Iklan Header

5 Langkah Cara Teknisi Memperbaiki HP Rusak Hardware

Sebelumnya Elppas sudah bahas Alat-alat teknisi HP untuk pemula. Selanjutnya kita akan berbagi pengalaman seputar bagaimana cara teknisi memperbaiki HP rusak secara hardwar. 

Langkah awal apa saja yang dilakukan teknisi HP dalam mengatasi kerusakan pada HP?

Perlu dipahami bahwa HP rusak itu banyak sekali penyebabnya, artinya kerusakan yang sama bisa saja penyebabnya berbeda dan tentu cara menanganinya juga berbeda.

Jadi tahap awal yang dilakukan teknisi HP untuk memperbaikinya adalah..

  1. Menanyakan Kerusakan.
    Jadi ini wajib ya, tanyakan terlebih dahulu rusak apanya? Atau keluhannya apa? Hal ini mungkin sepele tapi ini wajib. Misal keluhannya HP restart saat menjalankan aplikasi Youtube saat menonton video, tiba-tiba restart. Maka itu nanti akan memudahkan teknisi untuk memvonis kira-kira kerusakannya dimana.
  2. Menanyakan Penyebab Kerusakan.
    Mengetahui penyebab kerusakan juga adalah modal seorang teknisi untuk mengetahui masalanya dimana. Misalkan ada kasus HP Redmi 7A mati total. Penyebabnya itu bisa berbeda-beda anatara pengguna, contohnya karena jatuh, karena tenggelam ke air, atau karena lama tidak dipakai. Nah, itu nanti pengananannya akan berbeda juga. Jadi sekali lagi, mengetahui kronologis kerusakan itu wajib dilakukan teknisi HP.
  3. Menganalisa Kerusakan
    Langkah yang paling susah dalam memberaiki HP adalah menganalisa. Analisa kerusakan bisa secara hardware maupun software.
  4. Memvonis Kerusakan
    Setelah analisa, cek sana cek sini, maka selanjutnya adalah memvonis atau menentukan bahwa kerusakkannya disebabkan oleh komponen ini atau komponen itu.
  5. Mengeksekusi
    Setelah vonis kerusakan, semisal kita meyakini bahwa IC Power bermasalah maka kita harus eksekusi komponen tersebut, apakah dengan merehot atau menggantinya.

Permasalahan yang sering dialami teknisi itu di langkah 3, 4, 5. Setelah kita analisa, kita vonis, lalu kita eksekusi, ternyata masih gagal. Kita harus tentukan lagi masalahnya dimana, apakah salah analisa atau salah dalam melakukan eksekusi.

Misal, kerusakan pada smartphone tidak ada sinyal. Lalu kita analisa dan vonis kemungkinan besar IC WTR yang rusak, lalu kita belikan IC WTR, lalu kita eksekusi ganti IC WTR, stelah diganti lalu kita tes nyalakan ternyata masih tidak ada sinyal.

Disini teknisi diuji lagi kembali ke langkah 3, apakah analisa yang salah atau eksekusi yang salah, bisa saja pemasangan IC kurang presisi atau ada kaki yang tidak tersolder dengan sempurna, atau memang IC cacat pabrik, bisa juga salah eksekusi misal terlalu panas setting blower sehingga IC mati saat pemasangan?

Hal itu sering menjadi kendala teknisi, apalagi teknisi pemula. Namun seiring dengan pengalaman maka nanti akan berkurang masalahnya jika kita semakin mahir dalam melakukan eksekusi sehingga tidak ada lagi salah-salah dalam pemasangan.

Lanjut, saya akan berbagi pengalaman sedikit tengang analisa atau prosedur dalam beberapa kerusakan HP..

HP Tidak bisa di cas

  • Cek fisik konektor, inilah gerbang masuk arus listrik saat ngecas, jika secara fisik terlihat rusak maka konektor bisa diganti. Biasanya terjadi pada ponsel sang sudah berumur tahunan.
  • Coba di cas dan goyang-goyang kabel. Sering terjadi juga ya ada kasus ngecas putus nyambung gara-gara konektor sudah loggar. Maka konektor bisa diganti dengan yang baru.
  • Analisa dengan charger doctor atau power supply. Kita bisa cas dan lihat ampere yang masuk, jika 0 maka kemungkinan masih konektor yang rusak. Jika ampere 0.4 atau dibawahnya bisa jadi IC cas yang bermasalah atau juga ada jalur yang konslet.
  • Ada juga yang di cas tidak nambah-nambah, itu bisa karena baterainya yang stuck masuk mode sleep, maka itu perlu di suntik baterai atau di aktivasi.

