Iklan Header

Servis HP Vivo Y17 Matot Tidak Mau Ngecas Kena IC Power

Halo elppaster, kali ini kita dapat servisan HP Vivo Y17 yang mati total tidak mau hidup dan tidak mau ngecas.

Seperti biasa hal yang perlu diketahui adalah bagaimana kronologi kejadian? Menurut pengguna ternyata HP ini mati saat dicas dan tersambar petir.

Untuk kasus seperti ini, mati saat ngecas baik terkena petir ataupun menggunakan charger yang tidak bagus seperti charger KW, biasanya yang kena IC Power ataupun IC Cas.

Langsung saja kita bongkar, untuk cara bongkar bisa lihat di artikel Cara Membuka Casing Belakang dan Ganti Baterai Vivo Y17.

Pertama kita cek dulu baterainya dengan menggunakan multimeter..

Voltase baterai HP rata-rata 3.85V, dan setelah kita cek kondisi baterai berada di kisaran 3.81V berarti baterai normal tidak bermasalah.

Kembali ke kronologi, karena HP rusak dikarenakan sambaran petir saat ngecas, maka kemungkinan besar adalah IC Power.

Setelah kita cek jalur-jalur vBat memang mengindikasikan ada kerusakan di IC Power.

Jadi kita coba ganti dulu IC Power..

Seperti biasa, untuk melepas IC Power kita gunakan flux dan panaskan dengan blower di setelan angin 3 dan panas 375 celcius.. Sambil kita pegang IC dengan pinset, setelah bisa goyang langsung kita angkat.

Setelah dingkat, bersihkan bekas IC Power dengan solder wick dan contact cleaner.

Selanjutnya kita ganti IC Power, untuk Vivo Y17 ini menggunakan IC Power MT6357CRV bisa dibeli di marketplace online seperti Tokopedia atau Shopee dengan harga kisaran Rp. 70rb merk Life Future yang menurut kita bagus.


Cara pemasangan, gunakan flux di PCB tempat IC Power, lalu panaskan beberapa detik dengan setelan angin 3 dan panas 375 celcius. Letakan IC Power dengan presisi jangan sampai terbalik. Panaskan lagi sambil dipegang dengan pinset, agak digoyang sedikit dan presisikan kembali letaknya.

Untuk IC Mediatek biasanya kita tidak cetak kaki karena kurang tahan terhadap panas.

Setelah nempel dengan sempurna kita dinginkan dan bersihkan dengan contact cleander dan sikat gigi.

Setelah dingin kita coba pasang kembali, dan alhamdulillah langsung nyala kembali.

Ok, semoga menambah wawasan. Salah satu hal yang sering terjadi memang kena IC Power mengakibatkan smartphone jadi tidak mau nyala dan tidak respon saat di cas. Penyebabnya ya itu tadi, bisa terkena petir, atau menggunakan charger KW.

Sumber: TekSo.

Posting Komentar untuk "Servis HP Vivo Y17 Matot Tidak Mau Ngecas Kena IC Power"