Iklan Header

Sering Disebut IC Sinyal, Ini Perbedaan dan Cara Kerja IC PA dan IC RF/WTR

Dua artikel sebelumnya elppas sudah membahas tentang IC PA dan IC RF/WTR. Dari situ kita faham bahwa walaupun ketiganya sering disebut "IC Sinyal" tapi sebenarnya ketiganya berbeda.
 

IC PA dengan IC RF apakah beda?

Meskipun keduanya merupakan komponen penting pada smartphone, IC PA dan IC RF (Radio Frequency) adalah dua jenis komponen yang berbeda dan memiliki peran yang berbeda pula.

IC PA (Power Amplifier) atau Penguat Daya Terpadu adalah sebuah komponen yang bertanggung jawab untuk memperkuat sinyal telepon seluler pada ponsel. 

Saat kita menelpon dan berbicara, CPU akan mengolah sinyal digital dari microphone, lalu sinyal digital itu akan diubah menjadi sinyal analog melalui IC RF/WTR, dan sinyal dikirim ke IC PA untuk diperkuat dan dikirim ke antena lalu ditransmisikan ke tower BTS untuk dikirim ke ponsel lawan bicara kita.

IC PA digunakan untuk memastikan sinyal telepon seluler pada ponsel dapat dikirim dengan lebih baik dan menghasilkan kualitas suara yang jernih dan stabil selama percakapan telepon.

Sementara itu, IC RF atau Radio Frequency merupakan komponen yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital dari CPU menjadi sinyal radio analog yang dapat dipancarkan melalui antena ponsel. Sebaliknya, IC RF juga berfungsi untuk memproses sinyal radio yang diterima melalui antena ponsel dan mengubahnya menjadi sinyal digital yang dapat diproses oleh CPU ponsel.

Dalam rangkaian ponsel, IC PA dan IC RF bekerja secara terintegrasi dan saling terkait satu sama lain seperti yang telah dijelaskan diatas.

Apakah IC RF dengan IC WTR sama?

Tidak, IC RF dan IC WTR (Wi-Fi/Bluetooth/Transceiver/Receiver) adalah dua komponen yang berbeda dalam sebuah smartphone, meskipun keduanya terkait dengan fungsi jaringan nirkabel.

IC RF adalah singkatan dari Integrated Circuit Radio Frequency, yang bertanggung jawab untuk mengelola sinyal radio frekuensi pada smartphone, termasuk sinyal telepon seluler dan jaringan data. IC RF berfungsi untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital dan sebaliknya, dan juga untuk mengatur daya sinyal yang diterima dan dikirim.

Sementara itu, IC WTR adalah singkatan dari Integrated Circuit Wi-Fi/Bluetooth/Transceiver/Receiver, yang berfungsi untuk mengatur sinyal Wi-Fi dan Bluetooth pada smartphone, serta menjadi transceiver dan receiver yang mengubah sinyal antena menjadi sinyal digital.

Meskipun keduanya terkait dengan fungsi jaringan nirkabel pada smartphone, IC RF dan IC WTR memiliki fungsi yang berbeda dan umumnya terletak pada area yang berbeda pada board utama.

IC RF biasanya tidak ada di smartphone dengan Chipset Qualcomm karena adanya IC WTR. Contoh kasusnya sudah elppas bahas di artikel IC RF/WTR.

Memahami Cara Kerja IC PA dan IC RF/WTR

IC PA (Power Amplifier) dan IC RF/WTR (Radio Frequency/Transceiver) adalah dua komponen penting pada smartphone yang berfungsi untuk mengatur sinyal nirkabel pada perangkat tersebut. IC RF/WTR mengirimkan dan menerima sinyal nirkabel antara perangkat dan jaringan selular, sedangkan IC PA memperkuat daya sinyal untuk meningkatkan jarak jangkauan dan kekuatan sinyal.


Cara kerja IC RF/WTR pada smartphone adalah sebagai berikut:

  1. Sinyal nirkabel (seperti sinyal selular) yang masuk diterima oleh antena di smartphone dan diteruskan ke IC RF/WTR, diubah sinyal analog menjadi digital dan diteruskan ke CPU untuk diolah.
  2. IC RF/WTR juga bisa menerima sinyal digital dari CPU lalu memproses sinyal ini dengan mengubah frekuensi, mengatur daya, dan menyesuaikan parameter lainnya agar sesuai dengan standar jaringan selular yang digunakan.
  3. Setelah diatur, sinyal diteruskan ke IC PA untuk diperkuat dan kemudian dikirimkan kembali ke antena smartphone untuk di-transmisikan ke jaringan seluler.

Cara kerja IC PA pada smartphone adalah sebagai berikut:

  1. Setelah sinyal nirkabel diatur oleh IC RF/WTR, sinyal tersebut diteruskan ke IC PA.
  2. IC PA memperkuat daya sinyal untuk meningkatkan jangkauan dan kekuatan sinyal, dan kemudian mengirimkan sinyal kembali ke antena smartphone.
  3. Antena mengirimkan sinyal yang telah diperkuat ke jaringan selular (BTS atau tower provider selular atau Hotspot Wi-Fi atau Bluetooth).

Dalam hal ini, IC PA dan IC RF/WTR bekerja bersama-sama untuk memastikan sinyal selular yang kuat dan stabil, yang memungkinkan pengguna smartphone untuk menerima dan membuat panggilan, mengirim pesan, dan menggunakan internet secara efektif.

Berikut video yang menjelaskan cara kerja IC PA dan IC RF atau IC WTR: 

 

Dengan memahaminya, maka kita akan lebih tau jika terjadi kerusakan pada:

  • IC PA, mengakibatkan sinyal selular lemah atau bahkan ponsel mati total.
  • IC RF, mengakibatkan sinyal selular tidak ada sama sekali.
  • IC WTR, mengakibatkan sinyal selular mati, wi-fi mati, bluetooth mati, baseband hilang.

Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Sering Disebut IC Sinyal, Ini Perbedaan dan Cara Kerja IC PA dan IC RF/WTR"