 HP Restart terus menerus

  • Cek fisik tombol. HP restart terus menerus bisa diakibatkan oleh tombol yang gancet sehingga akan restart terus menerus.
  • Cek fleksible on/off. Coba nyalakan dan lepas flexible, kalau sudah tidak restar maka kemungkinan bermasalah di flexible on/off nya.
  • Coba nyalakan HP dengan power supply barangkali baterai bermasalah atau sudah drop. Jika fix, maka coba ganti baterai baru. Sering terjadi kasus restart terus menerus dikarenakan baterai yang sudah drop voltasenya.
  • Flashing/software. Salah satu penyebab HP restart terus juga bisa karena software yang corrupt. Jadi coba flash ulang.
  • Jika masih restart terus, maka kemungkinan masalah di harware, khusunya IC eMMC/UFS (memori internal).

HP Tidak ada sinyal...

  • Cek IMEI dengan men-dial *#06#. IMEI tidak boleh kosong. Jika kosong maka kemungkinan harus software untuk memberi IMEI. Namun IMEI kosong juga bisa disebabkan masalah hardware.
  • IMEI terbegal atau tidak terdaftar di Kemenperin juga bisa mengakibatkan tidak ada sinyal. Khusunya untuk smartphone yang ilegal dari luar negeri tidak masuk secara resmi ke Indonesia.
  • Cek Basebande. Bisa dilihat di Tentang HP (About) bagian Pita Basis. Harus ada datanya.
  • Coba cari jaringan secara manual. Ada dua kasus biasanya benar-benar tidak ada sinyal, maka kemungkinan hardware rusak di bagian pemberi tegangan, yaitu IC WTR/SDR. Jika ada tapi lemah maka itu kemungkinan penguat sinyalnya entah itu jalur ke antenanya, resistor putus/konselt, atau antena lepas.
  • Cek status radio dengan men-dial *#*#4636#*#*, jika sudah terpasang SIM card namun status radio tidak ada maka kemungkinan juga IC.

HP Tidak bisa disentuh..

  • Cek fisik. Jika layar pecah, kemungkinan touchscreen rusak. Ganti touchscreen.
  • Gejala lain juga sama seperti tidak bisa disentuh sebagian atau seluruhnya, rata-rata fix dengan cara mengganti touchscreen.

HP No display atau tidak tampil

  • Cek fisik LCD, jika pecah maka kemungkinan LCD rusak dan perlu diganti.
  • Coba tekan dan tahan tombol power sekitar 15 detik. Sering terjadi kasus dilapangan hanya dengan menekan tombol power saja tiba-tiba nyala lagi.
  • Coba hard reset. Kadang baterai stuck, hard reset dengan menekan tombol power + tombol volume (-) ditahan selama sekitar 10 detik kadang bisa nyala lagi. Ini seperti mencabut baterai dan memasang kembali.
  • Jika mesin nyala tapi tidak ada tampilan (blank hitam), coba senter bagian LCD, jika terlihat ada bayangan tampilan maka kemungkinan lampu LCD mati.
  • Langkah terakhir jika msaih mentok, maka coba ganti LCD baru.

HP Mati Total..

  • Coba cas dengan power supply atau Smart USB Charger atau charger dengan charger doctor, intinya untuk melihat arus ampere yang masuk. Jika arus masuk diatas 0.5A maka kemungkinan IC cas/power aman. Jika dibawah 0.5A maka kemungkinan IC cas/power rusak.
  • Coba hubungkan ke komputer, jika port terdeteksi 9008 (Qualcomm) atau MTKPort (MediaTek) maka kemungkinan eMMC/UFS rusak.

Nah itu mungkin hanya sebagian prosedur berdasarkan pengalaman kami. Untuk kersusakan spesifik bisa cari di Google atau Youtube. 

Selanjutnya Elppas akan bahas juga cara menangani HP rusak secara software yang sering masuk servis.

Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "5 Langkah Cara Teknisi Memperbaiki HP Rusak Hardware"