Realme 3 Pro Bagus Gak? Review Kelebihan dan Kekurangan di Harga 3 Jutaan!

Review Singkat Realme 3 Pro


Sebelumnya Elppas sudah share spesifikasi dan unboxing HP Realme 3 Pro ini, sekarang saya mau share review singkat atau rangkuman dari GSMArena. Ya cuma bisa share saja belum bisa pakai bahan sendiri karena belum ada modal :)

Display/Layar


Realme 3 Pro dilengkapi dengan layar IPS LCD 6,3 inchi dengan poni minimalis tetesan air - secara keseluruhan, itu terlihat sama dengan panel pada Realme 2 Pro dan Oppo F9. Resolusinya FullHD+ 1080x2340 pixels pada aspek rasion 19,5:9 yang menghasilkan kerapatan pixel sekitar 409 ppi. Semua dilindungi oleh kaca Gorilla Glass 5.

Kami mengukur kecerahan maksimum hanya sekitar 500nits pada Realme 3 Pro dan dengan kontras hitam pekat (untuk LCD) ternyata sangat bagus juga. Realme 2 Pro dan Oppo F9 tampaknya disetel untuk mendapatkan beberapa lusin nits lebih tinggi, walaupun bukan perbedaan besar. Redmi Note 7 sedikit lebih redup daripada Realme 3 Pro dan Honor 8X memaksimalkan nits lebih rendah. Vivo V15 Pro juga tidak seterang Realme, tetapi layar OLEDnya menawarkan kontras yang unggul karena keunggulan teknologi OLEDnya.

Visibilitas luar ruang tidak spektakuler, biasa saja, asalkan layar dalam keadaan bersih maka tidak akan menjadi masalah.

Reproduksi warna secara default layak, warnanya terlihat hidup walaupun tidak super akurat. Soal warna bisa diatur di settingan Display & Brightness. Untuk color temperatur-nya menurut kami lebih baik di posisi agak ke warmer (hangat).

Masa Pakai dan Kecepatan Pengisian Baterai Realme 3 Pro



Realme 3 Pro ditenagai oleh baterai 4.045mAh mungkin karena 4.000 flat terlalu umum. Redmi Note 7 mengandalkan paket daya 4.000 mAh, sementara pesaing potensial lainnya seperti Honor 8X dan vivo V15 Pro hanya di sekitar tanda 3.700 mAh.

Dalam pengujian, Realme 3 Pro mencatat 15 jam pemutaran video yang luar biasa dan hampir 14 jam menjelajah web melalui Wi-Fi. Kami juga mengukur lebih dari 30 jam panggilan suara 3G. Peringkat Ketahanan keseluruhan bekerja hingga 92 jam.

Secara keseluruhan, ketahanan baterai Realme 3 Pro ini sedikit dibawah Realme 3, mungkin karena kapasitasnya juga yang sedikit lebih kecil.

Salah satu kelebihan Realme 3 Pro adalah kemampuan pengisian cepat VOOC-nya. Ini dikirimkan dengan pengisi daya dan kabel 20W yang mendukung teknologi milik Oppo, yang dapat mengisi daya baterai yang habis dalam 1 jam 15 menit, dengan indikator baterai menunjukkan 48% pada hanya dalam 30 menit.

Loudspeaker/Pengeras suara dan Kualitas Audio



Realme 3 Pro memiliki loudspeaker single di bagaian frame bawah, yang sangat umum di luar segmen high-end. Speaker Realme 3 Pro terbukti sangat keras pada ponsel yang kami uji, dan menurut kami kualitasnya 'Sangat Baik'. Ini sedikit lebih keras daripada Realme 2 Pro dan jauh lebih baik dari Realme 3. Outputnya juga bertubuh penuh, ada beberapa bass juga, dan tidak ada distorsi pada volume tinggi.

Realme 3 Pro jika dihubungkan ke amplifier eksternal kualitas suaranya sangat baik sambil mempertahankan level volume yang sangat tinggi.

