Iklan Header

Apa Itu Social Media Marketing? Manfaat dan Jenis Platform Terpopuler

Social Media Marketing adalah penggunaan platform media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter untuk mempromosikan merek, terhubung dengan audiens target, meningkatkan lalu lintas ke situs web, serta meningkatkan penjualan dan pendapatan. Pemasaran media sosial juga menjadi cara yang efektif untuk merek dalam memantau percakapan dan persaingan.

Agar pemasaran media sosial dapat berjalan dengan efektif, Anda harus membuat konten yang kuat di profil media sosial, terlibat dan berkomunikasi dengan pengikut dengan baik, memantau hasil dengan cermat, serta menjalankan iklan dan kampanye media sosial. Selain itu, Anda juga perlu memutuskan konten apa yang tepat untuk setiap platform dan menyesuaikan suara Anda agar sesuai dengan audiens yang berbeda pada platform media sosial utama seperti LinkedIn, TikTok, Pinterest, Instagaram, dan YouTube.

Terdapat banyak alat yang dapat membantu Anda dalam menjadwalkan, memantau, serta melacak aktivitas dan kemajuan rencana pemasaran media sosial Anda. Beberapa contoh alat tersebut yang populer antara lain Hootsuite, HubSpot, dan Later. Anda juga dapat menggunakan alat asli channel seperti Creator Studio Facebook untuk menjadwalkan konten dan meninjau metrik.

Pilar inti dari pemasaran media sosial yang sukses meliputi strategi, perencanaan, penerbitan, mendengarkan, terlibat, meninjau analitik, dan iklan. Metrik kunci dalam pemasaran media sosial meliputi pertumbuhan pengikut, keterlibatan, dan tingkat klik.

Apa yang dimaksud dengan Social Media Marketing?

Social media marketing (SMM) adalah strategi pemasaran yang menggunakan media sosial sebagai saluran untuk mempromosikan produk atau layanan. Hal ini melibatkan membuat, memposting, dan berinteraksi dengan konten di platform media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, dan YouTube, untuk membangun brand awareness, menarik pengunjung ke situs web, dan mendorong konversi.

SMM dapat mencakup berbagai taktik, termasuk pembuatan konten, iklan berbayar, promosi influencer, dan kampanye giveaway. Tujuannya adalah untuk memanfaatkan potensi jangkauan dan pengaruh media sosial untuk menjangkau target audiens dengan cara yang lebih terlibat dan pribadi daripada pemasaran tradisional.

Dengan demikian, SMM telah menjadi salah satu cara paling populer dan efektif untuk memasarkan bisnis secara online pada era digital saat ini.

Manfaat Pemasaran Media Sosial

Manfaat pemasaran media sosial sangat banyak, mulai dari meningkatkan penjualan dan pendapatan, meningkatkan reputasi merek, mempertahankan dan membangun basis pelanggan, dan mempelajari lebih banyak tentang audiens target Anda.

Pemasaran media sosial dengan cepat menjadi salah satu bagian paling penting dari strategi pemasaran, dengan perusahaan di seluruh dunia menemukan cara baru di mana media sosial dapat berkontribusi pada kesuksesan dan pertumbuhan di semua area bisnis mereka. Menurut Hubspot, 92 persen dari semua pemasar merasa bahwa upaya pemasaran media sosial mereka telah menciptakan lebih banyak eksposur untuk perusahaan mereka, sementara 80 persen pemasar mengatakan upaya pemasaran media sosial mereka meningkatkan lalu lintas.

Dengan audiens orang yang berinteraksi dengan media sosial - praktis semua orang - wajar jika setiap perusahaan cerdas sudah tahu betapa pentingnya media sosial bagi kesuksesan secara keseluruhan. Namun, mungkin ada manfaat lain dari media sosial yang beberapa perusahaan masih meremehkan atau mengabaikan, termasuk:

Analisis persaingan yang mudah

Ingin tahu apa yang dilakukan pesaing Anda di bisnis? Tanyakan pada Spesialis Media Sosial Anda.

Peningkatan layanan pelanggan

Tidak hanya tim media sosial langsung berinteraksi dengan siapa saja yang mencari bantuan, mereka juga akan menggunakan alat pendengaran sosial untuk memperkirakan masalah atau mengumpulkan umpan balik tentang apa yang bekerja atau tidak.

