Iklan Header

Bongkar Laptop Lenovo IdeaPad Slim 5i (Intel Core i5/i7 Gen 10) MX330/MX350, Bisa Upgrade RAM/SSD? Dan Ganti Baterai

Lenovo IdeaPad Slim 5i, salah satu laptop atau notebook dengan desain simple, ramping dan elegan. Dengan desain yang baik laptop ini mendapatkan award Reddot design 2020.

Huruf "i" dibelakang angka 5 tersebut menandakan bahwa laptop ini menggunakan processor Intel (Core i5 atau i7).


Berikut spesifikasi Lenovo Ideapad Slim 5i.

Spesifikasi:

  • Processor : Intel® Core™ i5-1035G1 Processor | Intel® Core™ i7-1065G7 Processor
  • Graphics : Integrated Intel®graphics + MX330 2GB | MX350 2GB
  • Memory : 8GB Soldered DDR4-3200 (dual-channel) | 16GB Soldered DDR4-3200 (dual-channel)
  • Storage: 512GB SSD M.2 2242 PCIe NVMe 3.0x2
  • Display : 14" FHD (1920 x 1080) IPS, 300 nits, 45% NTSC
  • Keyboard: Backlight, English
  • Sistem Operasi: Windows 10 Home

Harga kisaran: 11.199.000 | 12.799.000 (Desember 2020).

Spek seperti itu sudah cukup kencang buat pekerjaan sehari-hari seperti aplikasi office, browsing, ataupun sekedar nonton video. Dan walaupun ultrabook biasanya bukan untuk gaming, tapi dengan spesifikasi itu sudah cukup diandalkan untuk gaming menengah dan ringan. Sedangkan untuk foto/video editing performa laptop ini sudah kencang, hanya saja mungkin akurasi warnanya yang cuma 45% NTSC belum sempurna.

Yang review laptop ini mungkin sudah banyak di Youtube, silahkan cari untuk lebih detailnya. Disini Elppas mau membahas dari sisi lain, yaitu tentang jeroan laptop ini dan pilihan upgrade apa saja yang tersedia.

Pilihan Upgrade Lenovo IdeaPad Slim 3, Bisa Upgrade RAM dan SSD?


Laptop tipis seperti ini biasanya tidak banyak yang bisa diupgrade, apalagi dari spesifikasi kita bisa tahu bahwa RAM bawaan sudah disolder ke motherboard.

Untuk mengetahui apa saja yang bisa di-upgrade, tentu kita harus bongkar dulu casing belakang atau backcover laptop ini. Untuk membongkarnya cukup persiapkan alat-alat berikut ini:
Kalau butuh tool kit dan obeng bisa cek toko online Elppastore di Tokopedia atau Bukalapak.

Sebelum bongkar, pastikan laptop dalam keadaan mati (shut down) bukan sleep atau hybernate. 

Lepaskan beberapa buah sekrup/baut di bagian bawah laptop dengan menggunakan obeng plus.. Perhatian! Pada salah satu lubang skrup atau di bagian dalam pada komponen tertentu biasanya ada sticker label garansi Lenovo.

Setelah semua skrup dilepaskan, contgkel casing belakang dengan menggunakan opening pick atau pick gitar, dan geser ke seluruh sudut untuk melepaskan pengait-pengait casing.

Setelah semua pengait casing terlepas, maka casing belakang akan bisa dibuka, dan inilah jeroan Lenovo IdeaPad Slim 5i..


Bisa dilihat disana mulai sebelah kiri atas ada sebuah cooling fan berwarna hitam yang terhubung dengan heatpipe untuk mendinginkan processor di bagian kanan nya dan diantaranya ada chip Nvidia Geforce MX330 yang juga terhubung ke heatpipe.

TIDAK ADA slot RAM pada laptop ini jadi udah gak bisa di upgrade lagi.

Lalu dibawahnya processor agak ke kanan sedikit ada slot M.2 yang sudah terisi SSD NVMe sebesar 512GB. Jadi kalau mau upgrade ya mungkin cuma ini satu-satunya komponen yang bisa di upgrade, dengan SSD yang lebih kencang lagi dan kapasitas lebih besar.
 

SSD bawaan dari laptop Lenovo Ideapad Slim 5i ini memiliki kecepatan baca hingga 2200an MB/s, jadi kalau mau upgrade pastikan SSD yang memiliki kecepatan diatas 3000 MB/s seperti SSD NVMe Samsung Evo 970 series.
 

Membuka Baterai Lenovo IdeaPad SLim 5i Jika Ingin Diganti


Lepaskan konektor baterai dengan menggunakan pinset atau spudger dengan ujung runcing serta dengan jari tangan..


Jika konektor baterai sudah dilepas, maka arus listrik akan terputus dan Anda akan lebih aman bongkar pasang komponen lainnya.

Jika ingin membuka baterai dan mengganti dengan yang baru, mungkin karena sudah drop, boros, cepat habis atau kembung. Silahkan lepaskan beberapa buah skrup yang menahan baterai..

Spesifikasi baterai Lenovo Ideapad SLim 5i:
  • Model: L19M3PF4
  • Kapasitas: 4955MAh/56.5Wh (typ), 4840mAh/55Wh (Rated)
  • Rating: 11.52V
  • Jenis baterai: Li-Ion battery

Demikian cara melepaskan konektor baterai dan cara membuka baterai jika ingin diganti pada Lenovo IdeaPad Slim 5i.

Demikian sekilas tentang jeroan ultrabook Lenovo Ideapad Slim 5i. Tidak banyak pilihan upgrade di laptop ini. RAM sudah disolder tidak bisa tambah kapasitas lagi dan SSD pun hanya ada satu slot, tidak bisa tambah hanya bisa ganti yang sudah ada. Jadi pastikan sebelum spesifikasinya sudah sesuai kebutuhan sebelum beli laptop ini.

Baca Juga: Bongkar Laptop Bisnis MSI Modern 14 Intel i5/i7 Gen 10 MX330, Upgrade SSD M.2, RAM, dan Ganti Baterai

Pic source: DK ID. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Bongkar Laptop Lenovo IdeaPad Slim 5i (Intel Core i5/i7 Gen 10) MX330/MX350, Bisa Upgrade RAM/SSD? Dan Ganti Baterai"