Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Jeroan Laptop Acer Swift 3X (Intel Core i5/i7 Gen 11 + Iris Xe Max), Upgrade SSD M.2, RAM? dan Ganti Baterai

Acer Swift 3X katanya sih bakal menjadi laptop terbaru di akhir tahun 2020 yang menggunakan processor Intel Cori i3/i5/i7 terbaru generasi 11 yang disertai dengan GPU Iris Xe Max.

Swift 3X ini sepertinya laptop yang cocok untuk pembuat konten amatir (youtuber), pelajar yang membutuhkan pengeditan foto dan video, atau profesional dengan pekerjaan media. 


Untuk gaming? Ok juga mungkin ya untuk game-game yang tidak terlalu berat. Dengan kombinasi Core i5/i7 ditambah GPU iRIS Xe Max yang katanya setara GTX 1050 harusnya sih masih bisa untuk gaming ringan. Tapi perlu diperhatikan juga suhunya karena ini hanya menggunakan sitem pendingin single fan.

Untuk spesifikasi Acer Swift 3X diperkirakan ada dua SKU yang bakal hadir ke Indonesia pada Desember 2020 mendatang:

  1. Intel Core i5 1135G7 + iRIS Xe Max Graphics 4GB + 8GB RAM (dual channel) + 512 GB SSD + Windows 10 Home. Harga kisaran Rp. 13.499.000
  2. Intel Core i7 1165G7 + iRIS Xe Max Graphics 4GB + 16GB RAM (dual channel) + 1 TB SSD + Windows 10 Home. Harga kisaran Rp. 17.999.000


Untuk spesifikasi jelasnya mungkin nanti saja kita tunggu.

Sekarang, seperti biasa Elppas akan membongkar dan melihat jeroan dari laptop ini, apakah bisa di upgrade, dan apa saja yang bisa diupgrade.

Acer Swift 3X ini bisa dibongkar mulai dari bagian casing belakang, seperti biasa tinggal buka beberapa buah sekrup, setelah itu congkel sisi-sisi casing menggunakan opening pick, dan inilah jeroannya..

Bisa dilihat pada foto.. 

RAM ada dibagian atas yang ternyata sudah disolder sehingga kita tidak bisa upgrade ke kapasitas lebih tinggi lagi. Jadi pastikan sebelum beli, kapasitas RAM sudah sesuai dengan kebutuhan Anda. 8GB untuk varian Core i5 dan 16GB untuk varian Core i7.

Untungnya sih RAM tidak akan terpotong karena ada GPU diskrit iRIS Xe Max yang sudah memiliki VRAM tersendiri.

Lalu di bagian bawah ada baterai dengan kapasitas yang cukup besar, yaitu 58.75Wh.

Disarankan untuk mencabut konektor baterai (yang diberi petunjuk panah merah) sebelum upgrade atau bongkar pasang komponen agar lebih aman.

Dan jika suatu saat baterai sudah drop, kembung, boros, dan masalah baterai lainnya. Anda bisa menggantinya dengan cara melepas konektor dan melepaskan beberapa buah baut yang menahan baterai.

Terakhir, di sebelah baterai ada dua buah slot SSD M.2 yang sudah mendukung PCI/NVMe dan SATA.

Untuk info lebih lanjut mengenai perbedaan SATA III dan NVMe, silahkan baca artikel Penjelasan dan Perbandingan SATA 3 vs M.2 vs NVMe

Slot (1) tentu sudah terisi dengan SSD bawaan, jadi kalau mau upgrade, tinggal diisi saja slot (2) nya.

Ok, mungkin itu saja pembahasan kita kali ini. Jadi pada laptop Acer Swift 3X ini hanya SSD M.2 saja yang bisa diupgrade, sedangkan untuk RAM tidak bisa tambah kapasitas lagi karena menggunakan sistem solder buka slot SoDIMM.

Untuk detail bongkar-bongkar bisa lihat juga cara bongkar Acer Swift 3 karena bagian dalamnya masih mirip-mirip hanya beda di slot SSD M.2 saja yang sekarang sudah ada dua.

Sumber foto: NerdReview ID.

Posting Komentar untuk "Jeroan Laptop Acer Swift 3X (Intel Core i5/i7 Gen 11 + Iris Xe Max), Upgrade SSD M.2, RAM? dan Ganti Baterai"