Pelajari lebih banyak tentang pelanggan

Media sosial adalah salah satu cara terbaik untuk melihat audiens dan calon pelanggan Anda dengan autentik. Selain itu, merek yang cerdas akan merawat media sosialnya dengan konten dan foto pelanggan untuk meningkatkan keterlibatan.

Menarik klien yang lebih muda

Meskipun demografi usia bervariasi menurut platform, media sosial pada umumnya masih merupakan cara yang baik untuk menjangkau orang muda.

Meningkatkan kesadaran merek

Pengguna media sosial sangat selektif dengan siapa yang mereka ikuti, sehingga pengikut media sosial suatu perusahaan dapat memberikan informasi tentang bagaimana merek tersebut dipersepsikan.

Meningkatkan penjualan

Tak ada jalan lain - media sosial memengaruhi bagaimana orang mengeluarkan uang (studi telah menunjukkan bahwa hampir 80 persen pengguna Pinterest melakukan pembelian berdasarkan apa yang mereka lihat di platform).

Meningkatkan lalu lintas website

Dengan memanfaatkan audiens media sosial Anda, Anda memiliki kesempatan untuk secara signifikan meningkatkan lalu lintas ke situs web perusahaan Anda dan membantu upaya optimasi mesin pencari (SEO) organisasi Anda.

Jenis-jenis Platform Media Sosial

Meskipun kita biasanya mengelompokkan banyak platform yang sangat berbeda di bawah payung media sosial yang luas, seorang Manajer Media Sosial harus memahami perbedaan antara jenis platform media sosial dan cara pengguna mereka berbeda.

Meskipun sebagian besar platform media sosial mungkin berada di antara beberapa kategori, berikut adalah jenis utama media sosial yang harus dikuasai oleh setiap Spesialis Media Sosial:

Situs berbagi gambar

Platform seperti Instagram, Snapchat, dan Pinterest semuanya tentang visual - dan laporan terbaru menunjukkan bahwa konten visual mendapatkan lebih banyak keterlibatan daripada konten tertulis di media sosial.

Situs jaringan sosial

Pada intinya, Facebook, Twitter, LinkedIn, dan platform lain dalam kategori ini adalah tentang terhubung dengan orang lain, dan saluran media sosial ini digunakan oleh hampir setiap demografi di seluruh dunia.

Situs berbagi video

YouTube sangat umum dan banyak digunakan sehingga hampir tidak terdaftar sebagai saluran media sosial, sementara Vimeo - yang digunakan oleh banyak profesional - juga layak bagi setiap profesional pemasaran media sosial.

Situs blogging sosial

Ditemukan bahwa merek dapat melihat dividen nyata dari blogging, dan situs seperti Tumblr dan Medium mendukung berbagai jenis konten tentang berbagai topik.

Situs komunitas sosial

Forum dan papan diskusi telah menjadi pusat perhatian di Internet sejak sebelum Spesialis Media Sosial ada. Dengan Reddit yang memimpin jalannya sekarang, ada banyak platform media sosial dan saluran berbasis diskusi tentang berita dan peristiwa terkini atau meminta bantuan atau informasi.

Platform Media Sosial Paling Populer

Facebook adalah platform media sosial paling populer, setelah menjadi jaringan media sosial pertama yang melampaui 1 miliar akun terdaftar dan saat ini memiliki hampir 3 miliar pengguna aktif bulanan.

Pada kuartal kedua 2022, Facebook memiliki total gabungan 2,934 miliar pengguna aktif bulanan. 

Facebook bukan hanya pemimpin yang tak terbantahkan dalam hal jumlah pengguna secara keseluruhan, tetapi juga memiliki pengguna yang paling terlibat. Studi Statista lain menemukan bahwa pengguna Facebook rata-rata menghabiskan 769,16 menit di platform tersebut, lebih baik daripada runner-up TikTok (498,09 menit), dan WhatsApp (292,4 menit).

YouTube dan WhatsApp adalah platform media sosial kedua paling populer, masing-masing dengan 2 miliar pengguna bulanan. Facebook Messenger memiliki 1,3 miliar pengguna, WeChat memiliki 1,2 miliar pengguna, dan aplikasi berbagi foto peringkat keenam Instagram memiliki lebih dari 1 miliar akun aktif bulanan.

Tiga jaringan sosial paling populer berikutnya semuanya berbasis di China. TikTok yang cepat naik memiliki 800 juta pengguna bulanan, QQ memiliki 694 juta pengguna, dan situs microblogging Sina Weibo memiliki 550 juta pengguna.

