Iklan Header

Cara Membuka Casing Belakang, Fingerprint, dan Ganti Baterai Xiaomi Redmi Note 9

Xiaomi Redmi Note 9 ini memiliki baterai dengan kapasitas yang besar, yaitu 5020 mAh, sama dengan Redmi 9 dan Redmi Note 9 Pro. Perkiraan masa pakai baterai bisa hingga 1,5-2 tahun baru akan terasa penurunan performanya.

Bagaimanapun suatu saat mungkin Anda perlu mengganti baterinya ketika baterai rusak, boros, drop atau kembung, atau ponsel jadi bootloop, dan masalah baterai lainnya.

Pada artikel ini Elppas akan memberikan tutorial bagaimana cara membuka casing belakang dan mengganti baterai Xiaomi Redmi Note 9.

Peralatan, obeng, dan tools kit yang diperlukan untuk membongkar ponsel ini:
  • SIM Card tray ejector
  • Opening tools
  • Spudger
  • Obeng phillips #00 atau plus ukuran 1,5mm
  • Pinset
Peralatan bisa dibeli di tokopedia.com/elppastore atau bukalapak.com/elppastore. Kalau sudah siap tools nya, yuk kita bongkar..

Langkah 1: Cara Membuka Casing Belakang Redmi Note 9


Seperti biasa, sebelum bongkar-bongkar, pastikan ponsel dalam keadaan mati (power off). Lalu keluarkan terlebih dahulu SIM card tray dan MicroSD tray dengan menggunakan ejector yang biasanya diberikan di paket penjualan..


Selanjutnya bisa mulai congkel-congkel casing belakang (di dekat port charging) dengan menggunakan opening pick atau pick gitar.. Atau jika tidak ada alatnya, bisa menggunakan kuku..



Seperti biasa, congkel dan geser ke sekeliling frame untuk melepaskan pengait-pengait casing sampai casing bisa dibuka..

Hati-hati ada fingerprint sensor pada Redmi Note 9 ini sehingga tidak bisa langsung dipisahkan dengan bodi utama.

Konektor sensor sidik jari belum bisa dilepas karena tertutup cover mainboard, sehingga tahap selanjutnya harus membuka penutup plastinya terlebih dahulu.

Posisikan backcover secara melintang dan buka beberapa buah sekrup dengan menggunakan obeng plus ukuran 1,5mm..

Setelah semua baut dilepas, maka penutup mainboard bisa dibuka dan kita bisa lepaskan konektor sensor sidik jari. Namun sebaiknya lepaskan terlebih dahulu konektor baterai supaya lebih aman untuk memutus arus listrik..

Untuk mengganti baterai, silahkan lanjut ke tutorial berikutnya..
 

Spesifikasi Baterai Original Xiaomi Redmi Note 9


Sebelum bongkar untuk ganti baterai, kita lihat dulu spesifikasi baterai original bawaan Xiaomi Redmi Note 9 ini. Pastikan jika ingin mengganti baterai, Anda jangan sampai salah beli baterainya.

Berikut spesifikasi baterai ori Redmi Note 9:


  • Type: Li-ion Polymer Battery
  • Model: BN54
  • Limited Charge Voltage: 4.45Vdc
  • Minimal Capacity: 4920mAh/19.0Wh
  • Nominal Voltage: 3.87Vdc
  • Typical Capacity: 5020mAh/19.4Wh


Dimana membeli baterai Xiaomi Redmi Note 9 yang original? Biasanya sih cuma di Xiaomi Service Center, langsung ganti baterai di sana tidak bisa beli baterainya saja.

Selain itu, mungkin banyak yang jual di marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dll., tapi perlu di ingat bahwa baterai yang dijual di marketplace atau toko sparepart umum biasanya baterai tiruan, OEM atau KW, jadi perlu hati-hati karena barang KW suka ada grade-grade nya. Pastikan Anda membeli yang kualitasnya bagus supaya tidak boros atau cepat habis karena kapasitas tidak sesuai. Kalau saya biasanya beli yang OEM saja yang bermerk seperti Hippo, Vizz, Xidol, Rakkipanda, dll.

Rekomendasi baterai:

Baca Juga: Ganti Baterai Tanam HP, Pilih KW, OEM Bermerk (Hippo, Rakkipanda, Vizz, dll), atau ORI?

Lanjut, kita ke tutorial mengganti baterai..

Langkah 2: Mengganti Baterai Xiaomi Redmi Note 9


Melanjutkan Langkah 1, casing belakang telah terbuka dan kita bisa lihat langsung baterainya. Namun masih ada 2 buah flexible yang menghalangi. Lepaskan konektor flexible LCD dan Sub-board..

Setelah itu, untuk melepas baterai Redmi Note 9 yang merekat dengan lem khusus yang memiliki ujung (pull-tab), kita tarik pull-tab nya secara lurus dan hati-hati, perlahan-lahan saja jangan buru-buru agar tidak putus di tengah..

Teknik lain untuk membuka baterai adalah dengan menggunakan cairan isoprofil alkohol untuk melumerkan lem.

Setelah kedua baris lem dilepas, maka baterai akan mudah dibuka, silahkan ganti dengan baterai baru. Jangan lupa tes nyala terlebih dahulu untuk memastikan baterai penggantinya berfungsi normal. Setelah itu, silahkan pasang kembali semuanya seperti semula.

Demikian tutorial cara membuka casing belakang dan mengganti baterai Redmi Note 9. Gunakan panduan ini secara bijak dan kami tidak bertanggungjawab apabila terjadi masalah pada ponsel Anda. Lakukan itu dengan resiko Anda sendiri.

Terakhir, untuk lebih jelasnya Anda bisa lihat video bongkar Redmi Note 9 secara total (teardown), silahkan lihat video disassembly dari DC Spot berikut ini:


Semoga bermanfaat! Pics source: DC Spot.

Posting Komentar untuk "Cara Membuka Casing Belakang, Fingerprint, dan Ganti Baterai Xiaomi Redmi Note 9"