Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

"Terhubung, Tidak Ada Internet." Kekurangan HP Xiaomi yang Tak Pernah Diperbaiki?

Saya menggunakan HP Xiaomi sudah cukup lama, bertahun-tahun, mulai dari Redmi 5, Mi Note Bamboo, Redmi Note 7, Redmi 8A dan sekarang POCO X3 NFC.

Masalah Jaringan Wi-Fi ini tidak ada akses ke internet di HP Xiaomi

Mengalami kejadian susah terhubung ke internet melalui WiFi sejak modem dan router dipindah ke rumah kakak saya di depan, dan sekarang terhubung ke WiFi tersebut melalui WiFi repeater.

Jadi istilahnya, saya nembak WiFi ke rumah kakak yang jarak antara router ke WiFi repeater saya sekitar 10 meter atau kurang. Tidak terlalu jauh dan tidak ada masalah sinyal antara kedua device tersebut.

Yang jadi masalah adalah handphone Xiaomi Redmi Note 7 saya jadi susah terkoneksi ke WiFi repeater, dengan tanda "Terhubng, tidak ada internet," juga muncul notifikasi "Jaringan Wi-Fi ini tidak ada akses ke internet."


Setelah saya ganti HP ke POCO X3 NFC pun saya masih mengalami hal yang sama. Kejadian ini sudah beberapa tahun, hingga saya nulis artikel ini pada 21 Juli 2021, masih saja belum ada perbaikan. Posisi sekarang di MIUI 12.0.7.0 | Stabil, selalu berharap ada perbaikan masalah ini di setiap update-nya tapi sepertinya Xiaomi tidak menyadari sehingga merasa tidak ada yang perlu diperbaiki.

Apakah cuma saya yang mengalami hal ini? Kemarin sih saya lihat di grup juga ada yang mengalami masalah serupa, dia pake Redmi 9C. Walaupun konfigurasi WiFi-nya mungkin agak berbeda.

Apakah cuma HP Xiaomi yang mengalami masalah "Terhubung, tidak ada internet?" Nah sepertinya memang begitu, karena istri dan anak saya pake Realme, tidak ada masalah dengan koneksi internet mau langsung ke router utama, access point ataupun ke repeater.

Solusi masalah "Terhubung, tidak ada internet" di HP Xiaomi

Sejauh ini untuk mengatasi masalah tersebut ada dua hal yang bisa saya lakukan, diantaranya:

  1. Mengubah WiFi repeater menjadi akses point, bedanya kalau repeater menggunakan jalur wireless, sedangkan access point menggunakan jalur ethernet (kabel). WiFi extender-nya harus memiliki port ethernet ya.
    Jika tidak memungkinkan, coba cara ke 2..
  2. On/Off kan saja berulang kali (toggle yg dilingkari) sampai muncul tulisan "Ketuk untuk berbagi sandi." Kadang cuma 1-2x kadang juga sampai 10x. Kalau sudah terhubung ke internet melalui WiFi, akan seperti ini..
     


Perkiraan saya sih karena perangkat kurang cerdas mendapatkan IP adress di konfigurasi WiFi seperti saya ini, entahlah di konfigurasi yang lain.

Jika Anda mengalami hal yang sama dan memiliki solusi lain? Silahkan berbagi di komentar.

Semoga Xiaomi bisa memperbaiki masalah ini di update sofware berikutnya. Maaf Xiaomi, saya anggap ini sebuah kekurangan karena di brand lain tidak ada masalah ini.

Posting Komentar untuk ""Terhubung, Tidak Ada Internet." Kekurangan HP Xiaomi yang Tak Pernah Diperbaiki?"