Penjelasan dan Perbandingan SATA 3 vs M.2 vs NVMe

Kami menjelaskan perbedaan dan menjelaskan mana yang untuk Anda. Ada berbagai istilah berbeda untuk solid state drive hari ini, tiga yang paling populer adalah SATA 3, M.2, dan NVMe.

Jika Anda baru-baru ini membeli SSD, kemungkinan Anda telah menemukan persyaratan ini, tetapi Anda mungkin tidak sepenuhnya memahami perbedaan teknis.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan perbedaannya, menjelaskan mana yang lebih baik / lebih buruk, dan memberikan detail tentang cara kerja teknologi untuk setiap jenis SSD.

Evolusi Solid State Drive



Pertama, mari kita bicara tentang asal solid state drive, dan mengapa itu menjadi item perangkat keras yang begitu populer untuk pembuat PC dan produsen laptop dalam beberapa tahun terakhir.

Drive penyimpanan khas yang digunakan pada laptop dan PC dikenal sebagai hard drive tradisional. Jenis drive ini memiliki bagian yang bergerak. Hard drive berfungsi serupa dengan pemutar rekaman lama.

Ada disk yang bergerak (piring) dan header besar yang dapat membaca data dan menghapusnya ketika disk berputar.


Biasanya, semakin cepat hard drive berputar (7200 RPM, 10.000 RPM, dll.), Semakin cepat drive penyimpanan dapat dibaca. Sayangnya, ada batasan seberapa cepat hard drive dapat membaca data. Ada juga latensi yang datang dengan menunggu kepala bergerak secara fisik. Di sinilah SSD masuk.

SSD adalah singkatan dari solid state drive dan ini adalah jenis penyimpanan yang tidak memiliki bagian yang bergerak. SSD sebagai gantinya menggunakan chip semikonduktor untuk menyimpan dan mengakses memori.

SSD, khususnya, memiliki beragam semikonduktor yang dapat diisi atau tidak diisi, yang mana komputer akan membaca sebagai biner '1' atau '0' dan mengonversinya menjadi file atau data aktual yang dapat dilihat di mesin Anda.

Yang menarik tentang jenis memori yang digunakan dalam SSD adalah sel-sel mempertahankan keadaan terisi atau tidak terisi bahkan setelah dimatikan dan ini adalah bagaimana memori disimpan dan tidak hilang.

PC atau laptop dapat membaca data berkali-kali lebih cepat di SSD karena teknologi flash hanya bekerja jauh lebih cepat daripada hard drive mekanis lama dengan komponen yang bergerak.

Baru-baru ini, kami memiliki berbagai jenis solid state drive, yaitu SATA 3 dan NVMe. Drive ini menggunakan array semikonduktor yang sama seperti dijelaskan di atas, tetapi mereka memiliki potensi yang berbeda karena alasan yang berbeda.

Mari kita lihat bagaimana setiap jenis penyimpanan solid state berbeda di bawah ini.

SATA 3 vs M.2 vs NVMe - Apa Perbedaannya?



Ternyata, teknologi yang digunakan untuk membaca dan menulis data dari SSD begitu cepat sehingga faktor pembatas menjadi dipengaruhi oleh metode drive membagikan data ke PC.

Ada dua metode berbeda yang digunakan PC untuk membaca SSD:
  1. SATA 3. Koneksi SATA 3 dibuat dengan menghubungkan kabel data dan kabel daya langsung ke motherboard dan solid state drive itu sendiri.
  2. NVMe. Koneksi NVMe, di sisi lain, memungkinkan solid state drive agar data dibaca langsung dari slot PCI-E pada motherboard. Drive menarik daya langsung melalui motherboard. Lebih penting lagi, drive NVMe juga akan mengambil data melalui motherboard dengan kecepatan yang lebih cepat daripada SATA 3.


Kenapa? Sederhananya, NVMe dapat mengantre lebih banyak data sekaligus karena memiliki akses ke lebih banyak jalur PCI-E.

Jalur PCI-E pada dasarnya adalah jalur data pada motherboard. Ada jumlah terbatas, dan berbagai port dan slot pada motherboard diberikan jalur tertentu. Pada motherboard yang lebih baru, Anda akan melihat slot dengan berbagai ukuran sesuai dengan jumlah jalur PCI-E yang tersedia (x1, x2, x4, x16, dll).


