan mencongkelnya menggunakan spudger. 

Setelah konektor baterai, yang perlu dilepaskan selanjutnya adalah konektor penghubung mainboard ke subboard.

Ada juga beberapa selotip berwarna putih yang perlu dilepaskan jika ingin membuka baterai.

Selanjutnya baterai bisa dilepas dengan cara membuka plastik bening berwarna kebiruan yang menyelimuti baterai. Tinggal buka plastik tersebut kanan kiri atas dan bawahnya maka baterai bisa dilepas.

Untuk lebih jelasnya, silahkan tonton saja video berikut ini..

 

Demikian cara membuka casing belakang dan mengganti baterai SHARP Aquos Zero 2. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Cara Membuka Casing Belakang dan Mengganti Baterai SHARP AQUOS ZERO 2"