Iklan Header

Apa Itu IC PA Pada Smartphone? Harga dan Cara Mengganti IC Sinyal

Apa Itu IC PA Pada Smartphone?

IC PA merupakan singkatan dari "Integrated Circuit Power Amplifier" adalah IC penguat daya sinyal pada smartphone yang berfungsi untuk memperkuat sinyal telepon seluler sebelum dikirimkan ke antena agara dapat ditransmisikan dengan baik. Oleh karena itu, IC PA sering juga disebut sebagai IC Sinyal.

IC PA merupakan bagian yang paling banyak memakan daya baterai di ponsel karena sering meminta daya untuk meningkatkan daya sinyal RF (Frekuensi Radio) termodulasi dan mengirimkannya ke antena.

IC PA biasanya terletak di mainboard ponsel dilindungi kaleng dan terhubung dengan antena ponsel, juga terhubung ke IC RF.

IC PA pada smartphone juga memainkan peran penting dalam menghasilkan kualitas suara yang jernih dan stabil selama percakapan telepon. Jika IC PA rusak atau tidak berfungsi dengan baik, maka sinyal dan kualitas suara pada ponsel dapat menjadi buruk atau bahkan hilang sama sekali, hingga mengakibatkan smartphone mati total.

Apa Akibat atau Gejala Jika IC PA rusak?

Jika IC PA pada smartphone rusak, maka beberapa gejala yang mungkin terjadi adalah:

  1. Sinyal yang lemah atau hilang: IC PA adalah komponen yang bertanggung jawab untuk memperkuat sinyal telepon seluler pada ponsel. Jika IC PA rusak, maka sinyal pada ponsel dapat menjadi lemah atau bahkan tidak ada sinyal sama sekali.
  2. Kualitas suara buruk: IC PA juga berperan dalam menghasilkan kualitas suara yang jernih dan stabil selama percakapan telepon. Jika IC PA rusak, maka kualitas suara pada ponsel dapat menjadi buruk atau terdengar gemetar.
  3. Masalah pada konektivitas: IC PA juga dapat mempengaruhi konektivitas jaringan data pada ponsel. Jika IC PA rusak, maka ponsel mungkin mengalami masalah dalam mengakses internet atau aplikasi online lainnya dengan pesan No Internet Access.
  4. Panggilan Berakhir: Panggilan berakhir adalah pesan yang muncul ketika kamu ingin menelepon seseorang, namun IC PA di HP kamu rusak. Panggilan berakhir ini pesannya langsung otomatis muncul. Jadi di HP tidak ada nada dering sambungan sama sekali.
  5. Ponsel sering mati sendiri: Jika IC PA rusak, maka ponsel dapat sering mati sendiri atau restart dengan sendirinya.
  6. Mati Total: Jika IC PA short/konslet juga bisa mengakibatkan smartphone mati total.
  7. Baterai Menjadi Boros: IC PA yang rusak dapat membuat ponsel lebih boros daya dan mengakibatkan baterai cepat habis.

Jika mengalami gejala-gejala di atas, kemungkinan besar masalahnya ada pada IC PA. 

Apa Penyebab IC PA rusak?

Ada beberapa penyebab umum mengapa IC PA pada smartphone dapat rusak, antara lain:

  1. Overheat: Jika ponsel terlalu sering dipakai atau terpapar suhu yang tinggi, maka IC PA dapat mengalami kerusakan karena terlalu panas.
  2. Korsleting atau hubungan arus pendek: IC PA dapat mengalami kerusakan jika terjadi hubungan arus pendek atau korsleting di dalam ponsel yang disebabkan charger jelek/KW.
  3. Pemakaian yang berlebihan: Jika ponsel terus-menerus digunakan untuk membuat panggilan atau mengirim pesan teks dengan frekuensi tinggi, maka IC PA pada ponsel dapat mengalami kerusakan karena bekerja terlalu keras. 
  4. Sering berada di tempat kurang sinyal: Jika anda berada di daerah yang lemah sinyal, seperti di kampung, atau dalam gedung, IC PA bisa bekerja keras untuk mencari dan menguatkan sinyal dan pada akhirnya bisa berakibat IC PA rusak.
  5. Kerusakan akibat kecelakaan: Jika ponsel jatuh atau terkena benturan yang kuat, maka IC PA pada ponsel dapat rusak.
  6. Usia yang tua: IC PA pada ponsel dapat mengalami kerusakan karena umurnya yang sudah lama dan sudah tidak bekerja dengan baik.

