Iklan Header

Skills yang Diperlukan Seorang Social Media Marketing

Skill atau keterampilan utama dalam social media marketing termasuk kemampuan menulis, kemampuan visual yang kuat, dan bakat dalam manajemen komunitas.

Pemasaran konten dan media sosial sangat penting dalam membentuk citra merek. Manajer Media Sosial dan Spesialis Media Sosial adalah suara utama di balik saluran sosial perusahaan, dan sebagian besar pekerjaan adalah tentang menceritakan kisah merek tersebut. Oleh karena itu, kemampuan menulis, mengedit, dan bercerita yang kuat sangat penting untuk menetapkan nada yang tepat di seluruh platform yang benar-benar mewakili perusahaan.

Dalam media sosial, aspek visual juga integral dalam menentukan kehadiran. Bercerita bukan hanya tentang kata-kata. Pemasar Media Sosial harus menciptakan presentasi estetika yang kohesif di seluruh platform. Jadi, kemampuan untuk mendesain dengan baik dan membuat konten yang menarik perhatian adalah suatu keharusan. Juga baik untuk memiliki pengalaman menggunakan alat pembuatan konten seperti Adobe Spark, Giphy, dan Canva.

Tujuan besar lain dari media sosial adalah terlibat dengan komunitas secara efektif. Tetapi tidak mudah untuk mendapatkan orang untuk merespons. Menemukan bagaimana audiens merek berkomunikasi membantu memahami komentar, pertanyaan, kebutuhan, dan kekhawatiran mereka dengan lebih baik.

Keterampilan pemasaran media sosial lainnya yang penting meliputi kesadaran tren, menentukan KPI, dan pemahaman tentang SEO.

Apa Keterampilan yang Dibutuhkan oleh Manajer Media Sosial?

Meskipun spesifikasinya berbeda untuk berbagai pekerjaan, ada beberapa keterampilan yang harus dimiliki oleh setiap Manajer Media Sosial:

Pengertian yang kuat tentang desain visual

Seorang Pemasar Media Sosial harus memiliki rasa desain yang kuat. Sangat membantu jika Anda memiliki pengalaman menggunakan alat pembuatan konten seperti Canva, Giphy, atau paket Adobe sehingga Anda dapat membuat visual yang menarik perhatian untuk posting media sosial Anda.

Keterampilan layanan pelanggan yang baik

Baik itu menjadi bagian dari deskripsi pekerjaan Anda atau tidak, sebagian besar Manajer Media Sosial akan berinteraksi langsung dengan masyarakat, yang membawa banyak risiko bagi perusahaan.

Kesadaran tentang tren

Para profesional media sosial selalu berada di atas tren dan berita terbaru, dan mereka tahu bagaimana merek dapat berinteraksi dengan yang sedang terjadi.

Menerima keragaman saluran

Salah satu keterampilan penting dari manajemen media sosial adalah memahami keuntungan unik, fitur, dan basis pengguna untuk semua saluran media sosial teratas. Pendekatan pada setiap platform media sosial yang satu dengan yang lainnya, semisal Facebook vs TikTok pasti berbeda.

Memahami tentang SEO

Meskipun ada perdebatan tentang hubungan antara media sosial dan SEO, setiap Digital Marketing Specialist membutuhkan setidaknya pemahaman tentang keduanya, serta bagaimana prinsip optimasi mesin pencari dapat diterapkan untuk strategi pemasaran media sosial yang sukses.

Akrab dengan angka

Sebagian besar platform media sosial dan alat pihak ketiga menawarkan analitik data yang kuat, sehingga menentukan metrik dan KPI (Key Performa Indicator) yang paling penting merupakan bagian besar dari mengarahkan strategi media sosial dengan efektif dan menjadi keterampilan pemasaran media sosial yang semakin penting.

Bagaimana Menjadi Manajer Media Sosial yang Baik

Seorang Manajer Media Sosial yang baik memerlukan keterampilan seperti analisis data, kepekaan dalam menulis dan menceritakan cerita, kesadaran tentang tren utama, dan kemampuan untuk menciptakan strategi media sosial yang efektif.

Seorang Manajer Media Sosial seperti seorang pemasar, strategis, penulis naskah, desainer, analis, dan representatif layanan pelanggan semua dalam satu. Itu memerlukan seorang profesional media sosial untuk mengembangkan sejumlah keterampilan pemasaran dan sosial media yang penting. Manajer Media Sosial terbaik menggabungkan kedua keterampilan keras - termasuk analisis data, strategi pemasaran, pembuatan konten, dan menulis - dan keterampilan lunak, seperti tetap terorganisir, memiliki keterampilan berkomunikasi yang baik, dan kemampuan interpersonal yang kuat.

Karena sebenarnya, media sosial adalah platform komunikasi - jadi sebagai seorang profesional media sosial, penting untuk memiliki keterampilan komunikasi yang baik yang dapat diterapkan untuk menyesuaikan dengan platform, bentuk media, atau audiens target.

Spesialis dan Manajer Media Sosial terbaik juga adalah penulis yang sangat baik yang meningkatkan suara merek mereka. Anda harus tahu bagaimana menulis skrip yang singkat dan padat yang membangkitkan emosi dari audiens yang dituju.

Keterampilan lunak yang sangat penting di dunia media sosial adalah kreativitas. Dengan jumlah suara yang semakin banyak bersaing, tidak mudah untuk menonjol. Berpikir di luar kotak adalah suatu keharusan.

Posting Komentar untuk "Skills yang Diperlukan Seorang Social Media Marketing"