Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

SiCepat HALU, Line Haul Darat, Line Haul Udara itu apa? Lama Sampai?

Tentang SiCepat HALU

SiCepat HALU itu apa? SiCepat HALU, merupakan singkatan dari Harga Mulai Lima Ribu, adalah layanan pengiriman SiCepat Ekspres yang tersedia di E-Commerce: Shopee, Bukalapak & Tokopedia, yang berarti tidak tersedia untuk pengiriman langsung tanpa melalui e-commerce tersebut.


Estimasi pengiriman 1-3 hari ke seluruh kota di Indonesia (menurut situs resmi SiCepat), tapi berdasarkan pengalaman saya kadang bisa sampai 5 hari, terutama ketika melalui "line haul darat".

Apa itu "Line Haul Darat"?

Itu merpakan istilah tracking di situs SiCepat yang menandakan bahwa paket Anda sedang berjalan pada jalur darat, bisa melalui truck atau melalui kapal laut jika tujuannya ke luar pulau. Berikut contoh hasil tracking yang memuat kode Line Haul Darat:

Dari contoh diatas, paket dari Bandung ke Medan memakan waktu sekitar 5 hari (tanggal 20-25). 

Status pada tanggal 21 Feb 2021 "Paket keluar dari DKI Jakarta [Line haul darat MP Jakarta]" artinya paket berangkat dari Jakarta pulau Jawa ke Medan pulau Sumatera melalu darat, baik truck maupun kapal laut.

Status pada tanggal 25 Feb 2021 "Paket telah diterima di Medan [Medan Hub]" artinya paket sudah sampai di kota tujuan (gudang cabang/pusat), selanjutnya akan dilanjutkan ke Sicepat daerah atau kecamatan berdasarkan alamat tujuan.

Beberapa alasan kenapa paket Anda dikirim melalui line haul darat:

  • Menggunakan layanan ekonomis (murah) SiCepat HALU
  • Isi paket mengandung barang yang tidak bisa diangkut melalui udara, seperti: Benda tajam, baterai, laptop mengandung baterai, dan cairan. 
  • Overload jalur udara, jika pengiriman penuh seperti pada saat menjelang lebaran atau natalan biasanya banyak yang kirim paket sehingga kelebihan muatan lewat udara.

Apa itu "Line Haul Udara"?

Itu merupakan istilah tracking di situs SiCepat yang menandakan bahwa paket Anda sedang berjalan pada jalur udara, melalui pesawat cargo, bisa antar kota atau antar pulau.

Bedanya dengan haul darat ya tentu bisa lebih cepat. Jalur udara ini diprioritaskan untuk layanan cepat antar kota/pulau seperti SiCepat BEST (BEsok Sampai Tujuan), lalu SiCepat REG.

Berikut contoh hasil tracking paket dengan status Line Haul Udara:

Contoh diatas adalah kiriman dengan layanan SiCepat REG, dari Bandung (Jawa Barat) menuju Kalimantan.

Kesimpulan 

SiCepat HALU ini merupakan layanan ekonomis (murah) atau bahkan gratis jika belanja di Tokopedia dan memilih layanan Bebas Ongkir.

Oleh karena itu, jangan bawel jika paket Anda lama sampai. Kalau mau cepat sampai pilih saja SiCepat BEST atau minimal SiCepat REG.

Perhitungkan juga jarak dan jalurnya, jika kira-kira lokasi penjual dan pembeli lintas pulau maka ada kemungkinan akan lama sampai. Karena yang membuat lama adalah jalur laut (darat).

Tapi kalau satu kota antar kota dalam satu provinsi, biasanya tetap cepat seperti layanan REG.

Selain hal diatas, yang membuat lama adalah tujuan ke kabupaten atau pelosok.

Terakhir, urusan pengiriman adalah urusan ekspedisi, jangan selalu menyalahkan penjual karena penjual hanya menitipkan paket sesuai dengan pilihan si pembeli. Jika ingin komplain silahkan komplain ke SiCepat.

Posting Komentar untuk "SiCepat HALU, Line Haul Darat, Line Haul Udara itu apa? Lama Sampai?"