Untuk mencegah IC PA pada ponsel rusak, sebaiknya menghindari penggunaan yang berlebihan, menjaga agar ponsel tidak terkena suhu yang terlalu panas, dan merawat ponsel dengan baik. 

Berapa Harga IC PA dan Jasa Servisnya?

Harga IC PA untuk smartphone bervariasi tergantung pada merek (Xiaomi, Samsung, dll) dan model ponsel yang digunakan. Selain itu, harga IC PA juga dapat dipengaruhi oleh kondisi pasar dan ketersediaan stok di daerah tertentu.

Sebagai referensi, harga IC PA untuk smartphone biasanya berkisar antara Rp. 20 ribu hingga Rp. 50 ribu rupiah atau ratusan ribu tergantung model. 

Sedangkan untuk jasa penggantian IC PA biasanya 2x lipat dari harga IC-nya (sekitar Rp. 50rb-250rb) tergantung model HP juga. Selain itu karena pengerjaannya juga cukup beresiko.

Bagaimana Cara Mmemperbaiki/Mengganti IC PA?

Mengganti atau memperbaiki IC PA pada smartphone wajib memiliki keahlian dalam menganalisa kerusakan dan skill angkat pasang IC menggunakan blower. 

Secara umum, berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk memperbaiki atau mengganti IC PA pada smartphone:

  1. Identifikasi kerusakan: Langkah pertama adalah mengidentifikasi kerusakan yang terjadi pada ponsel. Jika sinyal lemah atau hilang, masalahnya mungkin ada pada IC PA. Namun, kerusakan yang terjadi pada ponsel bisa disebabkan oleh beberapa faktor, sehingga sebaiknya memastikan dulu masalahnya sebelum mengganti IC PA.
  2. Buka casing ponsel: Untuk mengakses IC PA pada ponsel, biasanya harus membuka casing ponsel terlebih dahulu. Jangan lupa mematikan ponsel terlebih dahulu sebelum membuka casingnya. Lalu buka pelindung mainboard, dan lepaskan konektor baterai.
  3. Identifikasi IC PA: Setelah membuka casing ponsel, identifikasi lokasi IC PA pada ponsel. IC PA biasanya terletak dekat dengan antena ponsel atau di dekat bagian bawah ponsel. Kebanyakan IC PA juga terletak didalam plat besi atau kaleng pelindung sehingga harus melepasnya terlebih dahulu.
  4. Lepas IC PA: Setelah menemukan IC PA, lepaskan IC PA dari motherboard dengan hati-hati menggunakan alat khusus (flux, pinset dan blower) untuk membuka IC PA. Pastikan tidak merusak motherboard dan komponen disekitarnya saat melepas IC PA.
  5. Pasang IC PA yang baru: Setelah IC PA lama dilepas, pasang IC PA yang baru dengan hati-hati pada motherboard. Pastikan IC PA terpasang dengan benar dan terkunci pada posisi yang tepat.
  6. Tes fungsi: Setlah IC PA dipasang, rakit kembali rangkaian ponsel dan coba nyalakan apakah ponsel hidup dan sinyal berfungsi normal? Jika ya lanjut..
  7. Tutup casing ponsel: Setelah memasang IC PA yang baru, tutup kembali casing ponsel dengan hati-hati. Nyalakan ponsel dan pastikan IC PA baru berfungsi dengan baik.

Berikut contoh video analisa dan penggantian IC PA Samsung Galaxy A30:



Ingatlah bahwa mengganti atau memperbaiki IC PA pada smartphone adalah pekerjaan yang rumit dan memerlukan pengetahuan dan pengalaman khusus. Jika Anda awam, sebaiknya membawa ponsel ke teknisi terlatih atau pusat layanan ponsel untuk mengganti atau memperbaiki IC PA.

Posting Komentar untuk "Apa Itu IC PA Pada Smartphone? Harga dan Cara Mengganti IC Sinyal"