Jika dihubungkan ke headphone menyebabkan cukup banyak penurunan kualitas pada output audio, menjatuhkan kenyaringan di atas rata-rata. Kami juga melihat peningkatan mencolok pada crosstalk stereo dan beberapa distorsi intermodulation muncul. Tapi bukan berarti buruk, tapi jauh dari mengesankan seperti bagian pertama.

Performa/Kecepatan



Realme 3 Pro ditenagai oleh chipset Snapdragon 710 - SoC kelas menengah atas dari seri Qualcomm. Jika dibandingkan dengan Snapdragon 675, chipset SD710 sedikit kalah di sektor CPU tapi lebih unggul di GPU.

Realme 3 Pro akan ditawarkan dalam versi 4GB / 64GB, 6GB / 64GB, dan 6GB / 128GB dan unit review kami adalah RAM 6GB dan ROM 128GB.

Secara keseluruhan, Realme 3 Pro memberikan hasil yang luar biasa untuk kinerja di seluruh tes benchmark, kecuali relatif rendah untuk perangkat keras single-core hasil CPU. Redmi Note 7 Pro dan vivo V15 Pro memang mengungguli Realme dalam kekuatan CPU saja, tetapi Realme memiliki GPU yang jauh lebih kuat, yang dapat dengan mudah menjadi penentu bagi gamer seluler.

Kualitas Foto


Hasil foto Realme 3 Pro bisa dibilang sangat bagus, sesuai harga lah. Ada banyak detail yang ditangkap dan tidak ada noise sebagai alasan mengeluh. Rentang dinamis yang luas ketika cuaca mendung juga menjadi nilai positif.

Gambar dalam otomatis dengan AI diaktifkan memiliki warna yang sangat disukai tanpa saturasi berlebiha.

Ada pilihan Croma boost yang dapat meningkatkan sedikit saturasi, sampai batas yang wajar, dan menghasilkan bidikan yang lebih hidup. Anehnya, pada mode HDR cenderung menghasilkan warna-warna yang kurang natural, saturasinya terlalu tinggi sehingga terlihat agak terlalu lebay. Pengaturan yang standar menurut kami sudah yang terbaik.

Pada menu foto juga menawarkan mode Zoom 2x, jadi kami mencobanya. Hasilnya biasa saja pada tingkat piksel seperti yang Realme lakukan adalah memperbesar secara digital dan kemudian naik menjadi 16MP.

Lalu ada opsi Ultra HD yang menghasilkan gambar 64MP. Tidak ada peningkatan signifikan - foto terlihat tidak berbeda dari apa yang Anda dapatkan dengan meningkatkan foto biasa 16MP dan menerapkan sentuhan penajaman.

Performa keseluruhan yang luar biasa dari Realme 3 Pro berlanjut hingga malam hari. Foto kurang cahaya dalam mode foto biasa tajam dan terperinci, pencahayaan ditangani dengan baik, dan tidak ada kehilangan saturasi.

Pada mode Nightscape ada peningkatan dalam bayang-bayang dan gips kemerahan yang agak tidak wajar di area yang cukup terang di mana ponsel bekerja keras untuk menjaga highlight agar tidak terpotong. Namun secara keseluruhan, kami sangat menyukai bidikan Nightscape.

Potret


Realme 3 Pro mengambil potret objek manusia yang sangat bagus dengan deteksi subjek yang kompeten dan keburaman latar belakang yang meyakinkan. Walapun seperti pada umumnya, potongan rambut terkadang suka ada yang kena blur sebagian sehingga terlihat berantakan dengan latar belakang cahaya karena blur tidak dibuat hanya oleh optik, sehingga hasil akan sangat tergantung pada subjek dan latar belakang.

Selain itu Realme 3 Pro juga memberikan hasil bidikan latar belakang buram dengan baik pada objek benda atau bukan manusia.

Selfie


Kamera selfie Realme 3 Pro mengemas sensor 25MP 1/2,8 "di belakang lensa aperture f/2.0. Ada segala macam peningkatan beautyfication seperti perataan kulit, pembesaran mata serta penipisan wajah, dan yang lainnya.

