Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

FAQ Sharp Aquos Zero 2 SECOND AU/Docomo: Harga, AnTuTu, Fast Charging, Camera, Refresh Rate

Selamat datang kembali di Elppastore, kali ini saya mau berbagi pengalaman tentang pembelian smartphone SHARP Aquos Zero 2 second atau bekas limbah Jepang dari vendor AU.

 


Apa bedanya bekas vendor AU dengan Docomo? 

Kata penjualnya sih sama saja, sama-sama bekas Jepang, tidak ada perbedaan secara fisik maupun sistem.

 


Berapa harga Aquos Zero 2 second? 

Saya beli 9 November 2021, di harga Rp. 2.710.000 dengan kondisi "mulus like new", batangan alias cuma HP saja. 

Kondisi real yang saya terima fisiknya memang mulus seperti baru, tapi sepertinya ada shadow atau bayangan tipis di layar, atau ada perbedaan warna di sekeliling pinggiran yang seolah-olah menjadi border. Walaupun pada saat order saya chat penjualnya katanya no shadow.

Bayangannya akan terlihat pada saat menampilkan warna putih, jadi bisa ditutupi dengan warna gelap, atau dark mode. Selain itu juga ada bed pixel di bawah. Secara keseluruhan tidak mengganggu.

Untuk harga dan kondisi seperti itu okelah saya tidak komplain, mengingat harga resmi pada saat peluncuran, di pertengahan tahun 2020 dibandrol pada harga 13 juta. Harga bekas versi resmi sekarang di kisaran 4 juta rupiah.

Apa bedanya Sharp Aquos Zero 2 resmi dengan ex Jepang?

Secara spesifikasi sama saja, hanya beda di slot SIM card kalau resmi dual sim sedangkan ex Jepang single SIM, dan juga mungkin UI atau tampilan sistem Android nya.

Ex Jepang tentu ada boloatware nya, atau aplikasi khusus bawaan vendor Jepang, walaupun bisa dihapus, tapi ada beberapa yang tidak bisa dihilangkan aplikasi dan terkadang juga ada beberapa teks Jepang.

Bagaimana UI Aquos Zero 2 ex Jepang?

Baru kali ini saya pakai HP merk Aquos, menurut saya UI atau user interface nya sangat sederhana seperti Android One atau Android murni, kurang begitu efisien dan miskin fitur. 

Karena saya biasanya Xiaomi jadi sudah nyaman dengan MIUI, ada beberapa aplikasi bawaan yang penting seperti barcode scanner, galeri, screen recorder, cleaner, dll. Sedangkan di Aquos Zero 2 ini ga ada, jadi harus download di Google Play Store yang biasanya ada iklan dalam aplikasinya atau harus beli versi pro.

Bagaimana Camera Aquos Zero 2?

Secara keseluruhan hasil foto kameranya menurut saya bagus, warnanya natural, ada mode beauity, bisa auto bisa juga mode pro (manual).

Hasil video bagus, mendukung stabilizer OIS atau EIS, tidak patah-patah dan ngeblur saat bergerak. Selain itu juga mendukung resolusi hingga 4K untuk kamera utama dan FHD untuk kamera depan.

Kekurangannya menurut saya di fitur saja yang standar, tidak ada mode vlog dan dual video seperti pada HP Poco X3 NFC saya.

Bagaimana Daya Tahan Baterai Aquos Zero 2 Bekas?

Kapasitas asli Aquos Zero 2 relatif kecil, yaitu 3130 mAh. Karena bekas tentu sudah berkurang, dan saya mendapatkan sekitar 2269 mAh menurut apliasi AccuBattery, sudah berkurang sekitar 870 mAh dari aslinya. 

 


Daya tahannya untuk pemakaian sosmed, dan marketplace karena saya pedagang online, tidak main games, itu kalau ngecas full dari pagi jam 5, low bat jam 5 sore. Jadi biasanya sehari ngecas 2x.

Apakah Aquos Zero 2 Mendukung Fast Charging?

Ya, HP ini mendukung fast charging Power Delivery 2.0 dan Quick Charge 3.0, kalau saya cas pake charger QC 3.0 arus pengisiannya sekitar 1200~1400 mA atau sekitar 12-15 Watt. Sedangkan pada saat menggunakan PD 2.0 arus pengisian sekitar 900 mA jika layar menyala dan hingga 2200 mA ketika layar mati (stanby).

Berapa Score Antutu Aquos Zero 2?

HP Sharp ini menggunakan SoC kelas atas Qualcomm Snapdragon 855 dengan score Antutu Benchmark sekitar 483315. 

 


Dipadukan dengan RAM 8 GB dan ROM 256 GB cocok untuk berbagai aplikasi berat seperti video editing dan gaming. Hanya saja mungkin dibatasi oleh baterai yang kurang besar.

Bagaimana dengan Jaringan Sinyal nya?

Sejauh ini sih aman, saya menggunakan provider Indosat lancar. Indikator sinyal jarang fullbar, beda saya Poco X3 NFC saya yang sering fullbar, tapi anehnya di area tertentu yang Xiaomi suka dapat Edge di Sharp ini malah dapat 3G. Jadi rasanya malah sama aja walaupun tidak fullbar kecepatan tetap sama dengan HP saya sebelumnya.

Berapa refresh rate Aquos Zero 2?

Refresh rate HP Sharp ini adalah 240Hz. Memang terasa sangat smooth sekali ya scrolling-nya. Tapi tidak ada settingan untuk mengubah refresh rate, jadi hanya di 240Hz saja.

Kelebihan dan Kekurangan Sharp Aquos Zero 2?

Kelebihan:

  • Harga bekas murah cuma 2,7 jutaan.
  • SoC/processor kencang kelas flaghsip Snapdragon 855
  • RAM dan ROM besar 8/256GB
  • Layar OLED 1 Milyar warna yang mendukung HDR sangat enak dipandang
  • Hasil kamera baik foto maupun video menurut saya bagus
  • Ada NFC
  • Refresh Rate tinggi 240Hz 
  • Loudspeaker stereo yang seimbang dengan kualitas suara yang sangat baik
  • Ada LED notification di bezel bawah dekat mic atau port charger.

Kekurangan:

  • Baterai kecil cuma 3130 mAh, second pasti lebih kecil lagi sekitar 2200 mAh
  • Aplikasi bawaan standar banget, jadi harus install di Google Play Store yang mungkin di aplikasi tersebut bakal ada iklannya.

Ok mungkin segitu aja sharing kali ini. Jika ada pertanyaan silahkan di komentar.

Posting Komentar untuk "FAQ Sharp Aquos Zero 2 SECOND AU/Docomo: Harga, AnTuTu, Fast Charging, Camera, Refresh Rate"