Iklan Header

Mengatasi HP Samsung Galaxy A12 Mati Total: Analisis dan Perbaikan

Dalam dunia perbaikan gadget, masalah mati total pada smartphone bukanlah hal yang langka. Pada artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah sistematis untuk mendiagnosis dan memperbaiki masalah mati total pada Samsung Galaxy A12. 

Berdasarkan informasi, pemilik HP mengalami kejadian ketika menggunakan perangkat sebagai hotspot, dimana HP tiba-tiba panas dan mati total.

Langkah 1: Identifikasi Penyebab Mati Total Pertama-tama, kita perlu mengetahui penyebab matinya HP. Apakah disebabkan oleh jatuh, kontak dengan air, atau faktor lainnya? Sebagai teknisi kita wajib menanyakan kepada konsumen bagaimana kronologi kerusakan, dan pemilik memberikan informasi bahwa perangkat mati saat digunakan sebagai hotspot.

Langkah 2: Pengujian Awal Langkah pertama setelah identifikasi adalah melakukan pengujian awal. Pengecasan dilakukan dengan menghubungkan HP ke Smart USB Charger dan memeriksa konsumsi arus. Pada tahap ini, ditemukan bahwa meskipun ada konsumsi arus yang cukup besar (1,6A), HP tetap tidak menyala. Konsumsi daya HP yang normal biasanya bertahap dari 0,6 ~ 1,sekian namun ini langsung ke 1,6A sehingga dapat diidentifikasi ada kerusakan pada mesin.

Langkah 3: Koneksi ke Komputer Pengujian selanjutnya adalah menghubungkan HP ke komputer untuk melihat apakah perangkat terdeteksi. Sayangnya, HP tidak terdeteksi oleh komputer, memberikan indikasi bahwa masalah lebih dalam.

Langkah 4: Pembongkaran dan Pemeriksaan Fisik Dalam langkah ini, dilakukan pembongkaran perangkat untuk memeriksa kondisi fisiknya. Mesin HP ditemukan dalam kondisi yang relatif baik, namun ada sedikit bengkokan pada kaleng, mungkin karena pernah jatuh atau kejadian lainnya.

Langkah 5: Pemeriksaan Konektor Baterai dan Power Supply Pemeriksaan dilanjutkan dengan menghubungkan HP ke DC Power Supply untuk memeriksa konsumsi arus. Ditemukan adanya konslet pada jalur vibet atau jalur baterai, yang kemudian diidentifikasi menggunakan skema perangkat.

Langkah 6: Pencarian Penyebab Konslet Dengan menggunakan Thermal Kamera terlihat ada titik panas di dalam kaleng, kita sobek kaleng sedikit, lalu untuk memastikan kita beri asap rosin dan nyalakan ponsel sehingga terlihat titik panas, penyebab konslet ditemukan pada sebuah kapasitor. Kapasitor ini kita lepaskan dengan heat gun panas sekitar 380 derajat Celcius. Setelah dilepas, kami coba nyalakan ponsel dan alhamdulillah nyala.

Langkah 7: Penggantian Kapasitor Kapasitor yang menyebabkan konslet diganti dengan kapasitor copotan yang sesuai ukurannya. Meskipun HP dapat menyala tanpa penggantian kapasitor, penggantian dilakukan untuk menjaga fungsi normal perangkat.

Langkah 8: Pengujian Akhir Setelah penggantian kapasitor, HP diuji kembali dengan menghubungkannya ke pengecasan. Perangkat dapat menyala dan mengisi daya dengan normal, menunjukkan bahwa perbaikan telah berhasil.

Kesimpulan: 

Penyebab masalah mati total pada Samsung A12 memang banyak, dan kita telah belajar salah satu solusinya. 

Yang terpenting adalah kita kerjakan sesuai prosedur, mulai dari mencari informasi penyebab kerusakan, akibat dari apa (bisa ditanya ke pemilik HP), lalu cek konsumsi arus, analisa, hingga eksekusi.

Semoga artikel ini memberikan wawasan tentang proses perbaikan secara sistematis, yang dapat menjadi panduan bagi teknisi atau pemilik HP yang menghadapi masalah serupa. Sumber: TeknisiCungkring.

Posting Komentar untuk "Mengatasi HP Samsung Galaxy A12 Mati Total: Analisis dan Perbaikan"