Cara Komplain ke SICEPAT Jika Barang Belum Sampai Terlalu Lama

Sebagai sorang penjual online di Tokopedia dan Bukalapak saya sudah sering mendapat keluhan dari pembeli. "Gan barang saya kok belum sampai?"

Pertanyaan tersebut sebenarnya kurang tepat kalau diajukan ke penjual/pengirim. Karena sama-sama tidak tau, tapi biasanya penjual yang baik pasti membantu.

SiCepat atau pihak ekspedisi adalah yang bertanggungjawab 100% atas pengiriman. Sehingga akan lebih efisien jika langsung berhubungan dengan SiCepat. Tanya ke penjual boleh-boleh aja sih untuk minta bantuan. 

Langkah Pertama Sebelum Komplain ke SiCepat


Pembeli atau calon penerima barang sebaiknya cekresi dulu untuk mengetahui posisi barang. Biasanya kan dikasih no resi dari pengirim atau di menu transaksi kalau beli barang di marketplace. Itu bisa digunakan untuk pelacakan posisi barang.

Untuk cek resi bisa di www.sicepat.com/cekresi atau di cekresi.com.

Berikut contoh hasil tracking SiCepat:


Dari hasil tracking resi tersebut bisa diketahui posisi barang ada di mana..

2018-12-06 20:15     Paket telah di input (manifested) di Bandung [Ciateul]
2018-12-08 20:24     Paket telah di terima di Surabaya [Surabaya]

Masalah yang terjadi..
Pada tanggal 10 statusnya masih tetap tidak ada update, 4 hari barang belum sampai ke alamat tujuan. Padahal menurut estimasi di web SiCepat, Bandung-Jember hanya 1-2 hari.

Jika dirasa ada masalah, mandeg, terlambat, sudah melebihi waktu estimasi pengiriman tapi barang belum sampai, dll.. Silahkan komplain ke SiCepat, bukan komplain ke penjual/pengirim. Karena masalah pengiriman ke alamat tujuan 100% tanggung jawab SiCepat.

4 Cara Komplain Ke SiCepat


  1. Melalui email: cs@sicepat.com
    Komplain melalui email sangat disarankan karena paling murah, hanya modal quota, bisa dibilang gratis.

     


    Isi email komplain yang harus/wajib disertakan:

    - Minta tolong untuk di cek no resi. Jadi wajib sertakan no resi.
    - Sertakan nama penerima, alamat lengkap penerima, no hp penerima.
    - Jika Anda sebagai pengirim, sertakan juga nama dan no hp pengirim
    - Sertakan ciri-ciri barang untuk memudahkan pencarian (misal: paket di pack kardus ukuran...)
    - Sertakan foto resi (optional)

    Contoh:

    Halo SiCepat,

    Mohon cek resi 000130378816,
    Keluhan: barang belum sampai sudah seminggu (atau sebutkan berapa hari),
    Service: SiCepat (REG/BEST),
    Packing: Kardus coklat ukuran sekitar 15x20x5cm

    Alamat penerima:
    Nama: (isi nama anda sesuai di resi)
    Alamat: (isi alamat lengkap sesuai di resi)
    No HP/Tlp: (isi no tlp sesuai resi yg bisa dihubungi)

    Pengirim (optional):
    Nama:
    No HP:

    Terimakasih.
    (nama Anda)

    *email biasanya akan dibalas dalam waktu 1-2 jam atau maksimal 24 jam. Isi emailnya biasanya informasi bahwa telah dibuat laporan untuk investigasi ke bagian terkait. Apabila tidak ada balasan lebih dari 1 hari, silahkan coba cara lain.
    .
  2. Melalui LineSiCepat juga bisa dihubungi melalui aplikasi Line dengan username @sicepat, saya sendiri belum pernah nyoba karena tidak diinstal aplikasi Line, soalnya cukup menggangu karena banyak iklannya.
    .
  3. Melalui Telepon

    Melalui telpon mungkin kena pulsa, jadi siapkanlah saldo pulsa yang cukup banyak.

    Hotline Sicepat: (021) 2933 7086

    *Siapkan data. Biasanya nanti ditanyakan data Nama Anda, sebagai penerima/pengirim, Alamat tujuan, no tlp/HP, isi barang, ciri-ciri packing. Hal ini biasanya untuk verifikasi.
    .
  4. Datang ke SiCepat Cabang

    Pastikan sudah cek resi dan tahu posisi barang ada di mana! Kalau sudah ada di kota tujuan/kota Anda. Silahkan datang ke SiCepat cabang/perwakilan di kota Anda. Daftar cabang ada di situs Sicepat.com.

    *Membutuhkan waktu, tenaga dan ongkos jalan. Jadi ini pilihan terakhir kalau sudah mentok. Jangan lupa bawa no resi dan KTP sesuai di resi, atau surat kuasa jika diwakili.

Kapan Minta Bantuan Penjual/Pengirim


Agar lebih bijak, Anda bisa meminta bantuan penjual/pengirim ketika barang mentok di kota Asal. Sedangkan jika sudah di kota tujuan akan lebih efektif jika si calon penerima barang yang tau situasi dan kondisi alamat tujuan dan pihak SiCepat yang tau posisi barang sudah sampai mana.

