Iklan Header

Cara Membuat Surat Lamaran Resume Admin/Manajer Media Sosial

Apa itu Resume/Daftar Riwayat Hidup Media Sosial?

Resume Media Sosial adalah dokumen yang digunakan untuk melamar pekerjaan yang terkait dengan media sosial, seperti Admin/Specialist/Manajer Media Sosial. 

Dokumen ini menjelaskan keterampilan, pengalaman, pendidikan, dan keberhasilan Anda. Bersama dengan surat lamaran, daftar riwayat hidup media sosial memberi tahu calon employer tentang siapa Anda, apa yang bisa Anda lakukan, dan mengapa Anda akan menjadi penambahan yang berharga untuk tim mereka.

Daftar Riwayat Hidup Manajer Media Sosial dan Spesialis Media Sosial – Panduan Langkah demi Langkah

Berikut adalah cara menulis daftar riwayat hidup untuk posisi Manajer Media Sosial atau Admin/Spesialis Media Sosial yang akan membuat Anda diperhatikan oleh hiring manager:

  1. Mulailah dengan rangkuman atau profil daftar riwayat hidup yang menarik perhatian
  2. Sertakan pengalaman kerja yang relevan dan keberhasilan media sosial kunci
  3. Tambahkan pendidikan Anda
  4. Daftarkan keterampilan media sosial Anda dengan kata kunci yang tercantum dalam posting pekerjaan
  5. Tambahkan bagian tambahan yang diperlukan

Saat Anda mulai membuat daftar riwayat hidup media sosial Anda, ini adalah beberapa tips dan praktik terbaik yang akan membantu Anda dalam proses penulisan.

Sebelum menulis:

  • Pahami persyaratan pekerjaan: Tinjau postingan pekerjaan untuk mengidentifikasi keterampilan dan kualifikasi kunci yang dibutuhkan perusahaan. Gunakan bahasa dan kata kunci terkait postingan pekerjaan - ini akan sangat menguntungkan jika perusahaan menggunakan perangkat lunak untuk memindai kandidat yang cocok.
  • Teliti perusahaan: Pelajari lebih lanjut tentang apa yang dilakukan perusahaan, proyek-proyek dan nilai-nilai mereka.
  • Buatlah elevator pitch: Elevator pitch Anda adalah sinopsis singkat tentang pengalaman Anda dan apa yang membedakan Anda. Pertimbangkan apa yang membuat Anda menonjol sebagai Spesialis Media Sosial. Melalui latihan ini, Anda dapat menentukan keterampilan atau keahlian kunci yang ingin Anda tonjolkan pada daftar riwayat hidup Anda.

Saat menulis:

  • Tetap fokus: Daftar riwayat hidup Anda sebaiknya satu halaman. Fokus pada proyek dan pengalaman media sosial yang paling relevan dan sukses.
  • Tetap terorganisir: Susun bagian-bagian Anda dengan judul yang jelas, dan gunakan poin-poin dengan format bullet untuk memudahkan pembacaan daftar riwayat hidup Anda.
  • Gunakan kata kerja aksi: Saat menjelaskan pengalaman kerja Anda, gunakan kata kerja aksi yang kuat seperti meluncurkan, memperluas, menyajikan, menumbuhkan dan berkonsultasi.
  • Soroti pencapaian: Jika Anda hanya mencantumkan tugas-tugas pekerjaan sebelumnya, daftar riwayat hidup Anda tidak akan memiliki dampak yang besar. Sebaliknya, gunakan pernyataan pencapaian dalam bentuk kata kerja aksi + tugas + hasil. Contoh pernyataan pencapaian adalah "Menerapkan strategi konten baru yang meningkatkan tingkat konversi Facebook sebesar 40%."
  • Kuantifikasi pencapaian Anda: Sertakan angka dan statistik yang membuktikan kemampuan Anda untuk memberikan hasil. Sebagai contoh, soroti pertumbuhan channel yang Anda kelola atau keberhasilan terkait kampanye pemasaran media sosial yang Anda jalankan.
  • Pertimbangkan desain: Pilih desain yang sederhana dan bersih. Pilih satu atau dua jenis huruf, gunakan warna dengan hemat dan sertakan cukup banyak ruang putih. Pastikan desain Anda tidak mengganggu pembaca dari konten Anda.
  • Tinjau dan sunting: Periksa kesalahan ejaan dan tata bahasa. Kemudian, periksa lagi. Tunjukkan kepada employer bahwa Anda berorientasi pada detail dan memiliki keterampilan komunikasi yang luar biasa.

Memulai – Apa Tujuan dari Resume?

Resume Anda adalah kesempatan untuk memperkenalkan diri kepada pengusaha dan menunjukkan kepada mereka mengapa Anda adalah manajer ahli media sosial yang tepat untuk perusahaan mereka. Resume media sosial Anda harus menceritakan tentang bagaimana pengalaman dan keterampilan Anda digabungkan untuk membuat Anda menjadi kandidat yang ideal.

Meskipun resume Anda merinci karir Anda, Anda harus membingkainya di sekitar kebutuhan perusahaan. Misalnya, apakah mereka mencari seseorang dengan keahlian menulis teks media sosial? Jelaskan bagaimana strategi konten dan media sosial Anda meningkatkan tingkat keterlibatan di perusahaan Anda sebelumnya. Tunjukkan nilai konkret yang dapat Anda bawa.

Bagaimana Membuat Outline untuk Resume Manajer Media Sosial?

