Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bongkar Laptop Lenovo YOGA Slim 7i PRO (Intel Core i7 Gen 11) MX450, Bisa Upgrade RAM/SSD?

Lenovo YOGA Slim 7i Pro, salah satu laptop atau notebook dengan desain simple, ramping, elegan, dan pastinya bisa dilipat 180 derajat.

Huruf "i" dibelakang angka 7 tersebut menandakan bahwa laptop ini menggunakan processor Intel Core.

 


Berikut spesifikasi Lenovo YOGA Slim 7i Pro 14ITL5.

Spesifikasi:

  • Processor : Intel® Core™ i7-1165G7 Processor
  • Graphics : Integrated Intel®graphics + NVIDIA®GeForce®MX450: 25W
  • Memory : 16GB Soldered LPDDR4x-4266
  • Storage: 1TB SSD M.2 2280 PCIe 3.0x4 NVMe
  • Display : 14" (16:10) 2,2K (2240x1400), 100%sRGB, 300 nits, Dolby Vision (TBD), akurasi warna Delta E<2, 189ppi, hanya kaca, 91% AAR
  • Keyboard: Backlight, English 
  • Baterai: 3950mAh/61Wh
  • Audio: Speaker 2 x 2W Harman Kardon®dengan Dolby Atmos® + Office Home & Student 2019
  • Sistem Operasi: Windows 10 Home


Harga kisaran: 19.249.000 (Januari 2021).

Spek seperti itu sudah kencang buat pekerjaan sehari-hari seperti aplikasi office, browsing, bahkan untuk perkerjaan content creator (photo/video editing). Dan walaupun ultrabook biasanya bukan untuk gaming, tapi dengan spesifikasi itu sudah cukup diandalkan untuk gaming menengah dan ringan. 

Sedangkan untuk foto/video editing performa laptop ini sudah kencang, ditambah akurasi warnanya yang sudah sempurna dengan 100% sRGB.

Yang review laptop ini mungkin sudah banyak di Youtube, silahkan cari untuk lebih detailnya. Disini Elppas mau membahas dari sisi lain, yaitu tentang jeroan laptop ini dan pilihan upgrade apa saja yang tersedia.

Pilihan Upgrade Lenovo YOGA Slim 7i, Bisa Upgrade RAM dan SSD?


Laptop tipis seperti ini biasanya tidak banyak yang bisa diupgrade, apalagi dari spesifikasi kita bisa tahu bahwa RAM bawaan sudah disolder ke motherboard.

Untuk mengetahui apa saja yang bisa di-upgrade, tentu kita harus bongkar dulu casing belakang atau backcover laptop ini. Untuk membongkarnya cukup persiapkan alat-alat berikut ini:

Kalau butuh tool kit dan obeng bisa cek toko online Elppastore di Tokopedia atau Bukalapak.

Sebelum bongkar, pastikan laptop dalam keadaan mati (shut down) bukan sleep atau hybernate. 

Lepaskan beberapa buah sekrup/baut di bagian bawah laptop dengan menggunakan obeng plus..

Setelah semua skrup dilepaskan, contgkel casing belakang dengan menggunakan opening pick atau pick gitar, dan geser ke seluruh sudut untuk melepaskan pengait-pengait casing.

Setelah semua pengait casing terlepas, maka casing belakang akan bisa dibuka, dan inilah jeroan Lenovo YOGA Slim 7i Pro..
 

Bisa dilihat disana mulai bagian atas dipenuhi dengan cooling system yang terdiri dari 2 buah heatpipe dengan ujung masing masing yang terhubung ke cooling fan, untuk mendinginkan processor dan GPU tentunya.

TIDAK ADA slot RAM pada laptop ini jadi udah gak bisa di upgrade lagi karena memori bawaannya sudah di-solder ke motherboard. Namun tidak perlu khawatir karena 16GB sudah cukup lega, juga kencang dengan dual channel pada kecepatan 4266MHz.

Lalu dibawah cooling system bagian kiri ada slot M.2 yang sudah terisi SSD NVMe sebesar 1TB. Jadi kalau mau upgrade ya mungkin cuma ini satu-satunya komponen yang bisa di upgrade, dengan SSD yang lebih kencang lagi dan kapasitas lebih besar.
 

SSD bawaan dari laptop Lenovo YOGA Slim 7i Pro ini memiliki kecepatan baca hingga 3300an MB/s, jadi kalau mau upgrade pastikan SSD yang memiliki kecepatan diatas 4000 MB/s.

Demikian sekilas tentang jeroan ultrabook Lenovo YOGA Slim 7i Pro. Tidak banyak pilihan upgrade di laptop ini. RAM sudah disolder tidak bisa tambah kapasitas lagi dan SSD pun hanya ada satu slot, tidak bisa tambah hanya bisa ganti yang sudah ada. Jadi pastikan sebelum spesifikasinya sudah sesuai kebutuhan sebelum beli laptop ini.

Baca Juga: Bongkar Laptop Lenovo IdeaPad Slim 5i (Intel Core i5/i7 Gen 10) MX330/MX350, Bisa Upgrade RAM/SSD? Dan Ganti Baterai

Pic source: DK ID. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Bongkar Laptop Lenovo YOGA Slim 7i PRO (Intel Core i7 Gen 11) MX450, Bisa Upgrade RAM/SSD?"