Hasil akhirnya adalah bahwa dengan lebih banyak jalur PCI-E, dan potensi baca / tulis PCI-E langsung, drive NVMe biasanya jauh lebih cepat daripada SSD SATA.

Namun, peningkatan kinerja hanya benar-benar terlihat untuk kecepatan baca / tulis berurutan. Atau, secara sederhana, untuk memindahkan file besar.

Dengan potensi kecepatan baca / tulis NVMe yang sebenarnya hanya dapat dicapai dengan file yang lebih besar, perbedaan mungkin tidak begitu terlihat untuk games dan tugas sehari-hari.

Jadi, untuk waktu booting dan bermain game, NVMe tidak akan menawarkan banyak perbedaan. Untuk mengedit video dan mengedit foto, drive NVMe dapat menawarkan hasil yang jauh lebih baik.

Berikut ini adalah kecepatan baca / tulis khas hard drive, SATA 3 SSD dan NVMe SSD untuk file besar.
  • Hard Drive 7200 RPM - kecepatan baca / tulis rata-rata 80-160MB / detik
  • SATA 3 SSD - kecepatan baca / tulis hingga 550MB / detik
  • SSD NVME - kecepatan baca / tulis hingga 3500MB / detik

Bagaimana dengan M.2? Dari mana asalnya?



Sejauh ini, kami sudah menjelaskan SATA dan NVMe. Ini adalah dua metode, atau protokol, yang digunakan untuk membaca dan menulis data. Satu menggunakan PCI-E (NVMe) sedangkan yang satu lagi tidak (SATA).

Drive M.2 hanyalah istilah untuk menggambarkan faktor bentuk fisik drive. Drive M.2 adalah yang ramping yang ditunjukkan di bawah ini. Drive M.2 bukan protokol lain seperti NVMe dan SATA. Bahkan, Anda bisa mendapatkan drive M.2 yang support menggunakan SATA atau NVMe.

Ini adalah drive M.2 dengan koneksi SATA:

Dan ini adalah drive M.2 dengan koneksi NVMe:


Drive M.2 tidak lebih cepat hanya karena faktor bentuknya. Biasanya, drive M.2 menggunakan protokol NVMe karena mereka sudah terhubung melalui PCI-E.

Jika Anda sedang mencari/mau membeli drive NVMe, pastikan saja bahwa drive M.2 yang Anda lihat jelas memiliki NVMe dalam deskripsi atau judulnya dan bukan SATA.

Ringkasan - Pilih SATA 3 atau NVMe?


Jika Anda melakukan upgrade dari hard drive tradisional, baik SATA 3 dan NVMe akan menawarkan Anda peningkatan spektakuler. NVMe biasanya lebih mahal daripada SATA 3, yang merupakan masalah mengingat standar SATA 3 SSD sudah cukup mahal.

NVM benar-benar hanya berguna untuk transfer file yang lebih besar, jadi ini cocok untuk Anda yang secara teratur memindahkan file besar untuk mengedit foto dan video. Namun jika Anda pengguna biasa maka dapat tetap menggunakan SSD SATA 3 standar karena Anda bisa mendapatkan ukuran yang jauh lebih besar dengan harga yang sama.

Juga, untuk bermain game, baik NVMe dan SATA 3 akan menawarkan kecepatan boot yang sangat mirip. Keduanya sangat cepat sehingga perangkat keras lain, seperti RAM dan kinerja CPU, akhirnya menjadi hambatan.

Mudah-mudahan, ini dapat menjelaskan perbedaan antara SATA 3 dan NVMe dan M.2.

Di bawah ini adalah ringkasan singkat dari semua yang kami bahas sejauh ini.
  • M.2 - Faktor bentuk yang lebih ramping untuk drive penyimpanan
  • NVMe - Protokol yang memungkinkan data dibaca dan ditulis melalui PCI-E
  • SATA 3 - Protokol lama yang biasanya tidak secepat NVMe

Bagaimana menurut Anda?

0 Response to "Penjelasan dan Perbandingan SATA 3 vs M.2 vs NVMe"

Posting Komentar