Berikut adalah cara membuat outline yang kuat untuk resume Manajer Media Sosial atau Spesialis Media Sosial Anda:

  1. Buka dengan profil atau ringkasan yang menarik perhatian pembaca.
  2. Jelaskan pengalaman media sosial yang relevan dengan pencapaian kunci.
  3. Sertakan bagian tentang pendidikan dan pelatihan Anda.
  4. Daftar keterampilan media sosial Anda menggunakan kata kunci dari posting pekerjaan.
  5. Tambahkan bagian tambahan jika diperlukan, seperti penghargaan atau pekerjaan sukarela.

Apa yang harus dimasukkan dalam resume Social Media Manager atau Social Media Specialist?

Resume Social Media Manager atau Social Media Specialist Anda harus mencakup profil/summary, pengalaman kerja dan pencapaian di bidang media sosial, pendidikan, keterampilan/tools media sosial yang relevan, dan bagian ekstra.

Profil/Summary: Dekat dengan bagian atas resume Anda, ringkaslah pencapaian dan keterampilan terbaik Anda dalam beberapa kalimat singkat. Ceritakan kisah Anda—apa yang membuat Anda menjadi ahli media sosial? Apa yang dapat Anda bawa ke perusahaan mereka?

Pengalaman media sosial: Soroti pengalaman Anda yang paling relevan berdasarkan apa yang dicari perusahaan. Secara kronologis terbalik, sebutkan judul pekerjaan, perusahaan, tanggal, dan lokasi. Dalam dua atau tiga poin, jelaskan apa yang Anda capai. Tekankan hasil kerja Anda dan kuantifikasi di mana memungkinkan. Hindari menuliskan tugas pekerjaan yang umum seperti "Membuat posting untuk platform media sosial". Sebagai gantinya, pertimbangkan menulis ulang sebagai, "Dengan tujuan meningkatkan kesadaran merek, saya membuat konten menarik untuk lima akun media sosial yang berbeda, menghasilkan peningkatan pengikut sebesar 15%."

Pendidikan: Sebutkan gelar universitas/perguruan tinggi Anda serta sertifikasi atau diploma yang relevan. Sertakan nama sekolah/institusi dan tanggal yang dihadiri. Anda juga dapat menambahkan kursus dan pencapaian akademik yang relevan, terutama jika Anda tidak memiliki banyak pengalaman kerja media sosial.

Keterampilan media sosial: Iklan pekerjaan akan memberi tahu Anda persis keterampilan apa yang dicari oleh calon pemberi kerja. Tekankan ini di bagian keterampilan resume media sosial Anda.

Lainnya: Anda mungkin bersaing dengan ratusan pelamar lain dengan keterampilan dan keahlian media sosial yang serupa. Untuk membedakan diri dari kerumunan, tambahkan bagian tambahan untuk menyoroti pencapaian atau minat lainnya. Anda dapat menyertakan proyek, penghargaan, pekerjaan sukarela, bahasa, atau minat.

Keterampilan apa yang harus Anda masukkan dalam resume social media?

Keterampilan yang Anda masukkan dalam resume social media sangat bergantung pada pekerjaan yang Anda lamar. Karena setiap perusahaan akan memiliki kebutuhan social media yang sedikit berbeda, Anda hanya perlu mencantumkan keterampilan yang relevan dengan posisi tersebut. Lihat pada iklan lowongan pekerjaan untuk mengetahui keterampilan yang dicari oleh perusahaan pada calon yang ideal.

Berikut ini beberapa keterampilan utama Manager atau Social Media Specialist yang dicari oleh pengusaha pada Social Media:

  • Menulis konten
  • Blogging
  • Pemasaran melalui email
  • Pemasaran digital
  • Strategi konten
  • Desain grafis
  • Editing gambar
  • Pembuatan media
  • Editing video
  • Analitik
  • Analisis pesaing
  • Analisis kata kunci
  • SEO

Perusahaan mungkin juga mencari kandidat yang mahir dalam alat-alat social media seperti:

  • Hootsuite
  • Buffer
  • Later
  • Facebook Creator Studio
  • Sprout Social
  • HubSpot
  • Google Analytics
  • Facebook Ads
  • Google Ads
  • Iklan Twitter
  • LinkedIn Ads
  • Instagram Ads
  • Photoshop
  • Canva

Contoh Template Resume Social Media Manager

Gunakan template ini saat menulis resume profesional Anda.

[NAMA]
[Nomor telepon]
[Email]
[LinkedIn]

PROFIL

Pakar media sosial yang antusias yang berhasil [prestasi atau proyek media sosial]. Berpengalaman di [bidang keahlian]. Bersemangat tentang [minat media sosial] dan siap untuk [apa yang akan Anda bawa ke posisi].

PENGALAMAN

[Jabatan, Perusahaan]
[Bulan, Tahun - Bulan, Tahun]

[Kata kerja] [keterampilan/tugas] [hasil/dampak]
[Kata kerja] [keterampilan/tugas] [hasil/dampak]
[Kata kerja] [keterampilan/tugas] [hasil/dampak]

[Jabatan, Perusahaan]
[Bulan, Tahun - Bulan, Tahun]

[Kata kerja] [keterampilan/tugas] [hasil/dampak]
[Kata kerja] [keterampilan/tugas] [hasil/dampak]
[Kata kerja] [keterampilan/tugas] [hasil/dampak]

PENDIDIKAN

[Gelar atau sertifikat yang diperoleh, Nama sekolah]
[Tanggal kelulusan]

[Mata kuliah yang relevan]
[Prestasi akademik]

KETERAMPILAN

[Keterampilan]
[Alat]

PENGHARGAAN DAN AKTIVITAS

[Penghargaan]
[Kerja sukarela]
[Bahasa]

Contoh desain resume Manager Social Media:

 


Template resume seperti diatas bisa Anda dapatkan di Canva.com, tinggal edit foto dan isinya saja.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Surat Lamaran Resume Admin/Manajer Media Sosial"