Xiaomi Redmi Note 7 Bagus Gak? Review Kelebihan dan Kekurangan di Harga 2 Jutaan!

Review Singkat Xiaomi Redmi Note 7


Sebelumnya Elppas sudah share spesifikasi dan unboxing HP Xiaomi Redmi Note 7 ini, sekarang saya mau share review singkat HP Xiaomi Redmi Note 7 ala orang awam..

Display/Layar



Xiaomi Redmi Note 7 dilengkapi dengan layar IPS LCD 6,3 inchi dengan poni minimalis "dot drop". Resolusinya FHD+ 2340 x 1080 pixels pada aspek rasion 19,5:9 yang menghasilkan kerapatan pixel sekitar 409 ppi.

Dengan layar FullHD+ serta ppi diatas 300 tampilan layarnya menurut saya sangat tajam, karena mata manusia normal tidak akan bisa melihat pixel jika diatas 300 ppi.

Visibilitas luar ruang dan dibawah terik matahari juga bagik, asalkan layar dalam keadaan bersih maka tidak akan menjadi masalah.

Reproduksi warna secara default layak, warnanya terlihat hidup walaupun tidak super akurat.Warna putihnya cenderung putih, tidak terlalu kebiruan ataupun kekuningan. Walaupun kalau soal warna saya lebih suka waran-warna yang dihasilkan panel Super AMOLED khas Samsung.

Design



Kalau soal design mah ini sebenarnya relatif, tergantung pandangan masing-masing. Tapi kalau menurut saya pribadi desainnya sudah wah, cakep dan elegan. Body belakang berbahan kaca Gorilla Glass 5 yang membuatnya seperti baru setiap hari, noda tinggal di lap saja kinclong lagi.

Sementara itu untuk frame bagian pinggir masih berbahan plastik polycarbonate dengan finishing cat glossy. Feel plastiknya cukup terasa dan cat-nya mulai agak kusam karena gesekan casing bawaan.

Di bagian atas ada IR Blaster, lubang jack audio 3,5mm, dan lubang mic. Sisi kiri ada slot SIM card dual SIM hybrid dengan MicroSD. Lalu di sebelah kanan ada volume rocker dan tombol power. Dan di bagain bawah ada port USB Type-C, lubang speaker dan lubang mic yang simetris.

Satu hal yang kurang saya suka dari desainnya adalah kamera yang terlalu menonjol, sehingga sering khawatir terjadi kerusakan di bagian kamera saat diletakan di tempat datar. Di bagian belakang juga ada bulatan sensor fingerprint yang bekerja dengan cepat dan akurat.

Untuk feel genggamannya di tangan enak, cuma agak berat dengan bobot 186 gram dan juga sedikit tebal dengan ukuran 8,1mm jadi agak bulky tapi juga jadi terasa kokoh.

Masa Pakai dan Kecepatan Pengisian Baterai Xiaomi Redmi Note 7



Xiaomi Redmi Note 7 ditenagai oleh baterai berkapasitas sebesar 4.000mAh. Ukuran baterai segitu sebenarnya sudah standar untuk ponsel tahun 2019.

Daya tahan baterainya menurut saya sih cukup baik, bisa sampai 24 jam atau 36 jam untuk pemakaian saya yang cuma sosmed plus ada WiFi di rumah. Tapi untuk bermain games dan jarang pakai WiFi beberapa orang di grup bilang boros.

Jadi soal baterai tentunya ini relatif, tergantung penggunaan masing-masing.

Xiaomi Redmi Note 7 sebenarnya sudah mendukung fast charging Quick Charge 4.0, tapi tidak disertakan charger yang mendukung teknologi itu di paket penjualan. Yang ada hanya charger standar 5V~2A.

Kami melakukan beberapa pengujian untuk mengetahui seberapa cepat pengisian baterai dengan charger bawaan maupun charger yang sudah mendukung Quick Charge 2.0 dan 3.0. Berikut adalah hasilnya.
  • Adapter Xiaomi original 5V~2A = 2 jam 19 menit
  • Adapter Xiaomi Quick Charge 2.0 = 2 jam 10 menit
  • Adapter Quick Charge 3.0 = 1 jam 49 menit
Untuk lebih jelasnya bisa baca artikel Berapa Lama Charging Xiaomi Redmi Note 7? Test dengan Quick Charge 3.0 dan QC2.0.

Loudspeaker/Pengeras suara dan Kualitas Audio


Xiaomi Redmi Note 7 memiliki loudspeaker single di bagaian frame bawah, yang sangat umum di luar segmen high-end.

Speaker Xiaomi Redmi Note 7 ini yang menurut kami menjadi salah satu keunggulan ponsel ini karena suaranya keras dan sangat baik.

Performa/Kecepatan



Xiaomi Redmi Note 7 ditenagai oleh chipset Snapdragon™ 660 AIE octa-core (14nm) -prosesor Hingga 2,2GHz dengan GPU Adreno 512 hingga 850MHz- SoC kelas menengah dari seri Qualcomm®. SoC yang terdapat dalam ponsel Redmi Note 7 3/32GB kami dapat mencetak skor Antutu sebesar 140.859.

