Iklan Header

Masalah Xiaomi Redmi Note 9 Layar Tidak Bisa Disentuh, Restart, Mati Total

Sebuah kasus menarik rusaknya Xiaomi Redmi Note 9 dengan kronologi yang awalnya layar tidak bisa disentuh atau dead touch, lalu setelah 2 minggu kemudian sering restart sendiri, dan akhirnya mati total tidak bisa dihidupkan saat tombol power ditekan lama sekalipun. Namun, saat di cas masih muncul logo baterai dan beberapa detik bergetar.

Langsung kita tes tekan tombol power, namun tidak ada respon apapun. Saat kita cas, ternyata benar muncul logo baterai kosong, tapi arus di power supply menunjukan ada penarikan sebesar 0.6A, bahkan setelah kita diamkan beberapa menit arus amper naik hingga 1.1A.


Selanjutnya kita bongkar saja HP nya, lalu cabut baterai dan kita tes dengan menggunakan Power Supply Analog untuk analisa kerusakan. Setelah dihubungkan dan dicoba tekan tombol power, ternyata ada arus nyangkut di kisaran 0.2A. Diduga ada indikasi, IC Cas bekerja, IC Power bekerja, namun IC CPU tidak merespon tegangan yang diberikan IC Power.

Langsung saja kita coba angkat mainboard dan kita cek area CPU/Chipset. Redmi Note 9 disini menggunakan chipset MediaTek MT6769V. Kita vonis langsung IC CPU karena berdasarkan analisa Power Supply tadi dia naik hampir 0.2A tapi sudah turun lagi. Jadi ada indikasi IC CPU tidak berkerja.

IC CPU akan kita reball atau Angkat Cetak Pasang ulang dengan harapan IC tidak rusak, terjadi masalah hanya karena ada pin saja yang tidak terkoneksi dengan benar, sehingga kita coba solder ulang.

Untuk mengangkat CPU, kita harus membuang sebagian kaleng yang menghalangi, dengan memotongnya pakai bor dan mencabutnya dengan tang potong.

Chipset pada Redmi Note 9 ini menggunakan lem juga, jadi kita harus buang dulu lemnya dengan menggunakan blower den kerok dengan pisau IC khusus. Hal ini wajib dilakukan karena ada komponen-komponen kecil juga di dekat IC takutnya merekat ke IC pada saat pengangkatan.

Kita gunakan blower dengan panas 380 dan angin 50 untuk mengangkat IC dengan pisau khusus angkat IC.

Selanjutnya lakukan pembersihan sisa-sisa timah yang menempel pada PCB.

Selanjutnya bersihkan juga pin konektor pada IC Chipset. 

Lalu cetak ulang dengan menggunakan plat khusus cetak ulang. Pencetakan bisa dilakukan beberapa kali, biasaya hingga 3x agar hasil cetakan maksimal, timah rata di semua titik, tidak ada satu titikpun yang terlalu sedikit timahnya.

Pasang kembali ke mesin. Dan.. alhamdulillah.. Redmi Note 9 normal kembali, menyala dan bisa disentuh kembali.


Ok, itulah kasus HP Xiaomi yang awalnya layar tidak bisa disentuh, biasanya memang karena koneksi IC CPU yang buruk. Kalau sering restart Redmi Note 9 bisa banyak penyebab selain IC CPU ini, bisa disebabkan IC RF (pernah kita bahas disini) atau disebabkan baterai.

Semoga bisa diambil pelajaran dari kasus ini. Sumber: Teknisi Cungkring.

Posting Komentar untuk "Masalah Xiaomi Redmi Note 9 Layar Tidak Bisa Disentuh, Restart, Mati Total"