Pinterest adalah situs yang diluncurkan secara independen tercepat yang mencapai 10 juta pengunjung unik bulanan. Saat ini situs tersebut memiliki 367 juta pengguna.

Platform Media Sosial dengan Pertumbuhan Tercepat

TikTok adalah platform media sosial yang paling cepat berkembang, diikuti oleh Reddit.

TikTok diluncurkan pada bulan September 2016 dan pada pertengahan 2018 sudah mencapai setengah miliar pengguna. Dengan kata lain: TikTok mendapatkan rata-rata sekitar 20 juta pengguna baru setiap bulannya selama periode tersebut. Meskipun TikTok tetap menjadi platform sosial dengan pertumbuhan tercepat, namun tingkat pertumbuhannya tidak bisa dipertahankan. Pada tahun 2021, jumlah pengguna TikTok meningkat menjadi 78,7 juta, dengan tingkat pertumbuhan sebesar 18,3 persen.

Reddit merupakan platform media sosial dengan pertumbuhan tercepat berikutnya pada tahun 2021 setelah melihat basis penggunanya tumbuh sebesar 14,4 persen. Namun, seperti halnya TikTok, tingkat pertumbuhan itu lambat dibandingkan dengan tahun 2020, di mana Reddit berhasil meningkatkan basis penggunanya sekitar 26 persen.

Setelah TikTok dan Reddit, LinkedIn merupakan saluran media sosial berikutnya yang paling cepat berkembang pada tahun 2021 dengan peningkatan pengguna sebesar 4,2 persen, diikuti oleh Instagram, Pinterest, dan Snapchat.

Apa itu Strategi Media Sosial?

Strategi media sosial menggambarkan penggunaan platform sosial yang tepat, campuran konten, dan pesan yang tepat untuk mencapai hasil yang diinginkan dan optimal dari kampanye pemasaran media sosial. Strategi media sosial memainkan peran penting dalam merencanakan dan melaksanakan kampanye pemasaran media sosial.

Tujuan dari strategi pemasaran media sosial tidak hanya untuk mendapatkan pelanggan untuk produk atau layanan, tetapi juga memerlukan penempatan pesan yang tepat pada platform media sosial yang tepat di depan orang yang tepat pada waktu yang tepat. Dan juga penting bahwa pesan tersebut persuasif dan relevan untuk orang tertentu yang melihatnya.

Apa itu Iklan Media Sosial?

Iklan media sosial adalah cara yang sangat langsung bagi perusahaan untuk menggunakan iklan untuk mencapai audiens yang tepat, dan ini menjadi keharusan jika Anda ingin mencapai audiens baru dan tersegmentasi - dengan cepat.

Dengan jangkauan organik yang semakin sulit untuk dicapai, mungkin ide untuk membuat konten viral tanpa sedikit bantuan dari iklan berbayar mungkin telah hilang selamanya.

Semua jaringan sosial utama menawarkan opsi iklan. Saat memilih di mana meletakkan iklan Anda, penting untuk mengetahui jaringan mana yang paling populer dengan audiens target Anda. Platform mana yang memberikan waktu dan perhatian terbanyak bagi audiens target Anda?

Ingin menarget remaja? Beriklanlah di TikTok. Jika Anda ingin menjangkau generasi yang lebih tua, lihatlah ke Facebook. Cobalah melihat jaringan sosial mana yang berperforma baik secara organik untuk merek Anda. Di mana konten Anda secara alami menghasilkan respon positif dari penggemar? Ini adalah pilihan yang jelas untuk kampanye iklan media sosial pertama Anda.

Ada dua pertanyaan yang perlu diajukan selama perencanaan strategi media sosial yang efektif.

  • Di mana harus beriklan? Semua anggaran iklan media sosial memiliki batas, jadi penting untuk mencari tahu di mana menampilkan iklan untuk mencapai konsumen saat ini dan yang potensial. Anda perlu fokus pada audiens target Anda dan mempelajari lebih lanjut tentang situs dan platform media sosial yang cenderung mereka gunakan. Tergantung pada demografi target Anda, Anda mungkin juga melengkapi iklan media sosial Anda dengan bentuk iklan lainnya di situs web, TV, blog, atau di luar ruangan.
  • Kapan harus beriklan? Anda perlu memastikan waktu yang tepat untuk memasang iklan, dengan mempertimbangkan kebutuhan dan kecenderungan audiens target Anda. Beberapa kampanye media sosial mungkin lebih masuk akal pada waktu-waktu tertentu dalam setahun, dan yang lainnya mungkin terkait dengan liburan atau produk musiman tertentu. Anda juga perlu tahu waktu sebenarnya yang optimal untuk memberikan pesan Anda kepada calon pelanggan di media sosial.