Untuk ponsel harga 1,999 juta-an, bisa dapat performa seperti ini ya sangat menguntungkan, sangat sesuai dengan jumlah uang yang kita keluarkan.

Secara keseluruhan kalau buat saya yang kebanyakan main sosmed, chat, browsing, dan aplikasi sehari-hari sih lancar-lancar saja tidak ada kendala.

Untuk main game seperti Mobile Legend juga lancar, dan PUBG juga cukup lancar.

Tapi ada beberapa yang merasakan masalah lag ketika main PUBG diakibatkan ponsel menjadi panas sehingga performa pun diturunkan sehingga mengakibatkan frame drop. Semoga ini hanya masalah software yang akan segera di-update untuk mengatasi masalah ini.

Kualitas Foto



Xiaomi Redmi Note 7 memiliki kamera belakang Dual dengan lensa 48 MP, f/1.8, (wide), 1/2", 0.8µm, PDAF, + 5 MP, f/2.2, depth sensor.

Hasil foto kamera belakang Xiaomi Redmi Note 7 bisa dibilang bagus, terutama kalau pencahayaan cukup. Ada banyak detail yang ditangkap dan tidak banyak noise sebagai alasan mengeluh.

Di tempat yang kurang cahaya bisa pake Nigth mode untuk mendapatkan hasil yang bagus pula. Secara keseluruhan kamera belakangnya sip lah untuk harga 2 jutaan.

Potret



Xiaomi Redmi Note 7 mengambil potret objek manusia yang sangat bagus dengan deteksi subjek yang kompeten dan keburaman latar belakang yang meyakinkan. Walapun seperti pada umumnya, potongan rambut terkadang suka ada yang kena blur sebagian sehingga terlihat berantakan dengan latar belakang cahaya karena blur tidak dibuat hanya oleh optik, sehingga hasil akan sangat tergantung pada subjek dan latar belakang.

Selain itu Xiaomi Redmi Note 7 juga memberikan hasil bidikan latar belakang blur dengan baik pada objek benda atau bukan manusia.

Selfie





Kamera selfie Xiaomi Redmi Note 7 mengemas sensor 13 MP di belakang lensa aperture f/2.0. Ada segala macam peningkatan beautyfication.

Hasil kamera selfie-nya (foto biasa maupun bokeh) menurut saya bagus kalau di tempat yang cukup cahaya, detailnya baik dengan AI beautify yang bikin tambah cakep.

Sementara di ruang yang kurang cahaya bisa dibilang lumayan lah. Untuk menghilangkan noise, hasil foto sepertinya terlalu diperhalus sehingga kehilangan detail. Warna kulit agak sedikit pucat, tapi bisa diedit dengan filter supaya lebih sesuai dengan selera.

Rekaman video


Xiaomi Redmi Note 7 merekam video hingga 1080p pada 30/60fps. Tidak ada fitur stabilisasi OIS pada ponsel ini, tetapi beruntung ada gyro-EIS yang dapat menstabilkan guncangan video.


Kualitas gambar pada video sudah bagus, stabilizernya juga bekerja cukup baik sehingga goncangan bisa cukup diredam ketika membuat video sambil bergerak atau berjalan. Walaupun gak halus banget, asalkan gerakan tangan kita tidak terlalu cepat maka hasilnya akan sangat baik, di kelas 2 jutaan.

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi Note 7


Secara keseluruhan smartphone ini sudah OKE banget, kamera oke, baterai lumayan awet, layar oke, pokoknya semua oke, hanya kualitas sepaker yang agak sedikit cempreng kalau menurut saya.


Kelebihan:
  • Build quality solid dengan Gorilla Glass 5 di depan dan belakang
  • Daya tahan baterai layak + mendukung Quick Charge 4.0
  • Kualitas kamera belakang keseluruhan sangat baik, dalam cukup cahaya maupun cahaya rendah.
  • Baik dalam hal konektivitas - USB-C, jack 3,5mm, IR, microSD, radio FM, Bluetooth 5.0 dan Wi-Fi 802.11ac (cuma tidak ada NFC).
  • Performa yang solid dan UI responsif.
  • Ada LED Notification

Kekurangan:
  • Setup kamera belakang teralu menonjol.
  • Slot SIM hybrid

Masalah yang diketahui:
  • Buat sebagian gamers, processor panas saat bermain game intens seperti PUBG sehingga terjadi "sesak nafas" yang mengakibatkan lag. Semoga ada perbaikan software.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya tentang bongkar casing belakang dan ganti baterai Xiaomi Redmi Note 7.

Baca Juga: Realme 3 Pro Bagus Gak? Review Kelebihan dan Kekurangan di Harga 3 Jutaan!

Sekian review singkat Redmi Note 7. Jika ada masukkan atau tambahan silahkan di komentar. 

0 Response to "Xiaomi Redmi Note 7 Bagus Gak? Review Kelebihan dan Kekurangan di Harga 2 Jutaan!"

Posting Komentar