Pada mode selfie kami tidak menemukan HDR berfungsi sama sekali, ini tidak ideal.

Pokoknya, selfie dengan Realme 3 Pro banyak detail dan kebisingan tetap terkontrol. Warna juga sangat baik. Rentang dinamis tidak begitu menakjubkan dan pada kondisi kontras akan mengakibatkan detail hilang, jadi Anda harus menempatkan pada posisi cahaya yang lebih seimbang agar hasil lebih baik.

Potret selfie juga cukup bagus, pemisahan subjek sangat kompeten, tidak ada telinga yang terpotong dan blur juga tampak alami.

Rekaman video


Realme 3 Pro merekam video hingga 4K pada 30fps dan ada 1080p pada 30fps dan 60fps. Anda memiliki pengaturan resolusi di jendela bidik dan pengaturan kecepatan frame. Anda juga dapat memilih antara codec h.264 dan h.265. Tidak disebutkan stabilisasi video di menu atau jendela bidik, tetapi pada 1080p/30fps menunjukkan stabilisasi video (gyro-EIS).

Video 4K dikodekan pada 50Mbps yang cukup hemat sementara 1080p/30fps mendapatkan 20Mbps di atas rata-rata yang sama ketika menggunakan codec h.264. Maka agak aneh bahwa laju bit audio hanya 96kbps (meskipun masih stereo, yang bagus).

Rekaman 4k terlihat luar biasa, dengan level detail tingkat unggulan. Warnanya tepat, pencahayaan tepat dan jangkauan dinamis juga cukup bagus. Video 1080p/30fps juga tidak lumayan bagus, tetapi terlihat tampilan yang terlalu diproses. Klip 1080p/60fps memiliki kualitas yang hampir sama dengan 30fps, dengan bit rate 20Mbps setara dengan 30fps, jadi mending set ke 60fps saja.


Kualitas gambar pada video sudah cukup bagus, sayangnya gyro-EIS atau video stabilizernya kurang berpengaruh sehingga terlihat banyak goncangan ketika membuat video sambil bergerak atau berjalan.

Kelebihan dan Kekurangan Realme 3 Pro


Secara keseluruhan smartphone ini sudah OKE banget, kamera oke, baterai oke, layar oke, pokoknya semua oke, hanya hasil video bergerak yang kurang stabil saja.

Kita berharap Realme dapat membuat update software yang meningkatkan stabilisasi video, sehingga Realme 3 Pro menjadi smartphone yang sempurna di harga kisaran 3 jutaan.


Kelebihan:
  • Skema warna yang menarik membuat desain yang biasa terlihat mewah.
  • Daya tahan baterai termasuk yang terbaik di kelasnya, pengisian cepat VOOC adalah yang terdepan di kelasnya.
  • Tampilan bagus pada range harga ini - tajam, cukup cerah dan dengan kontras tinggi, berpotensi warna akurat.
  • Kinerja terbaik untuk segmen pasar yang mengandalkan CPU dan GPU seperti gaming.
  • Kualitas gambar sangat bagus di siang hari dan cahaya rendah, potret luar biasa, selfie yang bagus juga.

Kekurangan:
  •     Port masih MicroUSB.
  •     Stabilisasi video masih buruk.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya tentang bongkar casing belakang dan ganti baterai Realme 3 Pro. Source: GSMArena.

4 Responses to "Realme 3 Pro Bagus Gak? Review Kelebihan dan Kekurangan di Harga 3 Jutaan!"

  1. gimana bang..bagusan hasil jepret zenfone 5 atau realne 3 pro..soalnya mau gw jual ni z5,,,gimana mnurut abang

    BalasHapus
  2. Bagus realme 3 pro... Aku beli 2 hari yg lalu

    BalasHapus
  3. Bagusan realme 3 pro atau redmi note 7 atau vivo Y17?

    BalasHapus
  4. Aku juga mau beli kak bagusan mana realme 3 pro atau redme note 7

    BalasHapus