Apa itu Pengelolaan Komunitas?

Pengelolaan komunitas pada dasarnya berkaitan dengan hubungan dan bagaimana merek Anda memanfaatkan kesempatan untuk berinteraksi dengan komunitas Anda di ruang online.

Pengelolaan komunitas sering digunakan secara bergantian dengan manajemen media sosial dan meskipun itu adalah bagian integral dari setiap strategi media sosial, mengelola komunitas Anda menjadi semakin penting ketika basis pelanggan Anda semakin besar.

Komunitas Anda terdiri dari pelanggan saat ini, audiens target, dan semua orang yang berinteraksi dengan merek Anda secara langsung dan tidak langsung secara online. Komunitas ini dapat tersebar di seluruh Internet: di Facebook, YouTube, Twitter, Snapchat, Instagram, LinkedIn, Reddit, forum, dan bagian komentar dari artikel. Jika Anda berencana untuk membangun bisnis jangka panjang dengan merek yang kuat, pengelolaan komunitas menjadi investasi yang semakin berharga.

Apa Itu Pelaporan Media Sosial?

Pelaporan media sosial hanyalah pengumpulan data dan statistik. Data dan statistik yang harus Anda sertakan mungkin tergantung pada strategi dan tujuan media sosial Anda yang spesifik.

Pengikut adalah jumlah orang yang ingin terhubung dengan merek Anda. Keuntungan dari melihat pengikut adalah mengetahui lebih banyak tentang jangkauan konten Anda.
Klik memungkinkan Anda mengetahui bahwa konten yang Anda bagikan menarik minat pengguna Anda.
Retweet memberi tahu Anda bahwa konten yang Anda bagikan cukup menarik sehingga pengguna Anda ingin membagikannya dengan pengikut mereka.
Favorit bisa sedikit kurang dapat diandalkan daripada jenis data dan statistik lainnya. Sulit untuk mengetahui persis apa yang dipikirkan seseorang ketika mereka memberi favorit, mulai dari menunjukkan penghargaan hingga menandai konten untuk dibaca nanti.

Manajemen Konten untuk Media Sosial

Manajemen konten untuk media sosial merujuk pada proses penciptaan, berbagi, posting, dan mempromosikan konten di berbagai platform media sosial. Konten media sosial ini dapat dibuat secara eksklusif untuk media sosial, atau dapat juga merupakan konten yang telah diformat ulang dan digunakan di media sosial.

Ketika Anda membuat konten media sosial, Anda harus mengetahui di mana dan bagaimana Anda akan menerbitkan dan mempromosikan konten Anda sebelum memulai langkah-langkah dalam proses kreatif. Jika tidak, Anda berisiko membuang waktu Anda.

Membuat konten tidak selalu merupakan proses yang cepat. Bahkan, 60 persen Pemasar Media Sosial membuat satu artikel setiap hari. Ketika Anda mempertimbangkan seberapa banyak konten yang didistribusikan - 952 kiriman dipublikasikan di Instagram setiap detik, 8.726 twit diposting di Twitter setiap detik, dan Google menjawab 3,8 juta permintaan pencarian per menit - semakin penting bahwa konten kuat dan terdistribusi dengan baik untuk mendapatkan perhatian dari audiens yang mudah teralihkan.

Saluran distribusi konten adalah saluran yang Anda gunakan untuk mempromosikan dan berbagi konten Anda. Saluran yang Anda gunakan untuk mendistribusikan konten Anda akan bervariasi berdasarkan audiens dan sumber daya Anda, tetapi dapat dibagi menjadi tiga saluran distribusi khusus: milik (situs web Anda sendiri, akun media sosial, atau blog); diperoleh (mentions, shares, dan ulasan); dan berbayar (PPC, iklan sosial, dan influencer).

Posting Komentar untuk "Apa Itu Social Media Marketing? Manfaat dan Jenis Platform Terpopuler"