Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

HP Redmi Note 9 Restart Pendek dan Nyala Mati Ternyata Bisa Disebabkan IC RF

Di Panduan Servis Elppas kali ini, kita ada kasus smartphone Xiaomi Redmi Note 9 dengan gejala kerusakan HP saat ditekan tombol power nyala muncul logo Redmi beberapa detik lalu mati, sedangkan jika saat di cas terjadi restart pendek terus menerus, hanya muncul logo yang solah-olah seperti kedip-kedip..

Kasus restart/botloop memang kompleks, bisa berbagai macam penyebabnya, bisa baterai, bisa komponen short di mesin, eMMC/UFS, dan software.

Jadi pastikan kita harus mengetahui dulu bagaiman kronologi terjadi kerusakan. Dan kata pemilik, HP ini sempat terjatuh sebelum rusak, selain itu juga sinyal di area tempat tinggalnya memang cukup dinamis naik turun karena cukup jauh dari jangkauan tower.

Langsung saja kita eksekusi.. kita bongkar Xiaomi Redmi Note 9

Dan setelah dibuka, hal pertama kita tes adalah baterai untuk memastikan baterai normal..

 


Baterai menunjukan voltase 3.76 yang berarti normal, jika berada di kisaran 3.85V maka dianggap normal. Berarti bukan masalah baterai.

Kembali ke kronologi sebelum kerusakan, sinyal naik turun karena tempat tinggal jauh dari kota atau jauh dari tower provider. Maka dicurigai IC RF (Radio-Frekuensi) bermasalah.

Disini kita coba copot IC RF yang terletak di dalam kaleng dekat slot SIM card. Kita gunakan flux dan heat gun untuk membukanya..

 


IC RF Redmi Note 9 dengan seri QM56023.

Kita coba cabut terlebih dahulu IC RF, apakah akan pulih, tidak merestart lagi?

 
Dan ternyata benar HP kembali normal setelah diganti IC RF..

Jadi gejala kerusakan akibat IC RF ini cukup bervariasi juga ya, setelah sebelumnya ada juga gara-gara IC RF, HP Realme IMEI nya hilang, dan sekarang ini restart.

Dan penyebab ponsel restart juga banyak penyebabnya bisa hardware maupun software, tapi jika gejalanya restart pendek saat di cas dan nyala mati saat ditekan tombol power seperti gejala ini maka kemungkinan penyebabnya IC RF.

Semoga bisa menambah wawasan! Sumber gambar: Teknisi Ndeso.

Posting Komentar untuk "HP Redmi Note 9 Restart Pendek dan Nyala Mati Ternyata Bisa Disebabkan IC RF"