Seringkali pembeli bertanya ke penjual.. "Gan pesanan saya kok belum sampe-sampe?" Kira-kira yang lebih tau penjual atau pihak SiCepat? Jelas pihak SiCepat karena pengiriman ke alamat tujuan 100% tugas SiCepat.

Tips Menghindari Masalah Dengan SiCepat


Tidak mau bermasalah dengan kiriman Anda? Hindari dengan tips berikut:
  • Packing barang jangan terlalu kecil. Ini untuk menghindari kehilangan keselap-selip ketumpuk dsb. Karena paket di gudang Ekspedisi numpuk ribuan.
  • Alamat super lengkap. RT/RW no rumah kelurahan, kecamatan jangan sampai tertinggal. Dianjurakan juga pake keterangan patokan.
  • Jike menggunakan alamat kantor, perhatikan jam buka kantor dan pastikan kantor ada satpam yang berjaga hingga malam. Karena sering terjadi juga kurir baru datang diluar jam kantor.

    Contoh penggunaan alamat lengkap:
    Jl. Jambu gg Ranting 2 no 202 RT. 5/3 kel. ... kec. ... (blk Hotel ..., samping masjid..., rumah cat jingga. Klo tidak ada orang titip ke satpam)

    Hal ini untuk memudahkan kurir menemukan alamat, karena kurir kirim puluhan paket dan dikejar target, jangan anggap sepele, kurir kadang skip jika alamat tidak ditemukan dan memberikan alasan yang gak jelas. Tapi kurir SiCepat biasanya cukup baik, masih suka SMS atau telpon jika ada masalah pengiriman gak seperti JNE.

    Berikut contoh kasus alamat tidak lengkap (Ekspedisi JNE):


Baca Juga: JNE vs J&T vs SiCepat, mana yang paling cepat sampai tujuan?

Kesimpulan


  • Pembeli/Calon Penerima: sertakan alamat super lengkap disertai patokan untuk memudahkan kurir mengirim barang.
  • Penjual/Pengirim: Packing aman dan jangan terlalu kecil. Kirim secepatnya ke pihak ekspedisi (SiCepat)
  • Jika ada masalah pengiriman pembeli track dulu no resi di situs jne, cek barang sudah sampai mana. Jika sudah di kota pembeli silahkan langsung berhubungan dengan SiCepat via email/line/telp/datang ke SiCepat cabang di kota tsb., sedangkan jika terkendala di kota asal baru deh minta bantuan penjual/pengirim. Itu lebih efisien dan bijak.
  • Perlu diperhatika juga pengiriman terlambat biasa terjadi ketika overload terutama pada waktu libur lebaran, natal dan tahun baru.
  • Be smart!

Demikian kira-kira cara complain ke SiCepat jika barang belum sampai atau terlambat. Tetap tenang dan jalankan prosedurnya. Kegagalan pengiriman banyak faktor yang menyebabkannya, pasti saja ada satu dua masalah dari ratusan atau ribuan paket yang diproses. Yang penting lakukan kerja sama yang baik dengan pihak ekspedisi dan pihak pengirim.

5 Responses to "Cara Komplain ke SICEPAT Jika Barang Belum Sampai Terlalu Lama"

  1. Ini barangku aq cek resinya udah diterima tapi aq sama sekali tidak menerima barang ini gimana ya...padahal alamatnya udah jelas..tapi di resi yang nerima atas nama rina dan aq tidak kenal sama sekali yang namanya rina..cek nomer resi saya 000112488242

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya dititipkan, coba tanya ke tetangga, keterangannya sih Penjaga Kost, coba tanya klo Anda nge kost. Atau bisa komplain ke seicepat seperti yang sudah saya jelaskan di artikel.

      Hapus
  2. Paket saya belum di kirim ya? Tapi kenapa status resi sudah di terima sama orang rumah padahal gk ada yg terima sama sekali. No resi 000107525913

    BalasHapus
  3. Hallo si cepat
    Mohon cek resi 000201187727
    Barang yg di kirim untuk saya udah satu minggu lebih gak sampai2..si penjual udah ngirim brg tgl 2 feb,sudah tgl 9 belum juga sampai..

    Penerima
    Nama. :INTAN SARI
    alamat. :jln.bnda aceh-medan,luengputu,
    Kode pos:24184,Nanggroe aceh
    darussalam(NAD),KAB.pidie jaya
    Kec.bandar baru
    No hp. :089617728711

    Pengirim
    Nama. :ELLY COLECTION'S BATAM

    makasih
    (intan sari)

    BalasHapus
  4. Knapa sampai sekarang gak ad tanggapan ya..gak diproses barang saya..udah kurir ngasih salah orang.. Harusny di tlp dulu lah..punya hp gak digunain..buat apa nyantumin hp tp gak ditlp..saya kecewa berat..akan saya perpanjang bila gak ad tanggapan...

    BalasHapus